x

10 Pelatih Liga Primer Inggris Berkarir Pendek

Rabu, 14 Oktober 2015 20:04 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Charles Emanuel Dominggus

Brendan Rodgers telah dipecat dari Liverpool. Namun, usianya bersama The Reds tidak terbilang singkat, karena ia membesut Liverpool sejak tahun 2012 lalu.

Berbeda dengan Rodgers masih ada pelatih yang memiliki karir jauh lebih pendek di Liga Primer Inggris seperti eks pelatih Chelsea Andre Villas-Boas.

Sejak awal kedatangannya ke Stamford Bridge pada tahun 2011, pria asal Portugal ini disebut-sebut akan membawa kesuksesan bagi The Blues. Apalagi dengan usia muda (Saat itu Villas-Boas berusia 34 tahun) ia diharapkan mampu menyalurkan semangat bagi para pemainnya.

Namun secara mengejutkan, usianya bersama Chelsea tidak sampai 9 bulan penuh, karena taktiknya tidak berjalan sesuai yang diharapkan dan juga banyak pemain senior yang tidak menyukai karakternya.

Andre Villas-Boas mungkin salah satu contoh dari sekian banyak pelatih yang ada di kompetisi yang dikenal dengan sebutan Kisck n’Rush tersebut.

Berikut ini INDOSPORT akan merangkum beberapa nama pelatih lain yang dipecat secara cepat di Liga Priner Inggris, dilansir dari FootyJokes.


1. Steve Wigley

Steve Wigley mungkin bukan pelatih yang berpengalaman untuk menangani Southampton. Pada musim 2004/05, ia dipercaya melatih klub tersebut. Tetapi ia dinilai gagal, karena hanya mampu meraih satu kemenangan dalam 14 pertandingan, sehingga membuatnya memiliki usia yang tak sampai 5 bulan di Liga Primer Inggris, atau perinciannya selama 23 Agustus hingga 10 Desember 2004.


2. Terry Connor

Terry Conor diyakini oleh klub Wolverhampton Wanderers mempunyai pengalaman yang cukup, sehingga mereka mendatangkannya untuk menyelematkan klub dari masalah degradasi pada tahun 2012 lalu. Namun Connor ternyata hanya mampu meraih 4 poin dalam 13 pertandingan. Tanpa pikir panjang, ia pun langsung dipecat oleh timnya saat itu juga.


3. Paolo Di Canio

Paolo Di Canio sempat dikenal sebagai pelatih fenomenal yang menangani Sunderland. Ia berhasil membawa klub tersebut lolos dari zona degradasi. Namun, suksesnya tersebut dianggap kurang memuaskan, karena ia hanya mampu meraih 2 kemenangan dalam 12 pertandingan, juga membuat kabar adanya perselisihan antar pemain. Tidak sampai 7 bulan penuh, pelatih asal Italia ini pun langsung dipecat oleh timnya.

Yang terkenal Paolo Di Canio mengambil pekerjaan manajer untuk membantu Sunderland dari yang terdegradasi. Bahkan dengan kepribadian yang karismatik, ia terbukti gagal sebagai manajer karena ia hanya berhasil dua kemenangan dalam 12 pertandingan untuk klub antara 31 Maret - 21 September 2013. Ada juga laporan dari perpecahan dengan para pemain dan pemain yang tidak bahagia.


4. Iain Dowie

Sukses membawa klub Inggris dari divisi satu ke Liga Primer Inggris, membuat nama Iain Dowie dipercaya oleh klub Charlton Athletic di tahun 2006. Tetapi siapa yang sangka, bersama Charlton, ia hanya diberikan kepercayaan 12 pertandingan saja. (Tidak disebutkan hasil yang ia berikan untuk klub tersebut).


5. Chris Hutchings

Hampir serupa dengan Iain Dowie, nama Chris Hutchings hanya diberikan kepercayaan 12 pertandingan oleh mantan klubnya, Bradford City. Sejak tanggal 18 Juni hingga 6 November tahun 2000 lalu, ia hanya mampu memberikan satu kemenangan, sehinga membuat nama baik dalam riwayat kerjanya (CV) tentu menjadi buruk.


6. Chris Hutchings

Kembali lagi FJ, memasukkan nama yang sama dalam daftar ini. 7 tahun berikutnya, Chris dipercaya oleh klub Wigan Athletic. Ia kembali gagal dan dipecat setelah membuat Wigan menelan 6 kekalahan secara beruntun. Tanpa pikir panjang, Wigan langsung menendangnya dari kursi kepelatihan.


7. Jacques Santini

Jacques Santini mungkin tidak ingin mendapat dirinya dipecat oleh klub yang ia tangani pada tahun 2004 lalu, Tottenham Hotspur. Terhitung sejak tanggal 17 Juni hingga 5 November 2004, Santini hanya mampu meraih 3 kemenangan dan 4 kali seri. Merasa tidak nyaman ditambah mempunyai masalah pribadi, dirinya pun langsung mengundurkan diri dari klub yang berbasis di kota London tersebut.


8. Sammy Lee

Sammy Lee hanya bertahan di mantan klubnya Bolton Wanderers dari tanggal 30 April hingga 17 Oktober 2007 lalu. Selama itu, ia telah melewatkan 11 pertandingan dan hanya mampu meraih satu kemenangan. Sam juga dikabarkan tidak miliki komunikasi yang bagus dengan para pemainnya.


9. Paul Sturrock

Usia Paul Sturrock terbilang cukup pendek bersama klub lamanya, Southampton. Ia hanya mendapat kepercayaan menjadi pelatih di klub tersebut selama 4 Maret hingga 23 Agustus 2004. Sturrock dipecat karena selama itu ia hanya mampu meraih 2 kemenangan.


10. Les Reed

Inilah pelatih yang mempunyai umur paling singkat di kancah Liga Primer Inggris dan sejauh ini belum ada yang mengalahkan rekornya. Reed dipercaya menjadi menggantikan Iain Dowie sebagai pelatih Charlton Athletic pada tahun 2006 lalu. Tetapi keputusan Charlton terlalu cepat, karena ia kembali memecat Reed setelah melewati 7 pertandingan saja. Les Reed didatangkan pada tanggal 14 November lalu dipecat pada bulan Desember 2006, selama itu Reed juga hanya mampu meraih satu kemenangan.

Paolo di CanioLiga Primer Inggris

Berita Terkini