x

Xavi Pergi, Ini Komentar Fans Barcelona, Real Madrid dan Valencia

Sabtu, 23 Mei 2015 08:14 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Joko Sedayu

Sang maestro, Xavi Hernandez, telah dipastikan tidak akan memperkuat Barcelona pada musim depan. Sebelumnya, kabar kepergian Xavi memang telah mencuat sejak lama ketika pelatihnya Luis Enrique, lebih banyak menjadikannya sebagai pemain pengganti.

Kisah lengkap Xavi Hernandez baca di sini.

Padahal, pemain asli Spanyol itu telah disodorkan penawaran perpanjangan kontrak tetapi dia menolaknya. Gelandang berusia 35 tahun ini juga mengaku keputusan yang dibuatnya sangat sulit.

Bersama Blaugrana, Xavi telah menghabiskan waktu selama kurang lebih 25 tahun dan dia juga telah memberikan banyak gelar, seperti 8 gelar La Liga Spanyol (termasuk musim ini), 3 gelar Liga Champions, dan juga Copa del Rey.

Wajib Baca
(VIDEO) 5 Pemain yang Sukses Berganti Posisi Musim 2014/15
Inilah 11 Mantan Pelatih Xavi pada Laga Perpisahan di Camp Nou
5 Skandal Seks Bintang Sepakbola Dunia
5 Alasan Manchester United Tak Butuh Sterling
Neymar Jr Tertangkap Basah Bersama Wanita Pirang

Kepergian dari Xavi Hernandez, turut mengundang komentar dari para fansnya, tidak terkecuali di Indonesia. Bukan hanya fans dari Barca, fans dari klub lain pun turut mengeluarkan pendapatnya. 

Berikut ini INDOSPORT akan sajikan beberapa komentar mengenai keputusan Xavi Hernandez.

Baca Juga
Liga Indonesia | Liga Primer | Liga Champions | Bundesliga
La Liga | Serie A | Selebrita | Komunitas | Transfer Pemain


1. IndoBarca

Menurut fans Barcelona di tanah air, yaitu IndoBarca. Xavi selalu memiliki peranan penting dalam skuad yang ia bela, baik di klub maupun timnas Spanyol. Mereka juga mengaku rela, jika Xavi pergi meninggalkan El Barca pada musim depan. Asalkan, sang legenda akan kembali ke tim yang berjuluk Blaugrana tersebut.

"Menurut saya, kepergian Xavi itu merupakan hal yang ia biasa. Pemain seperti Xavi memang akan bisa pergi kemana saja demi meningkatkan karirnya dan kami menerima itu. Semoga saja dia akan kembali baik menjadi pelatih ataupun direksi di Barca," tutur Hafid Amrullah, Bendahara Pusat IndoBarca kepada INDOSPORT.


2. Pena Real Madrid de Indonesia

Jika sedang beraksi di lapangan, fans Madrid tentu akan berharap para pemain Barcelona melakukan kesalahan, sehingga tim kesayangannya mampu meraih kemenangan. Namun jika pertandingan telah usai, mereka tetap menunjukkan respek terhadap pemain sang lawan. Hal ini dilakukan oleh komunitas fans mereka di tanah air, yakni Pena Real Madrid de Indonesia.

"Bagi saya, Xavi Hernandez sudah cukup untuk Barcelona dan juga timnas Spanyol. Dia merupakan pemain yang hebat dan mampu mengatur serangan secara luar biasa. Dia akan selalu menjadi pemain penting," tutur Agusta Jalasena, selaku Sekretaris Umum Pena Real Madrid de Indonesia, saat dihubungi oleh INDOSPORT.


3. Valencianista Indonesia

"Kalau dari pandangan saya, sosok Xavi merupakan pemain yang paling memiliki jiwa kepemimpinan dibandingkan pemain lawannya. Dengan tidak adanya dia, kami tentu tetap mewaspadai seluruh pemain Barca," pungkas Presiden Valencianista Indonesia kepada INDOSPORT.

Real MadridSpanyolBarcelonaLaLiga SpanyolXavi HernandezValenciaIndobarcaKomunitas SehatPena Real Madrid de Indonesia (PRMI)Valencianista Indonesia

Berita Terkini