x

10 Pemain Top yang Belum Pernah Juara Liga Champions

Selasa, 17 Februari 2015 17:38 WIB
Editor: Aditiyo Wirawan

Padahal, bagi setiap pesepakbola, trofi Liga Champions memiliki arti yang sangat besar karena inilah kompetisi paling bergengsi di level antarklub.

Siapa pun yang bisa merasakan gelar di ajang ini akan mendapatkan kebanggaan yang tidak ternilai. Maklum saja, untuk meraih gelar ini tidak mudah karena harus bersaing dengan pemain-pemain terbaik lainnya.

Meski begitu, tidak semua pemain terbaik mendapatkan kesempatan mengangkat trofi ini. Banyak pesepakbola yang sukses menjadi juara di berbagai liga maupun di turnamen antarnegara, namun belum pernah merasakan gelar juara di Liga Champions.

Mau tahu siapa saja? Inilah mereka.


1. Dennis Bergkamp

Semasa aktif, pemain ini dikenal sebagai striker yang memiliki teknik dan naluri mencetak gol yang tinggi. Sepanjang karier profesional di Ajax, Inter Milan, dan Arsenal, dia telah tampil 552 kali dan mencetak 201 gol.

Beragam gelar seperti Eredivisie, Premier League, hingga Piala UEFA pernah diraihnya. Namun, di ajang Liga Champions, prestasi tertingginya hanya runner-up musim 2005-06.


2. Francesco Totti

Francesco Totti (AS Roma)

Di Italia, khususnya Kota Roma, Totti adalah pemain yang sangat dihormati. Dia telah menjadi striker papan atas di sana selama lebih dari dua dekade.

Bersama Roma, pencapaian tertinggi pemain berjuluk Er Pupone ini adalah gelar Serie-A. Sedangkan di timnas Italia, Totti pernah meraih trofi Piala Dunia 2006. Sayangnya, dia belum pernah meraih pencapaian besar di Liga Champions.


3. Michael Owen

Saat masih remaja, Owen pernah dijuluki anak ajaib. Dia mampu mencetak 18 gol dalam 36 penampilan di Premier League bersama Liverpool saat masih berusia 18 tahun. Saat tampil di Piala Dunia 1998, Owen juga mencetak 

gol indah ke gawang Argentina dengan melakukan solo run.   

Sayangnya, berbagai pencapaian tersebut tidak membuat dirinya sukses di Liga Champions. Dia selalu gagal di ajang ini walau memperkuat klub-klub besar dari mulai Liverpool, Real Madrid, hingga Manchester United.


4. Ruud van Nistelrooy

Lima gelar juara liga dari tiga kompetisi berbeda pernah dirasakan Ruud van Nistelrooy. Bersama PSV Eindhoven, dia menjuarai Eredivisie dua kali. Dia juga pernah sekali menjuarai Premier League saat memperkuat Man United, dan dua kali memenangkan La Liga bersama Real Madrid.

Sayangnya, pemain yang pernah menjadi top skorer di tiga kompetisi tersebut belum pernah tampil sebagai juara di Liga Champions.


5. Thiago Silva

Dia telah diakui sebagai salah satu defender terbaik di dunia. Sayangnya, pria yang kini berusia 30 tahun ini masih harus menunggu untuk merasakan gelar Liga Champions pertamanya.

Sejauh ini, prestasi tertinggi yang diraih Silva baru gelar Serie-A pada 2010-11 bersama AC Milan, dan Ligue 1 musim 2012-13 dan 2013-14 bersama Paris St-Germain.


6. Robin van Persie

Liga Champions pernah memberikan kegetiran bagi Van Persie. Saat tampil di final musim 2005-06 bersama Arsenal, dia harus menyerah dari Barcelona.

Hingga saat ini, Van Persie belum berhasil menuntaskan kekecewaannya itu. Namun, setidaknya kekecewaan dia sedikit terobati dengan sejumlah gelar domestik yang diraihnya seperti Premier League. 


7. Ronaldo

Prestasi Ronaldo Luis Nazario de Lima sebagai pesepakbola terbilang komplet. Sejumlah gelar domestik bergengsi mulai dari Eredivisie, Serie-A, dan La Liga pernah dirasakannya. Ronaldo juga pernah menjuarai Piala Dunia pada 1994 dan 2002 bersama timnas Brasil. 

Namun, tidak demikian dengan Liga Champions. Ajang ini seolah tidak mau mendekat kepadanya. Sejumlah upaya Ronaldo untuk menjuarai ajang ini selalu berujung dengan kegagalan.


8. Cesc Fabregas

Cesc Fabregas (Chelsea)

Prestasi Fabregas di level timnas terbilang komplet. Dia pernah merasakan gelar juara Piala Dunia pada tahun 2010, Piala Eropa (2008, 2012), hingga Piala Konfederasi (2013). Sayangnya, dia belum pernah merasakan juara di Liga Champions.

Pencapaian tertingginya hanya runner-up 2005-06 bersama Arsenal. Harapan sempat muncul ketika Fabregas hijrah ke Barcelona. Namun, itu belum juga terealisasi. Kini, Fabregas berusaha menggapainya bersama Chelsea.


9. Patrick Vieira

Karier sepakbola Vieira berhias sejumlah gelar bergengsi, mulai dari Serie-A yang diraihnya sebanyak empat kali bersama Inter Milan dan Juventus, hingga Premier League yang digapai tiga kali bersama Arsenal.

Vieira juga pernah meraih trofi Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 bersama Prancis. Tapi, dia belum pernah tampil sebagai juara Liga Champions.


10. Zlatan Ibrahimovic

Tidak ada orang yang meragukan skill pemain ini. Ibra bisa mencetak gol dengan berbagai anggota tubuhnya. Namun, itu saja tidak cukup sebagai modal untuk menjuarai Liga Champions.

Prestasi tertinggi yang diraihnya sejauh ini hanyalah gelar Eredivisie, Serie-A, La Liga, dan Ligue 1. Untungnya, Ibra dikelilingi pemain-pemain berkelas di klubnya, PSG, untuk membantu ambisInya meraih gelar Liga Champions. 

Thiago SilvaCesc FabregasRobin van PersieZlatan IbrahimovicMichael OwenRuud van NistelrooyFrancesco TottiRonaldoDennis BergkampPatrick Vieira

Berita Terkini