x

6 Pelatih Asing Tersukses di Sepakbola Indonesia

Rabu, 25 November 2015 14:19 WIB
Editor: Randy Prasatya

Sepakbola Indonesia terus digadang-gadang sebagai kawasan yang berpotensi akan maju. Aspek itu dapat dilihat dari fanatisme para penonton dan juga bakat-bakat pesepakbola yang dimilik Indonesia.

Bahkan, dari aspek tersebut sepakbola Indonesia telah banyak menarik perhatian pelatih asing untuk mau melatih di tanah Ibu Pertiwi. Semasa melatih klub ataupun tim nasional, para pelatih asing juga banyak yang menuai sukses.

Berikut akan kami ulas para pelatih yang sukses melatih sepakbola di Indonesia versi INDOSPORT.


1. Antun Pogacnik

Pogacnik merupakan pria yang lahir di Sarajevo dan bermain untuk timnas Yugoslavia. Semasa menjadi pemain dia tercatat berposisi sebagai bek.

Di era kepelatihan, pria yang tutup usia di Bali ini telah berhasil mengangkat nama Indonesia melalui cabang olahraga sepakbola pada era 1954-1963. Pogacnik berhasil mengantarkan Indonesia melaju ke babak semifinal Asian Games tahun 1954 dan 1958.

Tidak hanya sampai di situ, dia juga berhasil mempersembahkan dua trofi Piala Merdeka Malaysia tahun 1961 dan 1962, serta mengantar Indonesia ke perempat final Olimpiade di Melbourne 1956.


2. Anatoli Polosin

Polosin adalah seorang pelatih sepakbola berkebangsaan Rusia yang melatih Indonesia pada 1987-1991. Semasa kepelatihannya, kabrnya banyak pemain bintang Indonesia yang tak sanggup mengikuti metode pelatihan yang diterapkan pria kelahiran 1935 itu.

Pemain bintang seperti Fachry Husaini, Ansyari Lubis, hingga Eryono Kasiha bahkan sampai mundur dari timnas karena tak kuat dengan gemblengan fisik Polosin.

Namun, meski banyak pemain bintang yang mundur, Polosin justru dapat meraih sukses dengan hanya mengandalkan Ferry Raymond Hattu, Eddy Harto, Sudirman, hingga Robby Darwis.

Selain itu, kesuksesan meracik komposisi pemain diiringi dengan keberhasilannya meraih medali emas di SEA Games Manila 1991.


3. Henk Wullems

Pelatih asal Belanda ini telah menuai sukses di persepakbolaan Indonesia. Dia pun tercatat sebagai pelatih asing pertama yang mampu menyabet gelar juara di era kompetisi Liga Indonesia.

Trofi jura dipersembahkan Wullems saat membesut Mastran Bandung Raya pada 1995/1996. Selanjutnya dia berhasil membawa PSM Makassar meraih juara di Liga Indonesia VI pada 1999/2000.

Untuk di level timnas, dia hanya mampu mempersembahkan medali perak untuk Indonesia pada ajang SEA Games 1997 di Jakarta.


4. Sergei Dubrovin

Sergei bisa dikatakan sebagai pelatih asing tersukses kedua di level klub saat era Ligina. Kala itu dia berhasil membawa Petrokimia Putra menjadi juara Liga Indonesia VIII 2002.


5. Robert Rene Alberts

Pertama melatih di Kompetisi Indonesia ia sukses membawa Arema Indonesia juara Liga Super Indonesia 2009-10 dan Runner up Piala Indonesia 2010. Rene juga mampu menguasai Bahasa Belanda, Bahasa Swedia, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Perancis, dan sedikit Bahasa Indonesia.


6. Jacksen F. Tiago

Pria asal Brasil ini bisa dikatakan sebagai pelatih asing tersukses di level klub Indonesia. Dia berhasil mempersembahkan trofi Liga Indonesia X pada 2004 bersama Persebaya, serta tiga gelar ISL bersama Persipura (2008/2009, 2010/2011, dan 2013).

IndonesiaRobert Rene AlbertsJacksen F. TiagoSergei DubrovinHenk WullemsAnatoli PolosinAntun Pogacnik

Berita Terkini