x

(VIDEO) 12 Gol Bunuh Diri Paling Memalukan dalam Sejarah

Kamis, 12 November 2015 17:00 WIB
Editor: Ramadhan

Masih ingat gol bunuh diri bek kiri timnas Brasil, Marcelo pada laga pembuka Piala Dunia 2014 Brasil tahun lalu melawan Kroasia? Ya, gol bunuh diri Marcelo ke gawang sendiri yang dikawal Julio Cesar dianggap sebagai insiden yang memalukan.

Sebelum Marcelo, para pesepakbola legendaris juga lebih dulu melakukan hal yang sama seperti pemain Real Madrid tersebut dan bahkan lebih mengerikan. Misalnya saja gol bunuh diri yang dilakukan Escobar yang berujung dengan kematian sang pemain karena ditembak.

Berikut INDOSPORT merangkum 12 gol bunuh diri paling memalukan dalam sejarah.


1. Lee Dixon - Arsenal vs Coventry (1991)

Bek kiri Arsenal, Lee Dixon melakukan kesalahan yang memalukan. Saat menguasai bola di barisan pertahana, Dixon justru melepaskan back pass lambung yang tak bisa dijankau sang kiper. Bola pun tanpa ampun langsung masuk ke gawang sendiri.


2. Wayne Hatswell - Forest Green vs Morecambe (2001)

Berniat untuk membuang bola dari mulut gawang sendiri, Wayne Hatswell justru mencetak gol bunuh diri ke gawang sendiri dengan cara yang fantastis. Padahal saat itu Hatswell sudah menguasai bola. Namun akhirnya Hatswell melepas sepakan sangat keras ke dalam gawang sendiri.


3. Lauren - Arsenal vs Manchester City (2003)

Bek Arsenal, Lauren benar-benar akan menyesali aksi gol bunuh dirinya ke gawang sendiri. Lauren yang berusaha menjaga bola dari kejaran lawan justru ditempel ketat oleh lawan. Saat Lauren ingin membuang bola, ia justru melepaskan sepakan ke dalam gawang sendiri.


4. Festus Baise - Sun Hei SC vs Citizen AA (2011)

Andai gol yang dicetak Festus Baise di lesakkan ke gawang lawan, mungkin gol tersebut akan menjadi gol terbaik dalam sejarah. Namun, gol Festus dengan lompatan kalajengking justru ia cetak ke gawang sendiri saat ingin menghalau umpan crossing lawan.


5. Jamie Pollock - Manchester City vs Queens Park Rangers (1998)

Jamie Pollock mungkin tak melihat posisi kiper timnya saat situasi tengah ditekan. Jamie memberikan kembali bola ke kiper timnya dengan sundulan. Sayangnya, bola sundulan Jamie ke arah rekannya itu terlalu tinggi dan tak bisa dijangkau sang kiper. Gol bunuh diri pun tak bisa dihindari.


6. Chris Brass - Bury vs Darlington (2006)

Saat ingin membuang bola dari area gawang sendiri di dalam kotak penalti, bola hasil sepakan Chris Brass ke arah belakang justru mengenai tepat kepalanya dan langsung menghujam gawang sendiri.


7. Andres Escobar - Kolombia vs USA (1994)

Barangkali Andres Escobar dianggap sebagai pemain yang mencetak gol bunuh diri paling fenomenal dalam sejarah.

Melawan Amerika Serikat di Piala Dunia, Escobar justru mencetak gol ke gawang timnya sendiri, Kolombia. Saat itu Escobar berusaha untuk menahan laju bola yang dilepaskan lawan di area kotak penalti. Namun, bola berubah arah dan masuk ke gawang sendiri.

Kolombia kalah 2-1 atas AS dan Escobar ditembak mati akibat terjadinya gol bunuh dirinya tersebut.


8. Pavol Durica - FC Fehervar v Debrecen DVSC (2008)

Mungkin gol bunuh diri Pavol Durica menjadi salah satu yang paling memalukan. Saat kiper timnya berhasil menghalau bola dari sepakan penalti lawan, Pavol justru gagal membuang bola yang justru masuk ke gawang sendiri.


9. Peter Enckelman - Aston Villa v Birmingham City (2002)

Peter Enckelman mungkin sedang mengantuk saat gagal mengontrol bola hasil lemparan ke dalam rekannya. Saat menerima bola hasil lemparan ke dalam dari rekan setimnya, Peter yang berdiri sebagai penjaga gawang gagal menyentuh bola dan bola bergulir deras ke dalam gawang.


10. Gareth Bale - Tottenham vs Liverpool (2012)

Meski Bale tak sengaja menceploskan bola ke gawang sendiri saat melawan Liverpool, namun gol bunuh diri tersebut akan selalu menghantui Bale.

Gol bunuh diri tersebut terjadi saat situasi sepak pojok yang diambil Liverpool. Saat pemain Tottenham ingin membuang bola dari mulut gawang, bola tersebut justru mengenai kepala Bale yang berada tepat di mulut gawang sehingga bola langsung merobek gawang sendiri.


11. Marcelo - Brasil vs Kroasia (2014)

Posisi Marcelo yang ditutupi rekan setim dan lawan-lawannya di mulut gawang membuat bek kiri Real Madrid tersebut gagal menghalau bola dari hasil umpan tarik pemain Kroasia di sisi kanan pertahanan Brasil.

Marcelo justru menggiring bola masuk ke gawang sendiri yang dikawal Julio Cesar pada laga pembuka Piala Dunia 2014 antara Brasil vs Kroasia. Pada laga itu, Brasil menang 3-1 atas Kroasia.


12. Cristiano Ronaldo - Granada vs Real Madrid (2013)

Malang betul nasib Real Madrid saat dikalahkan Granada 1-0. Sialnya satu-satunya gol bagi Granada justru bukan dicetak oleh pemain mereka sendiri melainkan dari aksi fantastis Ronaldo.

Ronaldo berusaha menghalau bola hasil sepak pojok Granada. Namun, sundulan Ronaldo justru berbuah petaka karena masuk ke dalam gawang sendiri yang dikawal Iker Casillas.

Cristiano RonaldoMarceloGareth BaleAndres EscobarLee DixonWayne HatswellLaurenFestus BaiseJamie PollockChris BrassPavol DuricaPeter Enckelman

Berita Terkini