x

5 Klub Ini Memiliki Logo Mirip Barcelona

Sabtu, 28 November 2015 06:23 WIB
Editor: Joko Sedayu

Barcelona memang bukan klub tertua di dunia, dan bukan juga klub paling sukses di dunia, namun tidak perlu diperdebatkan lagi jika dalam satu dekade terakhir klub asal Catalan itu menjadi magnet dari para pencinta sepakbola di seluruh muka bumi.

Ya, Barcelona pada musim 2014/15 berhasil meraih treble winners untuk kedua kalinya setelah sebelumnya mengukir prestasi gemilang tersebut pada 2008/09. Alhasil, banyak klub-klub di dunia lainnya yang ingin meniru prestasi dari klub yang berdiri pada 1899.

Uniknya, klub-klub di belahan dunia lainnya juga ada yang meniru logo Barcelona. Klub mana saja yang memiliki logo mirip Barcelona? Berikut 5 klub yang memiliki logo mirip Barcelona versi INDOSPORT.


1. Steaua Bucharest

Logo Steaua Bucharest saat ini sebenarnya sudah berbeda jauh dengan logo Barcelona. Setelah klub kembali dimiliki oleh Departemen Pertahanan Nasional, pada Januari 2015 klub asal Rumania itu menggunakan logo berupa perisai lingkaran dengan bintang segi delapan dan huruf FCSB.

Sebelumnya Steaua memang memiliki logo mirip Barcelona. Klub yang menjuarai Piala Champions Eropa (sekarang Liga Champions) musim 1985/86 itu menggunakan perisai seperti Barcelona pada periode 1974-1991 dan sejak 2003 hingga awal Januari 2015.


2. Sassuolo

Ketika Sassuolo promosi ke Serie A Italia untuk pertama kalinya pada musim 2013/14, hal pertama kali yang menjadi pertanyaan pencinta sepakbola dunia adalah logo klub berjuluk Neroverdi tersebut. Sassuolo menggunakan logo perisai seperti milik Barcelona.

Logo Sassuolo menjadi terlihat seperti menjiplak milik Barcelona di mana letak pembagian pada perisai. Pada posisi atas dibagi menjadi dua bagian, yakni kiri dan kanan. Lalu di bawah, setelah tulisan U.S. Sassuolo, terdapat gambar bola, sama seperti milik Barcelona.

Yang membedakan logo Sassuolo dan Barcelona adalah jelas warnanya. Lalu gambar pada bagian kiri atas logo dan bentuk bola pada bagian bawah.


3. Otelul Galati

Desain ulang logo klub Otelul Galati ternyata membuat manajemen klub Barcelona murka. Demi memperingati 50 tahun klub, Otelul Galati mendesain ulang logo mereka pada musim lalu, namun logo baru tersebut sangat mirip dengan logo perisai dari Barcelona.

Pada logo tersebut klub asal Rumania itu menggunakan warna merah putih biru ciri khas mereka. Pada bagian tengah atas terdapat bola dengan angka 50, menandakan usia klub tersebut. Pada bagian tengah terdapat tulisan Fotbal Club Otelul, dan pada bagian bawah garis vertikal merah putih.


4. Surabaya United

Ternyata dari Indonesia juga ada klub yang memiliki logo mirip dengan milik Barcelona. Klub itu adalah Surabaya United, yang membuat desain logo klub seperti milik Barcelona setelah berganti nama dari Bonek FC dan sebelumnya Persebaya United.

Nama dan logo baru klub yang dipimpin Gede Widiade ini juga menggunakan bentuk perisai yang mirip dengan yang digunakan Barcelona. Pada bagian atas logo terdapat gambar Hotel Majapahit Surabaya (dulu Hotel Yamato). Pada bagian tengah terdapat tulisan Surabaya United dan bagian bawah terdapat maskot Buaya dan Ikan Hiu serta dua buah bola.


5. Persebo Bondowoso

Terakhir, klub Indonesia yang juga menggunakan logo mirip dengan Barcelona adalah Persebo Bondowoso. Klub asal Jawa Timur ini menggunakan bentuk perisai namun tidak sama persis seperti Barcelona.

Akan tetapi, pada pembagian di dalam logo, Persebo menggunakan desain yang hampir sama dengan Barcelona, yakni pada bagian atas terbagi menjadi dua bagian dan nama klub di bagian tengah. Lalu, desain bola yang digunakan Persebo sama dengan yang digunakan oleh Barcelona.

BarcelonaSassuoloSteaua BucharestOtelul GalatiSurabaya UnitedPersebo Bondowoso

Berita Terkini