x

Komunitas Parkour Jakarta, Kumpulan Pencinta Olahraga Ekstrem yang Andalkan Kekuatan Kaki

Senin, 6 Februari 2023 17:52 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Komunitas Parkour Jakarta merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem yang mengandalkan keseimbangan dan kekuatan kaki. (Foto: Komunitas Parkour Jakarta)

INDOSPORT.COM – Komunitas Parkour Jakarta merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem yang mengandalkan keseimbangan dan kekuatan kaki.

Olahraga asal Prancis ini rupanya cukup banyak diminati di Indonesia, terutama di wilayah ibu kota Jakarta.

Baca Juga

Hal tersebut salah satunya terbukti dari hadirnya Komunitas Parkour Jakarta yang menjadi wadah para La traceur (sebutan untuk atlet parkour).

Komunitas ini sejatinya merupakan bagian dari Parkour Indonesia yang di mana terdiri dari beberapa regional lainnya seperti Malang dan Jogja.

Baca Juga

“Jadi komunitas Parkour Indonesia ini kan terbentuknya sekitar tahun 2007, di mana waktu itu beberapa orang tergabung dalam forum international,” jelas Ramdani, Ketua Komunitas Parkour Jakarta saat dihubungi awak INDOSPORT, Minggu (05/02/23).

“Kemudian salah satunya menanyakan, apakah ada yang berasal dari Indonesia, terus ternyata ada, yaudah akhirnya mereka bertemu lalu terbentuklah Parkour Indonesia sebagai wadahlah ya,” katanya.

Baca Juga

Komunitas Parkour Jakarta memiliki jadwal latihan rutin setiap hari Minggu pukul 08:00 WIB pagi di bilangan Taman Puring, Jakarta Selatan.

Kemudian, dikatakan Ramdani bahwa komunitas Parkour Jakarta juga memiliki sesi latihan tambahan yaitu setiap hari Jumat malam di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan.


1. Ingin Olahraga Parkour Lebih Dikenal Masyarakat

Komunitas Parkour Jakarta, Sekumpulan Pecinta Olahraga Ekstream yang Andalkan Kekuatan Kaki. (Foto: Komunitas Parkour Jakarta)

Tak hanya sekedar menjadi wadah semata, komunitas Parkour Jakarta juga bertekad ingin semakin memperkenalkan olahraga parkour secara lebih luas ke masyarakat Indonesia.

“Untuk visinya kita ingin memparkour-kan masyarakat, agar parkour bisa lebih dikenal di masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jakarta,” tegas Ramdani.

Baca Juga

Lebih lanjut, Ramdani juga menerangkan bahwa komunitas Parkour Jakarta sangat terbuka untuk siapa saja yang ingin menggeluti olahraga yang memacu adrenalin ini.

“Biasanya kalo yang datang di setiap jadwal latihan ada sekitar 30-50 orang. Lalu untuk peserta nya sendiri semua kalangan ada di sini, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai lansia pun ada,” pungkas Ramdani.

Baca Juga

Selain rutin berlatih, komunitas Parkour Indonesia juga memiliki program khusus yang dinamai Parkday Special.

Dijelaskan Ramdani, program tersebut biasanya dijalankan setiap memperingati hari-hari besar, seperti perayaan hari raya Imlek yang baru saja mereka langsungkan.

Baca Juga

“Iya kayak kemarin sewaktu Imlek, kita latihannya bernuansa Imlek dengan memakai atribut segala macam, lalu juga ada kegiatan pergi ke komunitas lain untuk mencoba ataupun soft training,” kata Ramdani.

“Terus kemudian yang lainnya ada event tahunan juga, lebih ke anniversary gitu sih,” tutup pentolan Komunitas Parkour Jakarta itu.

Bagi sobat INDOSPORT yang ingin join dengan komunitas ini, bisa segera meluncur ke laman Instagram resmi mereka di @parkourjkt.

Komunitas SehatParkour

Berita Terkini