x

7 Negara Penyumbang Gol Terbanyak di Liga Champions

Sabtu, 7 November 2015 16:11 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha

Liga Champions menjadi kompetisi paling bergengsi yang diidamkan setiap klub untuk bertanding dan meraih gelar juara. Ketatnya persaingan membuat setiap tim, dan pemain, rela melakukan apapun. 

Bagi pemain, unjuk gigi di ajang ini juga memberi harga yang tak ternilai. Sebab tak semua pemain bisa tampil bahkan sekali seumur hidup mereka. 

Namun meski merupakan kompetisi antar klub, negara-negara yang menjadi asal para pemain juga kecipratan gengsi. Mereka juga bisa tampil percaya diri dalam kompetisi antar negara saat diperkuat oleh pemain yang tampil di ajang Liga Champions. 

Hingga pekan keempat gelaran Liga Champions sejauh ini, sejumlah negara tercatat memiliki pemain yang banyak mencetak gol, untuk timnya masing-masing, di ajang ini. Berikut adalah daftarnya:


1. Belgia

Belgia berada diurutan paling bontot dalam daftar ini. Pemainnya, Maxime Lestienne, yang membela PSV Eindhoven, adalah pemain yang terbanyak mencetak gol sejauh ini dengan koleksi 2 gol.

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, baru mencetak satu gol. Namun dia punya andil besar saat City menjalani babak kualifikasi. Thomas Foket (KAA Gent), Thomas Matton (KAA Gent), Sven Kums (KAA Gent) dan Axel Witsel (Zenit), masing-masing menyumbang satu gol untuk tim mereka. 


2. Argentina

Argentina mencetak total 7 gol di ajang Liga Champions sampai pekan keempat ini. Nicolas Gaitan yang mencetak 3 gol untuk Benfica menjadi pemain paling banyak yang mengoleksi gol. 

Angel Di Maria mencetak 1 gol untuk PSG. Sergio Aguero juga mencatatkan namanya untuk 1 gol Manchester City. Ever Banega (Sevilla) dan Angel Correa (Atletico Madrid) yang sama-sama menyumbang 1 gol melengkapi koleksi Argentina.


3. Prancis

Para pemain Prancis telah menyumbang total 10 gol untuk masing-masing tim mereka. Olivier Giroud (Arsenal) dan Antoine Griezmann (Atletico Madrid) menyumbang masing-masing 2 gol. 

Striker anyar MU, Antony Martial, mengukir satu gol, sama dengan striker Real Madrid, Karim Benzema. Kevin Gameiro (Sevilla), Christophe Jallet (Lyon), Alexandre Lacazette (Lyon) dan Benoit Tremoulinas (Sevilla) juga mencatatkan namanya sebagai penyumbang 1 gol untuk masing-masing klub mereka.


4. Portugal

Para pemain Portugal telah mengumpulkan 11 gol di ajang Liga Champions. Superstar Real Madrid, Cristiano Ronaldo, telah tampil impresif dengan mencetak 5 gol, dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions. 

Gelandang FC Porto, Andre Andre menjadi aset utama klubnya dengan mencetak 2 gol. Andre Gomes (Valencia), Danny (Zenit), Goncalo Guedes (Benfica) dan Joao Cancelo (Valencia) menyumbang masing-masing satu gol.


5. Spanyol

Torehan gol para pemain Spanyol setara dengan koleksi Portugal, yaitu 11 gol. Alvaro Morata menjadi penyumbang gol terbanyak dengan 2 gol, dan menjadi pemain yang bersinar bagi Juventus, yang musim ini tampil buram. 

Diego Costa dan Cesc Fabregas telah mencetak satu gol bagi Chelsea. Juan Mata (Manchester United), Iago Falque (Roma), Nacho Fernandez (Real Madrid), Oliver Torres (Atletico Madrid), Saul Niguez (Atletico Madrid), Sergi Roberto (Barcelona) dan Cristian Tello (FC Porto) juga mencetak masing-masing satu gol. 


6. Jerman

Para pemain Jerman telah mencetak total 13 gol bagi klub yang mereka bela.  Thomas Mueller telah 4 kali membobol gawang, sementara Mario Gotze mengoleksi 2 gol bagi klub mereka, Bayern Muenchen. 

Andalan Galatasaray, Lukas Podolski, mencetak dua gol bagi klubnya. Dia juga masih akan menjadi tumpuan raksasa Turki tersebut dalam dua laga babak penyisihan grup ke depan.

Max Kruse, Daniel Caliguiri dan Julian Draxler samaosama mencetak satu gol untuk Wolfsburg. Mesut Ozil (Arsenal) dan Lars Stindl (Borussia Monchengladbach) menjadi pemain Jerman lain yang menyumbangkan golnya.


7. Brasil

Tak mengejutkan jika Brasil menjadi negara yang menyumbang gol terbanyak di Liga Champions. Para pemain asal Brasil telah mencetak 17 gol bagi masing-masing klub yang mereka bela. 

Pemain Zenit St. Petersburg, Hulk dan pemain tengah Chelsea, Willian, menyumbang masing-masing tiga gol. Sementara bintang Barcelona, Neymar Jr, mencetak 2 gol.

Douglas Costa mencetak 1 gol bagi Bayern Muenchen, tapi ia memberi kontribusi besar bagi timnya. Alex Teixeira (Shakhtar Donetsk), David Luiz (PSG),  Fernandinho (Manchester City), Jonas (Benfica), Junior Moraes (Dynamo Kiev), Luisao (Benfica), Maicon (FC Porto) dan Oscar (Chelsea) adalah para pemain Brasil yang juga menyumbang masing-masing 1 gol. 

Cristiano RonaldoSpanyolPrancisArgentinaJermanWillianBrasilLiga ChampionsAngel di MariaThomas MuellerMario GotzeKevin De Bruyne

Berita Terkini