x

Usai Asia Rugby Sevens Trophy 2019, Indonesia Bidik Perunggu di SEA Games

Senin, 12 Agustus 2019 01:55 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Timnas putri rugby Indonesia saat berlaga di Asia Rugby Sevens Trophy 2019.

INDOSPORT.COM - Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia, menggelar turnamen bertajuk, Asia Rugby Sevens Trophy, 10-11 Agustus 2019, di Rugby Field, kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Event ini berlangsung meriah, ditandai dengan hadirnya 35 tim nasional rugby dari penjuru Asia, baik putra maupun putri. Total, 700 atlet berpartisipasi di ajang seven rugby ini.

Sebuah kebanggaan Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah oleh Asia Rugby, melaksanakan hajat untuk nomor putra dan putri.

Pada gelaran ini, PB PRUI berupaya hadirkan kompetisi yang berkesan, dan memberikan jam terbang kepada para atlet. Sekaligus berupaya memopulerkan olahraga rugby di tanah air.

"Ini merupakan penghargaan bagi negara dipilih sebagai penyelenggara, selain penilaian prestasi, kerja keras pengurus rugby Indonesia dianggap sukses menggelar berbagai event rugbi, khususnya Asian Games beberapa waktu lalu,” ujar Ketua Umum PB Persatuan Rugby Union Indonesia, Didik Mukrianto.

Baca Juga

Membahas raihan prestasi, Timnas rugby putra Indonesia hanya menempati posisi keenam setelah dalam babak penentuan peringkat lima dan enam, kalah dari India dengan skor 24-14.

"Tentu menjadi evelausi (di Timnas putra) kami mendalam dan ke depan dalam uji pertandingan berikutnya termasuk SEA Games, kami menargetkan tiga besar ada di putra-putri," ujar didik.

Timnas putri rugby Indonesia saat berlaga di Asia Rugby Sevens Trophy 2019.

Sementara Malaysia keluar sebagai juara setelah dalam partai puncak mengalahkan Singapura dengan skor 17-14. Adapun peringkat ke tiga dihuni Thailand.

Di kategori putri, Filipina memantapkan diri bertengger di posisi pertama, tangga ke dua ditempati India, dan Indonesia menghuni podium ke tiga.

Baca Juga

Untuk Timnas Indonesia sendiri, kejuaraan ini dijadikan pemanasan jelang SEA Games 2019 mendatang di Filipina. Meski kenyataannya, kepastian keberangkatan tim rugbi ke ajang multievent itu, belum mendapat restu dari KOI.

"KOI juga menjadi bagian yang menentukan keberangkatan kami. Kalau Menpora saat ini sudah memberikan lampu hijau, tentu kami juga berharap KOI (menyetujui). Keikutsertaan kami di ajang internasional yang berbasis multievent seperti SEA Games, ASEAN Games, dan Olimpiade, harus ada endorsement dari KOI,” lanjutnya.

“Kami berharap bahwa melihat kerja keras segenap kawan-kawan PB PRUI dan Timnas, mudah-mudahan KOI juga membuka hatinya untuk mempermudah keberangkatan kami ke SEA Games," tambahnya.

SEA GamesRugbySEA Games 2019

Berita Terkini