x

10 Pemain yang Mencatat 500 Penampilan di Liga Inggris

Minggu, 26 April 2015 19:39 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Abinery Hamzano

Tidak dapat dipungkiri dalam beberapa tahun terakhir kompetisi Liga Primer Inggris telah memanjakan mata pencinta sepakbola dunia, tak terkecuali di tanah air, Indonesia.

Terlepas dari klub-klub liga Inggris yang telah tersingkir di kompetisi antar Eropa seperti liga Champions dan liga Europa serta para pemain timnas yang sedang mengalami penurunan peforma, dapat dikatakan mata dunia masih tertuju kepada kompetisi yang disebut-sebut sebagai liga terbaik di dunia tersebut.

Dengan memperagakan gaya bermain kick n' rush, kompetisi di liga Inggris telah memiliki warna tersendiri. Tidak heran jika banyak pemain asing dari berbagai negara dan benua yang berdatangan untuk menambah pengalaman permainan sepakbola mereka.

Baru-baru ini, kapten Liverpool, Steven Gerrard telah mengukir namanya dalam catatan sejarah di liga Inggris, dimana pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut telah bermain sebanyak 500 kali di ajang tersebut.

Namun, dalam penampilan ke-500nya tersebut cukup disayangkan menyusul hasil imbang dari tuan rumah West Bromwich Albion dengan skor 0-0.

Ternyata bukan hanya mantan kapten timnas Inggris itu saja yang telah mencatat mencatat penampilan ke-500 saat bermain di liga Inggris, bahkan lebih. Siapa sajakah kesepuluh pemain tersebut?

Berikut INDOSPORT merangkum 10 pemain yang mencatat 500 penampilan di Liga Inggris (COE):


1. Tony Adams

Tony Adams

Legenda Arsenal yang kini telah berusia 48 tahun tersebut telah mencatat 504 penampilan di liga Inggris dan mencetak 32 gol. Dirinya juga tercatat sebagai kapten terlama The Gunners semasa di Highbury, atas penampilannya tersebut dirinya masuk dalam daftar 10 pemain yang mencatat 500 penampilan di liga Inggris.


2. Phil Neville

Sempat bermain untuk klub Manchester United bersama kakaknya, Gary Neville, namun dirinya lebih dikenal saat mengabi bersama klub Everton. Ya, saat masih aktif bermain, Phil Neville yang berposisi sebagai bek sayap ini telah mencatat 505 penampilan di liga Inggris.

Dirinya pernah menangani timnas Inggris u21 dan juga sempat menjadi asisten pelatih Manchester United yang kala itu ditangani oleh David Moyes bersama legenda The Red Devils lainnya, yakni Ryan Giggs. Namun kini, pria berusia 38 tahun itu dikabarkan telah menjadi komentator sepakbola. 


3. Mark Schwarzer

Mark Schwarzer

Kiper asal Australia ini telah bermain untuk banyak klub di liga Inggris, beberapa diantaranya adalah Bradford City, Middlesbrough, Fulham, Chelsea, dan saat ini Leicester City. Meski sudah berusia 42 tahun, penampilan Schwarzer tak dapat diragukan lagi, 

Dirinya telah mencatat 508 penampilan di liga Inggris dan hingga saat ini, belum ada kabar yang menyebutkan bahwa pemain bertinggi 196cm ini akan pensiun dalam waktu dekat. 


4. Jamie Carragher

Jamie Carragher

Sama seperti Mark Schwarzer, mantan pemain yang telah menjadi legenda di Liverpool ini sukses mencatat 508 penampilan di liga Inggris. Sepanjang karirnya, pemain yang kerap dipanggil Carra itu bermain sebagai pemain bertahan dan jika ditotal dirinya telah bermain sebanyak 525 penampilan bersama The Reds.

Pria yang kini telah berusia 37 tahun ini merupakan pemain didikan asli Liverpool dan pernah menjadi kapten Liverpool saat ini, Steven Gerrard.


5. Emile Heskey

Emile Heskey pernah menjadi penyerang tertajam di liga Inggris. Pemain yang kini telah berusia 37 tahun itu telah mencatat 516 penampilan untuk klub yang berbeda-beda, yakni untuk Leicester City, Liverpool, Birmingham City, Wigan Athletics dan terakhir Bolton Wanderers. 

Dirinya juga sempat bermain di liga Australia bersama klub Newcastle Jets dan pernah memperkuat timnas Inggris dari tahun 1999 hingga tahun 2010.


6. Gary Speed

Mantan pemain Bolton Wanderers ini telah mencatat 534 penampilan di kompetisi ini. Semasa aktif bermain, dirinya telah mencatat sebagai gelandang dan mengawali karir juniornya bersama klub Leicester United. Speed pernagh melatih timnas Wales pada tahun 2011 lalu dan tidak ada yang menyangka jika dirinya dikabarkan meninggal akibat bunuh diri. 


7. Gareth Barry

Bermain bersama Everton, Gareth Barry saat ini telah menunjukkan penampilan yang luar biasa. Dirinya mencatat 554 pertandingan di liga Inggris dan catatan tersebut masih akan terus bertambah sampai dirinya menyatakan pensiun atau hengkang ke klub di luar Inggris.


8. David James

Saat dirinya masih aktif bermain di Liga Inggris, nama David James sempat terkenal menyusul penampilan impresifnya dimana posisinya sebagai penjaga gawang. James telah menyimpan 572 penampilan bersama berbagai klub, seperti Liverpool, Aston Villa, West Ham United, Manchester City, dan Portsmouth.


9. Frank Lampard

Siapa yang tidak kenal dengan gelandang berbakat asal Inggris ini? Ya, nama Frank Lampard dikenal saat dirinya memperkuat klub Chelsea, dimana bersama klub tersebut dirinya telah meraih banyak gelar serta mencatat banyak rekor. Legenda hidup Chelsea tersebut telah mengemas 604 penampilan termasuk saat bermain untuk Manchester City sebagai pemain pinjaman. Musim depan, Lampard akan pindah ke Amerika untuk memperkuat New York City sebagai klub utamanya.


10. Ryan Giggs

Rasanya jika mendengar nama Ryan Giggs, yang muncul dalam benak pertama kali adalah klub Manchester United. Ya, sempat mengawali karir di tim junior Manchester United pada tahun 1987 hingga 1990, pemain asal Wales tersebut telah menjadi bagian dalam tubuh The Red Devils.

Pria yang kini telah berusia 41 tahun tersebut telah menyimpan 632 penampilan di Liga Primer Inggris dan kini dirinya telah menjabat sebagai asisten pelatih Manchester United, Louis van Gaal. Dirinya juga sempat menjadi pelatih sementara United, pada musim lalu untuk menggantikan peran David Moyes.

Frank LampardSteven GerrardRyan GiggsDavid JamesEmile HeskeyLiga Primer InggrisMark SchwarzerTony AdamsJamie Carragher

Berita Terkini