x

7 Pemakai Nomor Keramat Juventus

Jumat, 10 Juli 2015 20:28 WIB
Editor: Anton Wishnu Wijiantoro

Jelang musim 2015/16 bergulir, pihak klub sedikit dipusingkan oleh siapa pemain yang berhak mengenakan nomor 10. Nomor keramat itu tak bertuan menyusul kepergian Carlos Tevez ke Boca Juniors.

Sebelumnya, Juve pernah mengalami persoalan serupa ketika Alessandro Del Piero hengkang pada 2012. Awalnya, Sebastian Giovinco digadang-gadang bakal jadi penerus nomor 10. Namun, pihak klub justru membiarkan nomor 10 menganggur hingga setahun.

Penyerang anyar Juventus, Paulo Dybala telah mengkonfirmasi memakai nomor 7, sedangkan Mario Mandzukic dan Simone Zaza belum menentukan nomor punggung.

Sementara itu, deretan pemain incaran Juve seperti Isco, Oscar dos Santos, Stevan Jovetic, dan Mesut Ozil, layak menjadi pemakai nomor 10 selanjutnya. Lalu, siapakah penerus nomor 10 Juventus?

Berikut ini tujuh pemain luar biasa Juventus yang pernah mengenakan nomor punggung 10:


1. Giampiero Boniperti

Boniperti merupakan salah satu pemain yang paling setia membela Juventus. Mantan penyerang itu hanya membela La Vecchia Signora di sepanjang karirnya. Total, Boniperti membukukan 182 gol dalam 460 penampilan selama 15 musim membela Juventus. Ia sukses menghadirkan lima Scudetto dan dua Coppa Italia.

Torehan 182 gol sempat membuat Boniperti menahbiskan diri sebagai top skor sepanjang masa Juventus. Setelah lebih dari 40 tahun bertahan, gelar top skor Boniperti diambil alih oleh Alessandro Del Piero pada Januari 2006.


2. Omar Sivori

Sivori jadi salah satu pemain asing yang sukses berseragam La Vecchia Signora dari tahun 1957 hingga 1965. Pemain asal Argentina itu mempersembahkan tiga Scudetto, dua Coppa Italia, serta membukukan 167 gol dalam 254 pertandingan.


3. Liam Brady

Diboyong dari Arsenal pada 1980, Brady mendapat kehormatan mengenakan kostum nomor 10. Meski hanya dua musim di Turin, pemain asal Irlandia itu sukses mengantarkan Juventus merebut dua Scudetto. Brady akhirnya dilepas ke Sampdoria menyusul kedatangan Michel Platini.


4. Michel Platini

Platini bergabung ke Juventus dari St Etienne pada 1982. Di klub terakhirnya itu, Platini sukses meraih banyak gelar bergengsi baik di level klub ataupun individu.

Playmaker asal Prancis itu membawa Juve meraih dua gelar Serie A, dan satu Coppa Italia, Piala Super UEFA, Piala Interkontinental, European Cup Winners’ Cup, European Cup,.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Presiden UEFA itu juga berhasil Ballon d’Or tiga tahun berturut-turut. Total, Platini membukukan 103 gol dalam 222 pertandingan Juve di berbagai kompetisi.


5. Roberto Baggio

Usai Platini memutuskan pension, Juventus sukses membajak Roberto Baggio dari Fiorentuna pada 1990. Juve harus memecahkan rekor transfer dunia pada waktu itu (8 juta poundsterling) untuk memboyong Baggio dari klub rival, Fiorentina.

Selama lima musim memperkuat I Bianconerri Baggio sukses mempersembahkan satu gelar Serie A, Coppa Italiam dan Piala UEFA. Baggio juga sukses merengkuh trofi Ballon d’Or pada tahun 1993.


6. Alessandro Del Piero

Del Piero jadi pemain tersukses dalam sejarah Juventus. Sejak dibeli dari Padova pada 2012, Del Piero muncul sebagai pemain pilar Juve. Del Piero juga membuktikan kesetiaannya ketika Juve terlibat kasus calciopoli yang berujung degradasi ke Serie B pada 2006.

Hingga saat ini, Del Piero masih memegang rekor penampilan terbanyak (705) dan top skor sepanjang masa klub (290). Del Piero juga sukses mempersembahkan berbagai gelar bergengsi seperti Serie A, Coppa Italia, Liga Champions, Piala Super UEFA, Piala Intertoto UEFA, dan Piala Interkontinental.

Pada akhir musim 2011/12, Juve tak memperpanjang kontrak Del Piero. Mantan pemain timnas Italia itu akhirnya hijrah ke Sydney FC. Namun, saat ini Del Piero berstatus bebas transfer setelah dilepas klub asal India, Delhi Dynamos.


7. Carlos Tevez

Tevez jadi pemain terbaru yang pernah mengenakan nomor 10 di Juventus. Pemain asal Argentina itu langsung diberikan nomor 10 setelah diboyong dari Manchester City dengan harga 27 juta poundsterling pada 2013.

Selama dua musim di Juventus Stadium, bekas pemain Manchester United itu merebut dua trofi Serie A, satu Coppa Italia, dan satu Piala Super Italia. Tevez membukukan 50 gol dalam 95 penampilan bersama Juventus.

Carlos TevezSerie A ItaliaRoberto BaggioJuventusAlessandro Del PieroMichel Platini

Berita Terkini