x

6 Kesedihan Ballack dalam Karier Sepakbolanya

Sabtu, 24 Oktober 2015 02:49 WIB
Editor: Randy Prasatya

Ballack merupakan salah satu gelandang serang terbaik yang pernah di milik Jerman. Dia pun telah mengukir 42 gol di kancah internasional bersama tim Panser dalam 98 penampilannya.

Sedangkan di level klub, pemain yang kini berusia 39 tahun itu telah menorehkan 148 gol dari 604 penampilannya bersama lima klub yang berbeda di segala ajang.

Akan tetapi seluruh catatan manis itu ternyata menyimpan suatu keprihatinan terkait kegagalannya di laga final. Setidaknya pemain yang mengakhiri karier sepakbolanya di Bayer Leverkusen itu, telah mengalami kegagalan di berbagai laga final yang levelnya sangat bergengsi.

Berikut ini INDOSPORT akan menampilkan enam kegagalan Ballack dalam laga final di turnamen bergengsi.


1. DFB Pokal

Ini adalah laga final pertama Ballack dalam karier sepakbolanya. Impian untuk mempersembahkan gelar DFB Pokal bagi Leverkusen harus kandas saat takluk dari 2-4 dari Schalke 04 pada musim 2001/2002.


2. Liga Champions 2001/2002

Selang empat hari setelah takluk di final DFB Pokal, Leverkusen bertanding di final Liga Champions menghadapi Real Madrid. Ballack yang kala itu bermain sejak awal hingga akhir, harus takluk 1-2 dari lawan.


3. Piala Dunia 2002

Gelar internasional di level dunia ini mungkin menjadi sebuah laga final yang paling dia sesali Ballack. Dia harus mengubur impiannya tampil di laga pamungkas setelah menerima akumulasi kartu kuning di laga semifinal saat menghadapi Korea Selatan.

Hal itu pun berdampak pada pincangnya lini tengah Jerman kala dihajar Brasil 2-0 di final Piala Dunia yang berlangsung di Jepang.


4. Piala Liga Inggris

Piala Liga yang dulu bernama Carling Cup ini dilalui Ballack untuk kedua kalinya. Akan tetapi, di final keduanya di turnamen ini bersama Chelsea, harus tumbang setelah ditundukan Tottenham Hotspur 1-2 pada 24 Februari 2008.


5. Liga Champions 2007/2008

Final yang berlangsung di Moscow, Rusia, ini harus berakhir dramatis saat Chelsea ditumbangkan Manchester United dalam drama adu penalti yang berkesudahan 6-5 untuk Setan Merah. Kekalahan ini sekaligus menjadi kegagalan kedua Ballack dalam final Liga Champions.


6. Piala Eropa 2008

Kejuaraan internasional tertinggis di Eropa ini kembali menjadi pil pahit untuk Ballack. Timnas Jerman harus mengakui keperkasaan Spanyol setelah menumbangkan mereka 0-1 melalui gol tunggal Fernando Torres.

JermanChelseaMichael BallackBayer Leverkusen

Berita Terkini