x

Deretan 10 Pesepakbola Berkacamata

Sabtu, 21 November 2015 20:00 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Sebagai pesepakbola profesional, sejumlah pesepakbola mengeyampingkan kekurangan pada dirinya. Para pesepakbola ini memiliki sedikit kelainan pada indra penglihatannya hingga membuatnya menggunakan kacamata. 

Meski menggunakan kacamata, sejumlah pesepakbola ini tetap bermain layaknya pesepakbola yang tidak menggunakan kacamata, meski ada saja kejadian tidak mengenakkan yang menimpa mereka karena menggunakan kacamata saat bermain sepakbola. 

Berikut deretan pesepakbola berkacamata versi INDOPSPORT:


1. Jef Jurion

Eks gelandang RSC Anderlecht, Jef Jurion ialah salah satu pesepakbola yang menggunakan kacamata. Pesepakbola di era 60-an ini cukup produktif meski menggunakan kacamata saat bermain sepakbola. Di Anderlecht, Jurion tercatat bermain sebanyak 390 laga dan mencetak 73 gol. Pemain asal Belgia ini juga membela timnas Belgia dari 1955 hingga 1967, ia bermain sebanyak 64 kali dan cetak 9 gol. 


2. Joop van Daele

Selanjutnya ada nama bek asal Belanda yang bermain untuk klub Feyenoord, Joop van Daele. Daele tercatat sebagai pesepakbola yang menggunakan kacamata saat bermain. Sama dengan Jurion, Daele pun bermain cukup gemilang bersama Feyenoord. Ia tercatat bermain sebanyak 144 kali dan mencetak 6 gol.


3. Edgar Davids

Karena menderita glukoma, Davids harus selalu memakai kacamata hitam khusus saat bertanding yang menjadikannya salah satu pemain yang paling mudah dikenali pada era 90an. Setelah mengalami proses penyembuhan cedera selama dua tahun, Davids kembali memperkuat klub Crystal Palace dalam periode yang singkat sebelum pensiun pada umur 37.


4. Annibale Frossi

Selanjutnya pesepakbola berkacamata ialah eks pemain Inter Milan di era 30-an, Annibale Frossi. Frossi membela Inter kala klub tersebut masih bernama Ambrosiana-Inter. Di Inter, Frossi termasuk salah satu legenda. Berposisi sebagai penyerang, Frossi di Inter mengoleksi 40 gol dari 125 pertandingan yang dijalaninya. Selain Inter, Frossi juga tercatat pernah membela Bari, Udinese serta Como. Pensiun sebagai pemain, Frossi sempat melatih Inter Milan dari 1956 hingga 1957. 


5. Eric Ross

Pemain berkacamata selanjutnya ialah eks pesepakbola di liga Amerika Serikat, Eric Ross. Ross yang merupakan warga negara Irlandia Utara ini juga sempat membel Newcastle United. Di 1969, kala Ross membela klub divisi empat, Northampton Town, Ross mampu mencetak gol kala Northampton mengalahkan Man United 8-2 di ajang Piala FA. Kala itu Man United diisi oleh George Best serta Bobby Chartlon. 


6. Maurice Renier

Selanjutnya ada nama pemain asal Belgia yang berposisi sebagai pemain belakang, Maurice Renier. Renier tercatat sebagai pemain yang membela klub asal Belgia, Royal Antwerp di era 1960-an. 


7. Mario Verlijsdonk

Eks gelandang asal Belanda, Mario Verlijsdonk ialah pesepakbola berikutnya yang memiliki kacamata. Eks pemain PSV Eindhoven ini mampu mencetak 6 gol dari 73 penampilannya bersama PSV. Penampilan gemilang Verlijsdonk sebenarnya bukan PSV namun di VVV-Venlo, di Venlo, Verlijsdonk mencetak 43 gol dari 161 laga. 


8. Rinus Israel

Belanda memang memiliki sejumlah pemain berkacamata yang cukup banyak. Eks pemain Feyenoord, Rinus Israel merupakan pemain yang menggunakan kacamata saat bermain di lapangan hijau. Eks pemain belakang ini kemudian pensiun pada 1982 dan beralih profesi sebagai pelatih, sejumlah klub ia tangani seperti PAOK FC, Feyenoord serta timnas Ghana. 


9. Charles Skornik

Eks winger kiri asal Prancis, Charles Skornik merupakan pemain lain yang menggunakan kacamata saat bermain di lapangan hijau. Eks pemain Valenciennes menggunakan kacamata karena memiliki gangguan pada mata kanannya. Selama berkarir sepakbola dengan gunakan kacamata, Skornik tercatat mencetak 51 gol dan bermain sebanyak 31.537 menit. 


10. Rene Fioroni

Pemain Prancis lainnya yang juga menggunakan kacamata saat bermain ialah Rene Fioroni. Eks pemain Nice ini bermain sepakbola aktif dari 1965 hingga 1983. Menariknya dari Fiorini selama bermain di liga Prancis, ia belum pernah mendapat kartu kuning dan hanya mendapat satu kartu merah. 

Inter MilanEdgar DavidsJoop van DaeleJef JurionAnnibale Frossi

Berita Terkini