x

3 'Pasangan' yang Miliki Rivalitas Mirip Messi vs Ronaldo

Kamis, 3 Desember 2015 15:24 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Sejumlah pihak menyebut bahwa penghargaan Ballon d'Or di beberapa musim terakhir sangat membosankan. Pasalnya dua pesepakbola top dunia Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu masuk dalam nominasi dan hasilnya tentu salah satunya akan keluar sebagai pemenanang. 

Jauh sebelum persaingan antara Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi terdapat juga persaingan sejenis antara dua pesepakbola top dunia di jaman yang sama. Siapa saja mereka? berikut persaingan hebat dua pesepakbola top layaknya Ronaldo vs Messi versi INDOSPORT: 


1. Pele-Maradona

Mungkin persaingan antara Pele dan Maradona yang menjadi cikal bakal persiangan antara dua pesepakbola top dunia. Meski beda zaman, keduanya dianggap sebagai 'dewa' sepakbola di masing-masing negara mereka. Wajar memang pasalnya kedua pemain ini memberikan banyak gelar untuk negara mereka yang jadi kutub sepakbola dunia, Argentina dan Brazil. 

Dari torehan gol, Pele lebih unggul, ia tercatat mampu mencetak 650 gol di level klub sedangkan Maradona hanya mencetak 259 gol. Hebatnya lagi jumlah gol Pele dicetaknya hanya untuk 2 klub saja yang mereka bela. Sedangkan Maradona cetak gol tersebut di 6 klub yang berbeda. 

Dalam perolehan gelar di level klub, Maradona kembali kalah dari Pele. Maradona raih 3x juara sedangkan Maradona 7x juara liga lokal. Sedangkan di level timnas, Pele raih 3x gelar Piala Dunia sedangkan Maradona hanya 1x juara pada Piala Dunia 1986. 


2. Ronaldo-Zinedine Zidane

Di era 90-an dan awal 2000-an, muncul dua nama pesepakbola besar yang bersaing untuk jadi yang terbaik. Kedua pemain ini berbeda benua. Mereka ialah Ronaldo Luiz da Lima dari Brasil, penyerang hebat serta Zinedine Zidane dari Prancis, gelandang serang supercerdas. 

Ronaldo yang main di level klub sukses mencetak 280 gol dari 384 laga di 7 klub berbeda sedangkan Zidane cetak 95 gol di 4 klub berbeda. Keduanya kemudian main bersama di Real Madrid pada era Los Galaticos sesi pertama pada awal 2000-an. 

Di 1997, Ronaldo sukses meraih gelar Ballon d'Or namun selang setahun Zidane pecundangi Ronaldo dengan merebur Ballon d'Or serta meraih Piala Dunia 1998 dengan pecundangi Ronaldo di Brasil. Namun Ronaldo sukses mengangkangi Zidane untuk gelar Ballon d'Or pada 2002, sedangkan Zidane hingga ia pensiun tak lagi mampu meraih gelar Ballon d'Or. 


3. Roberto Baggio-Alessandro Del Piero

Pada awal 90-an di Italia terdapat persaingan ketat antara dua penyerang beda zaman yang dianggap pertarungan senior vs junior. Persaingan itu melibatkan Roberto Baggio kontra Alessandro Del Piero. Roberto Baggio yang sukses bersama Fiorentina lantas dibeli Juventus pada 1990. Baggio jalani karir cemerlang bersama tim Nyonya Tua selama tiga tahun namun di 1993 saat ia di puncak karir muncul rising star muda bernama Alessandro Del Piero. 

Kemunculan Del Piero bahkan membuat Baggio sangat marah. Perseteruan mereka pada akhirnya harus berakhir pada 1995. Baggio putuskan hijrah dari Juventus sementara Del Piero terus torehkan tinta emasnya bersama Juventus. Namun perseteruan keduanya belum berakhir. Di level timnas saling sikut untuk bisa jadi pilihan pertama. 

Untuk gelar individu, Baggio mampu pecundangi Del Piero. Baggio mampu meraih gelar Ballon d'Or pada 1993 silam sementara Del Piero belum pernah meraih gelar ini. Namun untuk gelar dari pemerintahan Italia, Del Piero unggul. Ia tercatat meraih Cavaliere Ordine al Merito della Repubblica Italian di 2000 dan Ufficiale Ordine al Merito della Repubblica Italiana pada 2006 sedangkan Baggio sendiri hanya mampu meraih Cavaliere Ordine al Merito della Repubblica Italiana pada 1991 silam. 

Cristiano RonaldoPeleZinedine ZidaneRoberto BaggioDiego MaradonaAlessandro Del PieroRonaldo

Berita Terkini