Liga Indonesia

Marc Klok Akui Pernah 'Dikucilkan' di Awal Karier

Rabu, 22 April 2020 17:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Perkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Perkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok pernah mengalami masa-masa sulit di awal kariernya. Ia bahkan tidak banyak memiliki teman dan hal itu berpengaruh pada penampilannya.

Sebelum bermain di Indonesia untuk PSM Makassar dan Persija Jakarta, Marc Klok membela Dundee, Cherno More, Ross County, Oldham Athletic, serta FC Ultrech.

Di beberapa klub selain di Tanah Air, pemain 27 tahun itu jarang mendapatkan menit bermain, bahkan merasa dikucilkan atau diacuhkan. Hal itu sempat membuat Klok kehilangan motivasi.

"Terkadang sulit untuk tetap termotivasi. Beberapa tahun yang lalu saya harus berurusan dengan beberapa hal yang membuatnya sulit untuk menjaga motivasi yang sama. Selama waktu itu saya tidak banyak bermain, di samping itu, saya merasa bahwa tidak ada seorang pun di klub tempat saya bermain yang peduli pada saya," katanya.

"Tetapi saat ini, perasaan ini benar-benar hilang dan saya bekerja keras untuk mencapai lebih dan lebih lagi. Salah satu alasan di balik ini adalah kenyataan bahwa saya diberkati memiliki karier ini dan saya ingin melihatnya kembali tanpa penyesalan."

"Saya ingin memastikan bahwa saya telah melakukan segala upaya untuk mendapatkan yang terbaik di karier saya," imbuh Klok.

Klok pernah bermain di Liga Bulgaria, Skotlandia bahkan Inggris. Semua disebutnya tidak mudah karena perbedaan pendekatan dan gaya bermain membuatnya harus beradaptasi dan belajar banyak.

Akan tetapi, Klok tidak menyerah begitu saja, sampai akhirnya menemukan kenyamanan di Indonesia. Kini pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi itu telah empat musim beraksi di Liga 1.