x

7 Suksesor Sementara Jose Mourinho

Senin, 9 November 2015 04:15 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Galih Prasetyo

Sejak awal hingga memasuki pertengahan musim 2015/16 ini, Jose Mourinho dianggap gagal memberikan yang terbaik untuk klub London Barat tersebut, sehingga tidak heran jika posisinya semakin tidak aman.

Meski cukup banyak yang percaya jika pelatih berjuluk The Special One ini masih diberikan kesempatan, tetapi tidak sedikit juga yang menilai ia akan segera angkat koper dalam waktu dekat.

Terlebih kompetisi Liga Primer Inggris sudah tidak asing lagi dengan pemecatan pelatih dalam waktu singkat. Beberapa nama penggantinya, seperti Pep Guardiola, Diego Simeone, dan sejumlah nama lain telah dipersiapkan untuk menjadi suksesornya.

Namun rasanya, nama-nama tersebut tidak akan langsung menggantikannya mengingat mereka sendiri masih membesut klub masing-masing.

Sehingga pihak The Blues tentu ‘hanya’ mencari pelatih sementara jika Mourinho benar-benar dipecat dalam waktu dekat.

Berikut ini sejumlah nama pelatih sementara yang besar kemungkinan akan mengisi kursi pelatih Chelsea versi INDOSPORT


1. Steve Holland

Steve Holland kini menjabat sebagai asisten pelatih utama Mourinho, beberapa kali juga ia terlihat memberikan beberapa arahan untuk para pemain saat sedang bertanding. Contoh yang paling dekat adalah pada pertandingan kemarin melawan Stoke, dimana Mourinho terkena sanksi. Tentunya, Holland yang telah menjadi asisten pelatih di Chelsea sejak tahun 2011 sudah mengenal karakter klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut.


2. Rui Faria

Sama seperti Holland, Rui Faria juga merupakan asisten pelatih di Chelsea dan ia juga turut berperan memberikan masukkan kepada Mourinho saat mengantarkan The Blues menjadi juara di musim lalu. Ia pun juga berpotensi menggantikan Mou, mengingat dirinya pernah berada di Chelsea saat periode pertama The Special One berada di klub London Barat.


3. Guus Hiddink

Sosok nama yang satu ini memang tidak asing lagi, ia memang telah santer dibicarakan untuk menjadi suksesor Mourinho. Bahkan, pria yang pernah menjadi pelatih Chelsea di tahun 2009 ini juga pernah mengantarkan The Blues menjuarai Piala FA. Ia pun telah mengaku berminat untuk kembali melatih John Terry dan kawan-kawan.


4. Andre Villas-Boas

Villas-Boas pun pernah membesut Chelsea di musim 2010/11. Ia juga sempat gagal membawa The Blues di awal musim. Salah satu penyebabnya adalah, dirinya tidak disukai oleh para pemain senior Chelsea, yang kala itu usianya tidak berbeda jauh dengannya.

Kini, para pemain dalam tubuh Chelsea menyisakan John Terry dan Branislav Ivanovic. Sejumlah nama baru pun tampaknya dapat menghormatinya. Villas-Boas kini masih membesut klub asal Rusia, Zenit St. Petersburg. Namun bukan tidak mungkin jika pelatih asal Portugal ini sepakat untuk mencoba peruntungan keduanya di Stamford Bridge.


5. Roberto Di Matteo

Nama pelatih berkebangsaan Italia ini, pernah menjadi pujaan bagi para penggemar Chelsea. Ya, menjadi pelatih sementara menggantikan peran Andre Villas-Boas, Di Matteo pernah membangkitkan semangat Chelsea dan yang tentunya paling diingat adalah, ia berhasil menyumbangkan gelar Liga Champions di tahun 2012. Kini, ia telah menganggur, terakhir ia melatih klub asal Jerman, Schalke 04. Tentunya, racikan tangan pria berusia 45 tahun ini diharapkan dapat membangun Chelsea kembali.


6. Gianfranco Zola

Nama Gianfranco Zola tentunya tidak akan pernah dilupakan oleh publik Stamford Bridge. Zola pernah menjadi tulang punggung The Blues dan menjadi momok bagi klub lawan manapun. Bahkan, Chelsea menghormatinya dengan memensiunkan nomor punggungnya 25. Dirinya juga pernah berujar ingin membesut The Blues andai kursi pelatih benar-benar kosong. Kini, Zola tengah melatih klub asal Liga Qatar, yakni Al-Arabi. Bukan tidak mungkin jika 


7. Adrian Viveash

Nama sosok yang satu ini memang asing terdengar dalam dunia sepakbola. Adrian Vievash besar kemungkinan akan menjadi opsi paling akhir jika kandidat lain menolak. Vievash merupakan pelatih tim Chelsea U21 dan ia bisa saja menjadi pelatih tim senior andai asisten pelatih Jose Mourinho, yakni Steve Holland dan Rui Faria. Sisi positifnya adalah, The Blues mungkin dapat mempromosikan para pemain mudanya ke tim senior.

ChelseaJose MourinhoGuus HiddinkAndre Villas-BoasRoberto Di MatteoGianfranco Zola

Berita Terkini