x

Dream Team Copa America 2015 Versi INDOSPORT

Jumat, 26 Juni 2015 02:43 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Tak berlebihan jika format dream team Copa America 2015 sudah bisa dipublish, pasalnya babak semifinal akan mulai digelar pada 29 Juni 2015. Memang baru satu tempat di babak semifinal sudah menjadi hak untuk tim tuan rumah, Chile usai menaklukan Uruguay dengan skor tipis 1-0. 

Siapa saja mereka yang pantas untuk bisa masuk ke dream team Copa America 2015? Formasi apa yang layak digunakan? Berikut tim dream team Copa America 2015 versi INDOSPORT: 


1. Formasi

Formasi 4-2-3-1 dirasa menjadi formasi yang tepat untuk tim dream team Copa America 2015. Beberapa negara peserta Copa America 2015 seperti Brasil menggunakan formasi ini selama kejuaraan. Dalam hal keseimbangan tim, pola 4-2-3-1 ketika bertahan bisa berubah menjadi 4-5-1. 

Ketika bertahan formasi 4-2-3-1 akan berubah menjadi 4-5-1 dengan AML/AMC/AMR yang mundur dan menemani dua gelandang jangkar. Pelatih yang memakai formasi ini akan memerintahkan pemainnya untuk bermain dengan defensive line tinggi dan pressing cepat ke pemain lawan ketika kehilangan bola dan merebut kembali bola sepersekian detik.

Untuk serangan, formasi ini akan memainkan permainan offensive yang cepat dan tentunya menghibur mata penikmat sepakbola. Banyak sekali pergerakan-pergerakan yang dapat diciptakan untuk membongkar pertahanan lawan. Misalnya, dengan winger yang melakukan pergerakan menusuk ke dalam kotak pinalti lawan dan fullback bergerak naik untuk melepaskan winger dari double cover pemain. 


2. Sergio Romero

Sergio Romero

Selama kejuaraan Copa America 2015, kiper asal klub AS Monaco ini menjadi kiper yang paling sedikit kebobolan. Romero baru kebobolan dua gol selama tiga pertandingan Copa America di babak penyisihan Grup B. Dua gol itu bersarang saat pertandingan pertama melawan Paraguay, selanjutnya Romero sukses menjaga clean sheet di dua laga sisa. 


3. Ezequiel Garay

Ezequiel Garay

Garay yang sempat dirumorkan dilirik klub Manchester United menjadi salah satu faktor mengapa pertahanan Argentina terbilang cukup kokoh selama Copa America 2015. Pemain yang kini bermain untuk Zenit St. Petersburg ini mampu bermain baik di tiga laga babak penyisihan grup, utamanya kekuataannya untuk membaca arah bola, mengantisipasi crossing serta menempel pergerakan penyerang lawan. 


4. Miranda

Bek berusia 30 tahun asal Atletico Madrid ini menjadi sosok bek yang cukup mendapat perhatian di Copa America 2015, ia mampu menggeser David Luis di lini belakang Brasil. Pembawaannya yang tenang serta mampu meredam pergerakan pemain depan lawan membuat Brasil cukup sulit untuk ditembus pemain lawan. 


5. Marcos Caceres

Untuk bek sayap kanan, pemain asal Paraguay, Marcos Cáceres yang kini membela klub Argentina, Newell's Old Boys layak masuk dalam tim dream team Copa America 2015. Ia mampu bergerak menyerang dari sisi sayap dan melepaskan umpan crossing untuk lini depan Paraguay, namun ia juga turun bertahan dengan cepat. 


6. Pablo Armero

Ia adalah sosok dibalik dikartu merahnya Neymar saat laga Brasil kontra Kolombia. Pemain bernomor punggung 7 ini juga mampu mencetak gol kemenangan Kolombia di laga tersebut. Armero yang kini membela Flamenggo ini memang disebut-sebut sebagai bek sayap impresif. Ia sempat bermain untuk AC Milan dan Napoli di Serie A Italia. 


7. Fernandinho

Gelandang asal Brasil ini sangat bagus dalam hal menjaga kedalaman permaianan Brasil. Pemain Manchester City ini memang sangat bagus selama perhelatan Copa America 2015. Dari tiga laga Brasil, Fernandinho baru satu kali diganti yakni pada laga melawan Kolombia yakni pada menit ke 34 babak pertama. 


8. Marcelo Diaz

Dibalik impresifnya permainan Chile, ada sosok Marceloa Diaz sebagai pemain kunci di lini tengah Chile. Ia yang bertugas untuk menyuplai bola serta merusak penyerangan dari tim lawan. Pemain asal Hamburger SV ini mampu memainkan perannya sebagai gelandang jangkar di empat pertandingan Chile. Kemampuannya terlihat saat Chile mampu singkirkan Uruguay di babak perempatfinal. 


9. Arturo Vidal

Ia adalah penyandang top skor sementara Copa America 2015 dengan torehan 3 gol. Penampilan Vidal memang sangat impresif bahkan bisa disebut menggantikan peran dari Alexis Sanchez yang bisa dikatakan bermain standar di Copa America 2015.


10. Eduardo Vargas

Vargas ialah winger Chile yang mampu menyarangkan dua gol selama perhelatan Copa America 2015. Pemain asal klub Napoli yang dipinjamkan ke QPR ini tergolong pemain Chile yang sangat impresif selain Vidal dan Charles Aránguiz. 


11. Lionel Messi

Lionel Messi sudah tidak diragukan lagi untuk bisa tampil dalam dream team Copa America. Ia memang baru mencetak satu gol namun permainanya menjadi nyawa untuk Argentina selama Copa America 2015. 


12. Sergio Aguero

Jika Neymar tidak mendapat kartu merah saat melawan Kolombia dan tidak dihukum empat larangan bertanding, posisi penyerang dream team mungkin akan menjadi miliknya namun posisi itu digeser oleh penyerang Manchester City, Sergio Aguero yang sudah menyumbang dua gol. Bukan tidak mungkin torehan golnya akan bertambah dan ia mampu menyandang gelat top skor Copa America 2015.

ChileArgentinaFernandinhoBrasilLionel MessiArturo VidalSergio AgueroSergio RomeroCopa America 2015ParaguayJoao Miranda

Berita Terkini