x

10 Fakta Cristiano Ronaldo Sosok Dermawan

Kamis, 3 September 2015 14:43 WIB
Editor: Irfan Fikri

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo disebutkan sebagai pesepakbola terkaya dunia tahun ini. Total kekayaan pemain timnas Portugal ini ditaksir mencapai 210 juta euro atau setara dengan Rp3 triliun.

Pendapatan ini ia raih tidak hanya dari lapangan hijau, namun juga iklan serta kontrak lainnya. Dari ujung rambut sampai ujung kaki, semua yang ia kenakan punya nilai kontrak miliaran.

Kekaguman kepada CR7, julukan Ronaldo, tidak sebatas penampilannya di lapangan. Namun ia memiliki jiwa penolong yang tinggi.

Tak jarang ia harus terbang ratusan kilometer untuk menemui fansnya yang mengalami musibah, seperti saat ia mendatangi Martunis, bocah korban tsunami Aceh 2004 silam.

Berikut INDOSPORT merangkum 10 aksi sosial Cristiano Ronaldo:


1. Sumbang Uang Tuntutan

Pada 2008 silam, surat kabar The Sun melaporkan bahwa Cristiano Ronaldo asyik berpesta di pub ditemani empat model wanita cantik. Kala itu Ronaldo yang masih berkostum Manchester United sedang pemulihan cedera.

Tak terima dengan pemberitaan tersebut, Ronaldo melakukan gugatan di pengadilan dengan mempermasalahkan pencemaran nama baik. Ronaldo pun dimenangkan oleh pengadilan beserta tuntutan ganti rugi material dari The Sun.

"Saya bangga dengan profesionalisme saya. Saya berlatih dan melakukan pemulihan. Tidak pernah mabuk dan menari di klub malam,” ucap Ronaldo kala itu.

Ronaldo lantas menyumbangkan seluruh ganti rugi dari tuntutannya untuk masyarakat yang tidak beruntung di kampung halamannya di Madeira Portugal.  


2. Bantu Martunis

Cristiano Ronaldo terlibat dalam penggalangan dana bantuan korban tsunami Aceh pada Desember 2004, termasuk membantu Martunis seorang bocah Aceh saat itu yang selamat setelah 21 hari terdampar akibat tsunami dengan seragam tim nasional Portugal sebelum ditemukan warga.

Setelah ditemukan, Martunis diserahkan kepada salah satu jurnalis stasiun televisi Inggris, Skynews. Pemberitaan tentang Martunis mengundang perhatian Ronaldo.

Tidak hanya membantu dana senilai Rp1 miliar. Ia juga membawa Martunis, yang diangkat menjadi anak, ke Portugal, dengan menjadi pemain di klub yang pernah ia bela Sporting Lisbon.


3. Perangi Ebola

Pada 2014, Ronaldo tergabung dalam tim amal untuk kampanye terhadap penyakit Ebola yang menyerang Afrika dengan jatuhnya banyak korban.

Bersama rekan-rekannya ia berkampanye kepada dunia dengan hastag #wecanbeatebola  "Bersama-sama, kita bisa mengalahkan Ebola".

Ia bergabung dengan bintang sepakbola lainnya, Neymar, Philipp Lahm, Gareth Bale and Didier Drogba.  


4. Save Children

Pada 2003, Cristiano Ronaldo terpilih menjadi duta Global Save the Children. Di yayasan ini Ronaldo Duta global untuk Save the Children, Cristiano Ronaldo telah menggunakan suaranya untuk meningkatkan kesadaran terhadap masalah yang dihadapi anak-anak di dunia.

"Sebagai seorang ayah, saya tahu itu bahwa kesadaran terutama kesehatan adalah penting,” ucap ia. 


5. 11 FIFA Health

Ronaldo juga tergabung dalam 11 FIFA Health bersama dengan Messi, Drogba, Ronaldo, Buffon dan Puyol. Program ini menggabungkan sepakbola dengan pesan-pesan kesehatan, terutama kepada para pemuda di 30 negara, agar terhindar dari Narkoba dan HIV/Aids.


6. Ronaldo untuk Gaza

Pada 2011, Ronaldo mendapat penghargaan Golden Boot dari Real Madrid Foundation. Namun kabarnya ia melelang sepatu emasnya dan menyumbangkan dana 1,5 juta euro untuk membantu anak-anak Gaza.


7. Bantu Korban Banjir Madeira

Pada 2010, kampung halaman Ronaldo ditimpa musibah banjir. Sebanyak 42 pemain tewas. Ia lantas  memutuskan bergabung dalam laga amal antara Porto melawan para pemain yang berasal dari   Madeira.

"Aku tidak percaya apa yang saya lihat di televisi. Aku ingin membantu dengan cara apapun yang saya bisa, "kata Ronaldo.


8. Obati Bocah Kanker

CR7 juga pernah membantu Nuhazet, bocah Sembilan tahun penderita kanker yang sempat divonis tidak berumur panjang oleh dokter.

Orangtua Nuhazet yang mendapat kabar anaknya tak berumur panjang, ingin memberi hal terindah anaknya, salah satunya adalah keinginan sang anak untuk bertemu Ronaldo.

Nuhazet, bocah lelaki berusia sembilan tahun dari Las Palmas, Gran Canaria, telah bertarung melawan kanker yang menggerogoti tubuhnya.

Melalui agen Ronaldo, Jorge Mendes, orang tua Nuhazet berhasil mempertemukan anaknya Ronaldo. Ronaldo yang terketuk hatinya memutuskan untuk mendanai pengobatan anak itu di sebuah rumah sakit swasta di Madrid. 


9. Rumah Sakit Kanker

Ronaldo juga telah membangun rumah sakit spesialis kanker di tanah kelahirannya Madeira, Portugal pada 2007 silam. Hal ini didorong karena sang ibu Dolores Santos didiagnosa menderita kanker dan harus menjalani radio terapi.

Sang ibu pulih, dan ia pun mengapresiasi rumah sakit yang telah menyembuhkan ibunya dengan menyumbang 100 ribu poundsterling untuk membangun pusat spesialis penyembuhan kanker. 


10. Bela Anak yang Dibully

Saat mengunjungi Jepang, Ronaldo disambut oleh para penggemarnya yang umumnya adalah anak-anak. Beberapa dari anak-anak itu menyapa Ronaldo dengan bahasa Portugal yang terbata-bata.

Melihat fansnya ditertawakan oleh yang lainnya, Ronaldo lantas kesal dan marah

"Mengapa mereka tersenyum? Mengapa? Dia berbicara Portugis yang baik! Sangat bagus. Mereka harus senang karena dia telah berusaha keras,” tegas Ronaldo. 

Real MadridManchester UnitedCristiano RonaldoMartunis

Berita Terkini