x

3 Pelatih Tersukses yang Dimiliki Indonesia

Sabtu, 21 November 2015 12:24 WIB
Editor: Randy Prasatya

Mungkin sudah banyak orang yang mengatakan jika pemain sepakbola Indonesia memilik bakat yang bagus dalam mengolah sikulit bundar. Bahkan, tak jarang para pemain sepakbola Indonesia mendapat pujian oleh beberapa pelatih asing yang berkunjung ke tanah air.

Hal tersebut tentu saja tak lepas dari keberhasilan beberapa klub Indonesia meraih trofi di kompetisi dan turnamen domestik. Raihan itu juga berpengaruh dari racikan taktik para pelatih dalam menjalani tiap-tiap pertandingan. Bahkan, sebagaian pelatih asal Indonesia masih tetap dapat bersaing dengan pelatih asing yang membesut klub Indonesia meski kondisi liga tak menentu.

Sejauh ini pun INDOSPORT menilai ada tiga pelatih asal Indonesia yang dinilai layak sebagai pelatih terbaik. Siapa saja mereka?


1. Djajang Nurjaman

Pria yang akrab disapa Djanur ini disinyalir menjadi satu-satunya pelatih Persib yang mampu meraih banyak trofi, baik bertajuk kompetisi maupun turnamen.

Dia berhasil meraih empat tofi ketika direkrut Persib sejak musim 2013. Semasa kepelatihanya, Djanur membuka perjalanan suksesnya saat meraih trofi Celebes Cup II 2012 menjelang musim 2013 bergulir.

Selanjutnya dia berhasil memberikan gelar ISL pada 2014, Turnamen Walikota Padang 2015 dan trofi Piala Presiden 2015.


2. Benny Dollo

Pria yang akrab disapa Bendol ini telah dua kalo melatih timnas Indonesia, pertama pada periode 2000-01 dan kedua pada periode 2008-10. Selama melatih timnas, dia baru menyumbangkan satu gelar juara, yaitu Piala Kemerdekaan pada 2008.

Sedangkan saat melatih di level klub, dia menuai sukses pada era galatama. Saat itu dia membawa Pelita Jaya meraih juara sebanyak tiga kali, pada 1988/89, 1990 dan 1993/94. Kesuksesan di level klub lainnya saat membawa Arema meraih juara Divisi Satu Liga Indonesia pada 2004 dan juara Copa Indonesia pada 2005 dan 2006.


3. Rahmad Darmawan

Pria kelahiran Lampung ini adalah mantan pemain sepakbola Indonesia yang saat ini berkarier sebagai pelatih sepakbola.

Selama menjadi pelatih, dia telah meraih dua gelar Liga Indonesia bersama Persipura Jayapura 2005, dan Sriwijaya FC. Selain itu dia juga telah meraih tiga gelar Copa Indonesia bersama Sriwijaya.

Rahmad DarmawanBenny Dollo

Berita Terkini