x

UEFA Resmi Rilis Turnamen Nations League

Jumat, 5 Desember 2014 03:26 WIB
Editor: Brian Yosef

Turnamen Nations League akan menggantikan sejumlah laga uji coba antar tim Eropa, dan bisa disebut sebagai babak kualifkasi Euro model baru.

Sebanyak 54 negara peserta akan terbagi ke dalam 4 divisi, A, B, C, D. Setiap divisi diisi oleh 4 grup. Masing-masing grup berisi 3 sampai 4 tim.

Setiap negara peserta akan bertanding sebanyak 6 kali karena adanya aturan home away. 

Divisi A merupakan liga unggulan karena diisi oleh tim-tim papan atas Eropa, yang telah diseleksi berdasarkan peringkat koefisien UEFA per 15 November 2017. Sedangkan divisi D akan dihuni oleh tim-tim semenjana. Sama seperti format liga pada umumnya, Nations League juga memberlakukan sistem promosi dan degradasi.

Pemenang dari masing-masing grup di divisi A, akan melaju ke babak semifinal pada Juni 2019. Kemudian semua semifinalis tersebut berhak untuk mendapatkan tiket otomatis ke ajang Euro 2020.

Sedangkan sisanya harus menjalani babak play off sesuai format Nations League agar bisa berkompetisi pada ajang Euro 2020.

Tidak seperti sebelumnya, ajang Euro 2020 akan tersebar di 13 negara Eropa, dengan laga final bertempat di Wembley Stadium, London.

UEFAEuro 2020

Berita Terkini