x

10 Pelatih Termahal Musim 2015/16

Jumat, 4 September 2015 23:29 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Di dunia sepakbola, sosok juru taktik sangat berperan vital untuk keberlangsungan satu klub. Jatuh bangunnya klub memang ditentukan oleh banyak faktor dan salah satunya ialah peran dari seorang pelatih. 

Miliki deretan pemain bintang tidak menjadi jaminan klub akan raih prestasi jika pelatihnya tidak mampu memiliki kapabilitas tinggi menjadi seorang juru taktik namun justru tim yang tidak memiliki pemain bintang bisa meraih prestasi saat dilatih oleh juruk taktik yang berkompeten.  Maka tidak heran jika satu klub rela gelontorkan uang banyak demi seorang pelatih handal. Musim ini terdapat 10 pelatih dengan bayaran termahal. Siapa saja? 

Berikut 10 pelatih dengan pembayaran termahal musim ini seperti dilansir footyjokes.net


1. Sven Goran Erikkson

Eks pelatih Manchester City dan timnas Inggris ini berada di urutan ke 10 pelatih di musim ini yang dibayar mahal. Ia memang tidak melatih klub top Eropa, Sven Goran justru terdampar di Tiongkok. Sven Goran kini melatih klub Shanghai SIPG. Meski latih klub Tiongkok, pria Swedia ini disebut-sebut dibayar 4 juta poundsterling per tahun. Gaji paling mahal di liga Tiongkok. 


2. David Moyes

Di urutan kesembilan ada nama eks pelatih Everton dan Manchester United, David Moyes. Meski sepanjang karirnya tidak pernah memberi gelar untuk klub yang ia latih, Moyes mendapat pemasukan 4,9 juta poundsterling per tahun di musim ini. Real Sociedad klub yang ia latih masih menganggap Moyes sebagai sosok pelatih berpengalaman dan miliki potensi sebagai pelatih besar. 


3. Brendan Rodgers

Pelatih asal Irlandia, Brendan Rodgers menjadi pelatih kedelapan di musim ini yang mengantongi gaji termahal. Di musim ketiganya bersama Liverpool, Rodgers mendapat gaji sebesar 5 juta poundsterling per tahun. Direksi Liverpool masih percaya pada dirinya meski Liverpool belum juga tunjukan peningkatan kualitas. 


4. Laurent Blanc

Jika bisa disebut, Laurent Blanc ialah sosok pelatih terhebat di musim lalu. Bagaimana tidak Paris Saint Germain (PSG) sukses ia bawa menjadi raja di Prancis. Empat gelar domestik sukses ia persembahkan. Maka tidak heran jika PSG menggajinya di musim ini sebesar 5,1 juta poundsterling. 


5. Manuel Pellegrini

Pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini berada di urutan keenam pelatih dengan bayaran termahal di musim ini. Pria asal Chile itu dibayar sebesar 5,2 juta poundsterling per tahun. Persembahan gelar liga Primer Inggris dua musim lalu membuatnya tetap dipercaya manajemen untuk terus latih City. 


6. Andre Villas-Boas

Eks pelatih Chelsea asal Portugal ini berada di peringkat lima sebagai pelatih dengan bayaran termahal musim ini. Raihan yang sangat fantastis jika dibanding dengan empat pelatih diatasnya. Villas Boas yang kini melatih klub asal Rusia, Zenit St Petersburg mendapat bayaran sebesar 6,2 juta poundsterling per tahun. 


7. Arsene Wenger

Pria asal Prancis yang memiliki julukan Professor ini menjadi pelatih keempat di musim ini yang mendapat bayaran termahal. Melatih Arsenal selama 19 tahun, Wenger di musim ini mendapat bayaran sebesar 9 juta poundsterling per tahun. Angka yang membuat Wenger tidak memiliki alasan untuk tinggalkan London dalam waktu dekat. 


8. Louis Van Gaal

Pelatih yang paling sering jadi buah bibir di media asal Belanda ini masuk di peringkat ketiga sebagai pelatih termahal musim ini. Direksi Manchester United begitu percaya dengan sosok pelatih berkarakter ini, mereka rela membayar sebesar 10,5 juta poundsterling per tahun untuk jasa van Gaal. Pengalamannya yang banyak membuat harga sebesar itu cukup pantas diberikan kepada van Gaal namun jika dibandingkan dengan prestasi Manchester United mungkin sedikit tanda tanya besar.


9. Jose Mourinho

Diperingkat kedua ada pelatih dengan julukan 'The Spesial One'. Jose Mourinho yang kembali ke Chelsea ini dibayar sebesar 15,2 juta poundsterling per tahun. Angka yang sangat pantas jika melihat portofolio Mourinho baik saat musim pertama latih Chelsea ataupun saat ia melatih klub lain. 


10. Josep Guardiola

Ini adalah pelatih termahal di musim ini, Josep Guardiola. Raihan prestasi yang diberikan baik saat melatih Barcelona membuat direksi Bayern Muenchen rela meronggoh koceh sebesar 21,5 juta poundsterling per tahun. Angka yang sangat besar. Namun sangat wajar, pasalnya ia mampu memberikan 14 piala dalam waktu 4 tahun saat melatih Barcelona. Prestasi meraih gelar juara di musim lalu untuk Muenchen menjadi faktor kuat bahwa Guardiola pantas dibayar mahal sebagai pelatih top. 

Arsene WengerLouis van GaalJose MourinhoBrendan RodgersPep GuardiolaLaurent BlancDavid MoyesManuel PellegriniAndre Villas-BoasSven-Goran Eriksson

Berita Terkini