x

10 Pesepakbola yang Bertahan Dua Dekade dengan Satu Klub

Rabu, 7 Oktober 2015 20:46 WIB
Editor: Randy Prasatya

Sulit untuk dipungkiri lagi, uang bisa menjadi penyebab para pesepakbola hengkang mencari klub lain. Alasan hengkang bukan saja karena keinginan sang pemain, tapi bias juga atas dasar klub pemilik yang tak bisa menahan godaan dari klub peminat yang berani memberikan harga tinggi.

Namun, setidaknya kita pernah mengetahui jika pernah ada beberapa pemain top yang tidak mampu digoda dengan uang.

Berikut ini INDOSPORT akan menampilkan 10 pemain yang mampu bermain hingga dua dekade dengan satu klub.


1. Paolo Maldini

Pemain ini merupakan pesepakbola yang hanya mengabiskan 25 tahun bermain sepakbola bersama AC Milan. Alasannya hanya mau bermain bersama Rossoneri bukan karena taka da klub besar yang menginginkannya. Akan tetapi, faktor cinta telah mendarah daging bersama AC Milan.            


2. Ryan Giggs

Giggs merupakan pemain spesial yang pernah di datangkan Alex Ferguson. Pelatih asal Skotlandia itu dengan rela menyambangi langsung rumah Giggs demi mau bermain untuk Manchester United.

Kerelaan Ferguson pun terbukti, Giggs menjadi salah satu pemain yang sangat loyal bersama Setan Merah. Dia telah memulai karier professional dan pensiun di Manchester United setelah menjalani kebersamaan selama 24 tahun.


3. Francesco Totti

Francesco Totti

Pemain yang memulai karie seniornya bersama AS Roma sejak 1992 ini telah diberi julukan sebagai Pangeran Roma berkat loyalitasnya.

Meski dikenal sebagai pemain yang tempramen dan garang di atas lapangan, Totti ternyata memilik selera humpor yang tinggi dengan menerbitkan sebuah buku yang bertema lelucon-lelucon yang dibuatnya.

Selain itu, Totti juga mengakui jika dirinya merupakan ‘Anak Mama’ yang tak pernah lepas dari ketergantungan ibunya.


4. Paul Scholes

Scholes merupakan pesepakbola asal Inggris yang menghabiskan 20 tahun karier sepakbolanya bersama Manchester United. Pemain ini merupakan generasi yang terlahir dalam katergori Class of 92.


5. Alessandro Costacurta

Pemain ini telah menjadi milik AC Milan sejak 1986. Namun, saat baru dipromosikan masuk skuat senior, dia terlebih dahulu dipinjamkan ke Monza selama satu musim.

Pada 1987 dia baru mulai intens bermain untuk AC Milan dan berkontribusi banyak bersama Paolo Maldini untuk mengawal barisan pertahanan tim asal kota Milan itu.


6. Giuseppe Bergomi

Giuseppe Bergomi hanya bermain untuk Internazionale sepanjang kariernya selama 20 tahun. Tercatat, ia tampil 519 kali untuk Inter dan mencetak 23 gol di Liga Italia. Sementara, di Coppa Italia Bergomi tercatat tampil 120 kali dan mencetak 5 gol. Sementara, di kompetisi Eropa, ia tampil 117 kali tanpa mencetak gol.


7. Jack Charlton

Gelandang tengah kelahiran Inggris ini merupakan pemain yang hanya bermain untuk satu klub, yaitu Leeds United pada 1952 hingga 1973.

Selama 21 tahun membela Leeds, Charlton, dia telah mendapatkan 16 trofi bersama klub tersebut.


8. Lev Yashin

Penjaga gawang legendaris asal Uni Soviet ini hanya menghabiskan kariernya dengan satu klub. Lev Yasin membela Dinamo Moskwa selama 22 tahun.


9. Rogerio Ceni

Ceni merupakan satu-satunya penjaga gawang yang mampu mencetak gol sebanyak 131 kali di semua ajang kompetisi bersama Sao Paulo. Selain itu, dia juga hanya bermain untuk Sao Paulo sejak 1992.


10. Franco Baresi

Baresi menghabiskan seluruh karier bermainnya selama dua puluh tahun bersama AC Milan. Selama bermain dengan Rossoneri, Baresi menghabiskan sebagaian kariernya sebagai kapten tim.

Ryan GiggsPaul ScholesFrancesco TottiPaolo MaldiniAlessandro CostacurtaFranco Baresi

Berita Terkini