x

5 Fakta Unik West Ham Kontra Chelsea

Rabu, 4 Maret 2015 23:35 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Kedua tim yang akan bertanding di stadion Boleyn Ground, West Ham United dan Chelsea memiliki akar sejarah yang cukup unik. Kedua tim yang akan bertarung pada Kamis dini hari 02:45 WIB (05/03/15) ternyata sama-sama memiliki legenda hidup yang sama-sama berasal dari negara yang sama. Selain itu reputasi fans mereka pun dikenal seantero Inggris bahkan dunia. Meski ternyata ada perbedaan filosofi yang dianut kedua hooligan dari dua klub ini. 

Berikut lima fakta unik West Ham versus Chelsea: 


1. Hooligan

West Ham United dan Chelsea sama-sama memiliki kelompok Hooligan yang kental dengan tindak kekerasan. Chelsea miliki Chelsea Hadhunters sedangkan West Ham United punya Inter City Firm. 


2. Beda Filosofi Hooligan

Jika hooligan Chelsea dikenal sebagai salah satu hooligan yang rasis, hal sebaliknya justru ada pada hooligan West Ham United. Bahkan saat kasus rasial yang menimpa hooligan Chelsea beberapa saat lalu, beberapa fans West Ham membuat parodi untuk menyindir insiden tersebut. 


3. Eks West Ham dan Eks Chelsea

Joe Cole

Kedua klub sama-sama memiliki beberapan pemain yang pernah membela dua klub ini. Dari kubu West Ham ada nama Carlon Cole yang pernah bela Chelsea pada 2001 hingga 2006. Sedangkan di Chelsea beberapa eks pemain mereka pernah membela West Ham seperti Frank Lampard dan Joe Cole. 


4. Italian Player

West Ham United dan Chelsea juga memiliki legenda yang berasal dari Italia. Di West Ham ada nama Paolo Di Canio yang membela West Ham pada 1999 hingga 2003. Sementara Chelsea ada dua nama, Gianfranco Zola yang bela The Blues pada 1996 hingga 2003 dan juga nama Gianluca Vialli. Nama terakhir bahkan sempat menjadi pelatih Chelsea pada 1998 hingga 2000. 


5. Big Sam vs Spesial One

Bos West Ham Sam Allardyce acapkali beraduargumen dengan bos Chelsea, Jose Mourinho. Big Sam pernah menyebut bahwa taktik dari Mourinho di Chelsea ialah taktik usang yang pernah diterapkan tim sepakbola pada abad ke 19. Mourinho membalas dengan menyebut para pemain West Ham di bawah asuhan Big Sam sangat gemar menahan-nahan bola. 

ChelseaJose MourinhoWest Ham UnitedPaolo di CanioGianfranco ZolaSam Allardyce

Berita Terkini