x

8 Pesepakbola Mengemplang Pajak

Jumat, 9 Oktober 2015 09:56 WIB
Editor: Charles Emanuel Dominggus

Lionel Messi dan sang ayah Jorge Messi menghadapi tiga tuduhan penipuan pajak dan terancam hukuman dua tahun penjara.

Messi dan sang ayah dianggap telah menggelapkan pajak terkait hak citra pada tahun 2007, 2008 dan 2009.

Bukan hanya Messi yang mengalami masalah serupa. Sejumlah pesepakbola dan mantan pesepakbola pernah menghadapi kasus yang sama entah terkait hak citra maupun usaha yang dijalankan.

INDOSPORT mengangkat sejumlah pesepakbola yang pernah mengalami hal tersebut.


1. Javier Macherano

 Pemain Barcelona ini pernah menghadapi masalah dengan otoritas Spanyol setelah diduga menggelapkan pajak dengan nilai lebih dari 1,5 juta euro. Pemain internasional Argentina ini pun dihadapkan pada dakwaan ganda: dituduh sengaja menyembunyikan pendapatan terutama dari hak citra, juga dianggap menipu totorat pajak pada 2011 dan 2012.


2. Matthew Upson

Pemain veteran yang memperkuat Leicester City ini pernah didakwa menghindari pajak yang semestinya wajib dibayar. Eks pemain internasional Inggris diduga menginvestasikan pendapatannya kepada lembaga yang berada di industry film yang kerap memalsukan dana tersebut.


3. Neymar

Selain Messi, Neymar juga tersandung masalah serupa. Pemain Barcelona dan timnas Brasil ini pernah menerima sanksi terkait penggelapan pajak atas transfernya dari Sao Paulo ke Barcelona pada 2013. Tak tanggung-tanggung, Pengadilan Federasi Sao Paulo, Brasil akhirnya membekukan asset Neymar dan keluarganya senilai 42 juta euro.


4. Diego Maradona

Pemilik gol ‘Tangan Tuhan’ ini pernah tersandung masalah pajak. Legenda timnas Argentina ini harus membayar 37,5 juta euro sebagai denda atas penggelapan pajak yang dilakukan saat membela Napoli pada 1984 hingga 1991.


5. Paolo Maldini

Legenda AC Milan dan timnas Italia ii pernah menghadapi tuduhan memanipulasi system pajak di Italia melalui bisnis real estate. Pada 2011 bersama 42 orang lain, Maldini dan sang istri harus dihadapkan pada tuduhan tersebut.


6. Luis Figo

Pada 2012, Figo harus membayar 2,5 juta euro kepada kantor pajak Spanyol karena lalai membayar kewajibannya itu sejak 1997 hingga 1999 saat masih berseragam Barcelona.


7. Clarence Seedorf

Legenda Belanda ini pernah dituduh menghindari kewajiban membayar pajak atas usaha restoran yang dimiliki pada 2012. Seedorf dituduh mangkir membayar pajak senilai 2.500 euro.


8. Samuel Eto%u2019o

Samuel Etoo (Everton)

Pemain legendaris ini pernah berhadapan dengan pengadilan Barcelona dan terbukti bersalah karena mangkir membayar pajak sebesar 3,5 juta euro sejak 2006 hingga 2009.

NeymarSamuel Eto'oLionel MessiDiego MaradonaClarence Seedorf

Berita Terkini