x

Messi dan 4 Pesepakbola yang Peduli ke Penderita AIDS

Selasa, 1 Desember 2015 06:58 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Kampanye untuk memberikan kepedulian kepada penderita AIDS banyak dilakukan oleh banyak pihak. Jauhi penyakitnya namun jangan jauhi penderitanya. Tagline tersebut jadi jargon yang selalu disampaikan di hari AIDS sedunia yang diperingati pada 01 Desember. 

Meski begitu masih banyak perilaku diskiriminatif yang banyak diterima oleh penderita AIDS karenanya sejumlah organisasi mencoba untuk mengetuk sejumlah publik figure untuk berkampanye memberikan kepedulian kepada penderita AIDS. Sejumlah pesepakbola top dunia tercatat berpartisipasi beri kepedulian kepada para penderita AIDS, salah satunya Lionel Messi. 

Berikut 4 kawan Lionel Messi yang memiliki kepedulian kepada para penderit AIDS: 


1. Lionel Messi

Dalam perannya sebagai duta UNICEF, salah badan Perserikatan bangsa-bangsa (PBB) yang konsen pada anak-anak di dunia, Lionel Messi memiliki kepedulian kepada para penderita AIDS utamanya mereka yang berasal dari anak-anak. 

Pada 2010 saat gempa hebat mengguncang Haiti, Messi datang ke Haiti dan memberikan kepedulian yang besar kepada para penderita AIDS dari kalangan anak-anak dari negara tersebut. Messi bahkan mendirikan organisasi bernama Leo Messi Foundation yang memberikan pelayanan kesehatan, pendidikan kepada penderita AIDS tanpa dipungut biaya. 


2. Jack Wilshere

Hal serupa seperti yang dilakukan oleh Lionel Messi juga dilakukan oleh gelandang Arsenal, Jack Wilshere. Wilshere yang tercatat berstatus sebagai duta UNICEF sempat mengunggah video yang berisi kekhawatirannya pada penyebaran penyakit AIDS yang menjangkit sejumlah anak-anak di dunia. Dalam video, Wilshere berujar, 

"Karena AIDS, sejumlah anak-anak di dunia bahkan tidak bisa merayakan ulang tahun mereka. Kampanye ini untuk para penderita agar mereka mendapat simpatik dan kepedulian dari kita. Kita harus menjaga anak-anak dari serangan penyakit ini," kata Wislhere.


3. David Beckham

Satu lagi duta UNICEF yang juga sangat konsen untuk memerangi penyebaran penyakit AIDS di dunia yakni David Beckham. Sudah lebih dari satu dekade, suami dari Victoria Beckham ini bekerja sebagai duta UNICEF serta menjadi relawan di United for Childer, Unite Against AIDS. Beckham bahkan tercatat sebagai anggota dari yayasan yang didirikan oleh penyanyi Elton John untuk penderita AIDS, Yayasan Elton John AIDS. 

Sangat sering eks Man United, Real Madrid serta PSG ini mengadakan laga amal untuk para penderita AIDS yang tersebar luas di benua Afrika. Bekcham bahkan tak segan untuk datang langsung ke tempat-tempat yang terindikasi memiliki jumlah penderita AIDS terbanyak. 


4. Michael Ballack

Eks pemain Chelsea asal Jerman, Michael Ballack tercatat sebagai salah satu pesepakbola yang tergabung dalam UNAIDS, sebuah organisasi yang konsen pada penderita AIDS di dunia. Di 2009 kala ia masih aktif bermain di Chelsea, Ballack berkampanye agar para penderita AIDS mendapat kepedulian dari kita yang tidak terjangkit. 

Ballack dalam kampanye tersebut menekankan bahwa perlawanan untuk menghentikan penyebaran epidemi AIDS wajib dilakukan bersama dari lingkungan terdekat yakni keluarga. Ballack juga membuat situs yang berisi kepeduliannya tentang bahaya penyakit AIDS yakni www.michael-ballack.com


5. Emanuelle Adebayor

Selain Ballack, pesepakbola yang juga terdaftar di UNAIDS ialah eks penyerang Arsenal dan Tottenham Hotspur, Emanuelle Adebayor. Penyerang asal Togo ini juga berpartisipasi aktif kala Ballack berkampanye bahaya penyakit AIDS serta kepedulian kepada para penderita. Adebayor konsen pada kampanye peduli penderita AIDS sudah dilakukannya saat masih bermain untuk Man City. Bahkan direktur Eksekutif UNAIDS, Michel Sidibe sempat berkunjung ke City untuk bersama Adebayor mengkampanyekan kepedulian pada penderita AIDS. 

Lionel MessiMichael BallackDavid BeckhamEmmanuel AdebayorJack Wilshere

Berita Terkini