x

5 Gol Fantastis yang Dicetak Seorang Kiper

Minggu, 25 Oktober 2015 11:50 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Mencetak gol sejatinya adalah tugas utama seorang striker sebagai ujung tombak dari sebuah kesebelasan sepakbola.

Namun bukan berarti pemain lain tidak bisa ikut mencetak gol termasuk seorang kiper meskipun tugas utamanya adalah menjaga gawang agar tidak kebobolan dari serangan lawan.

Meskipun terbilang langka gol-gol yang dilahirkan oleh seorang kiper biasanya berawal dari titik putih penalti atau dari eksekusi bola-bola mati khususnya tendangan bebas. Namun tidak juga menutup kemungkinan dilakukan dengan cara lain.

Mungkin bisa dihitung dengan jari kiper dunia yang memiliki keahlian dalam mencetak gol namun itu bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi.

INDOSPORT merangkum beberapa gol fantastis spektakuler dalam sejarah sepakbola yang lahir dari kaki seorang kiper. 


1. Martin Hensen

Ada banyak gol yang dicetak oleh banyak pemain yang dapat disebut sebagai fantastis atau hanya menakjubkan.

Tetapi sangat jarang yang bisa mencetak gol dengan gaya unik seperti yang dilakukan Martin Hensen.

Gol unik dan langka ini menyelamatkan timnya ADO Den Haag dari kekalahan atas PSV saat dirinya berhasil mencetak gol di menit ke-95 dengan cara yang sangat tidak biasa.

Martin Hensen yang bertugas sebagai kiper maju ke kotak penalti lawan untuk membantu rekannya saat tim nya tertinggal 1-2 sementara pertandingan sudah memasuki babak injury time.

Hensen menyambut umpan yang berasal dari tendangan bebas dengan tumitnya untuk kemudian mengarahkannya ke sudut gawang dan mencetak gol penyeimbang.

Dengan waktu yang tepat ia mencetak salah satu gol paling gila yang pernah dilakukan seorang pesepakbola bahkan seorang striker sekalipun.


2. Asmir Begovic

Meskipun telah pindah ke Chelsea musim lalu, namun kita pasti masih mengingat gol yang dicetak Asmir Begovic saat berseragam Stoke City tahun 2013.

Begovic yang mendapat umpan penyelamatan dari rekannya Eric peters menendang langsung bola ke arah gawang Southampton. Tendangan jarak jauhnya sempat sekali memantul ke tanah sebelum masuk ke gawang tanpa bisa dihalau kiper Southampton.

Ini adalah salah satu gol jarak jauh yang paling gila yang pernah ada.


3. Rogerio Ceni

Hari paling fantastis yang paling mengesankan bagi Rogerio Ceni adalah saat timnya Sao Paulo bertemu dengan Corintians pada Maret 2011.

Dalam pertandingan ini ia berhasil mencetak gol ke-100 dalam karirnya sebagai seorang penjaga gawang melalui eksekusi tendangan bebas.

Kiper yang memiliki kemampuan khusus dalam mencetak gol dari bola mati ini melakukan tugasnya dengan baik dengan mencetak sebuah gol yang sangat fantastis dan berkelas.

Dengan gembira ia melepas bajunya dan berlari untuk merayakan selebrasi.


4. Paul Robinson

Meskipun telah melalui banyak pasang surut dalam karirnya dan sering mendapat kritik yang tajam, Paul Robinson akan selalu diingat momen paling berkesan di tahun 2007.

Robinson yang berseragam Tottenham mencetak gol jarak jauh paling spektakuler dari sebuah tendangan bebas ke gawang Watford.

Bola sempat memantul ke tanah hingga kiper Watford yang tidak mengira bola akan masuk ke gawang.

Sebuah gol gila yang sangat fantastis.


5. Tim Howard

Tim Howard berhasil membuat pencinta sepakbola dunia berdecak kagum dan akan selalu ingat pada dirinya.

Howard mencetak gol jarak jauh dari area pertahanannya saat timnya Everton berlaga melawan Bolton Wanderers dalam cuaca berangin.

Tendangan kerasnya membuat bola melambung di dalam garis gawang Bolton sebelum akhirnya terpental keluar dan menghampiri penjaga gawang Bolton Adam Bogdon.

Meskipun Howard tidak merayakan golnya namun gol itu termasuk yang gila yang pernah dicetak seorang penjaga gawang. 

Rogerio CeniTim HowardAsmir BegovicMartin HensenPaul Robinson

Berita Terkini