x

5 Pemain yang Masih Aktif Meski Sudah 'Renta'

Minggu, 13 Desember 2015 18:31 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Perkembangan sepakbola modern saat ini menuntut klub sepakbola memilih untuk memainkan para pemain berusia muda, selain tentu saja menjaga regenerasi tim dengan pembinaan pemain muda lewat akademi sepakbola. Namun meski persaingan di level pemain hanya sekitar sejumlah pemain muda, sejumlah pesepakbola yang memasuki usia tak muda ternyata masih berkarir di lapangan hijau. 

Sejumlah pemain ini bahkan disebut banyak orang sudah berhenti bermain bola karena sudah tak lagi terdengar kabar beritanya. Nyatanya, mereka masih aktif mengolah si kulit bundar di lapangan hijau. Siapa mereka? Berikut 5 pemain aktif meski sudah berumur versi INDOSPORT: 


1. Joe Cole

Di usai ke 16 tahun, Joe Cole sempat mendapat tawaran menggiurkan dari Man United. Kala itu, direksi Man United siap gelontorkan dana sebesar 10 juta poundsterling. Namun klub Cole saat itu, West Ham United menolak tawaran Man United. Joe Cole malah menyebrang ke Chelsea pada 2003 silam. Kecepatannya sebagai gelandang serang membuat Chelsea mendapat kejayaan. 

Joe Cole merupakan bagain sukses dari kejayaan Chelsea kala merebut 3 gelar liga Inggris, 3 gelar Piala FA, 2 Piala Liga Inggris serta 2 Community Shield. Setelah dari Chelsea, ia sempat bergabung bersama Liverpool dan menjajal liga Prancis bersama Llie. Meski saat ini sudah berusia 34 tahun, nyatanya Cole masih aktif bermain sepakbola. Joe Cole masih tercatat sebagai pemain Coventry City, klub yang bermain di divisi satu liga Inggris sebagai pemain pinjaman dari Aston Villa. 


2. Lassana Diarra

Sebagai gelandang jangkar, nama Lassana Diarra memiliki masa kejayaannya saat ia bermain di Chelsea serta Real Madrid. Di Real Madrid, Diarra menjadi bagian dari skuad yang mampu menjadi juara La Liga Spanyol pada musim 2011/12. Semusim sebelumnya, ia juga membantu El Real merebut gelar Copa de Rey. Menariknya kala merintis karir di Chelsea, Diarra juga sempat mendapat penghargaan sebagai pemain muda terbaik pada 2005/06. 

Usia kemudian membuat karir dari Diarra semakin menurun. Setelah dari Real Madrid, ia justru terdampar ke klub Rusia, Anzhi Makhachkala. Di klub tersebut, Diarra hanya mampu bermain sebanyak 18 kali. Eks pemain timnas Prancis ini kemudian menyebrang ke Lokomotiv Moskow. Publik banyak menganggap bahwa Diarra sudah gantung sepatu kala membela Lokomotiv namun ternyata di usia 30 tahun ia kembali ke Prancis dan membela Marseille. Di Marseille, Diarra sudah bermain sebanyak 13 kali dan cetak 1 gol. 


3. Heurelho Gomes

Kiper asal Brasil ini sempat membuat publik terbelalak matanya karena aksi fantastisnya bersama PSV di liga Champions musim 2004/05. Bagaimana tidak aksinya mengamankan gawang PSV dari serangan skuad AC Milan saat itu membuat PSV mampu keluar dari hadangan AC Milan. Setelah bermain gemilang bersama PSV, eks pemain Cruzeiro ini putuskan untuk bermain bersama Tottenham Hotspur. 

Di Spurs, penampilan Gomes juga cukup baik. Setidaknya Gomes masih bisa membawa tim asal London itu tetap sebagai bagian dari tim menengah di liga Inggris. Di akhir 2014, Gomes memutuskan untuk hengkang dari White Hart Lane, markas Spurs. Ia memutuskan menjajal atmosfer Bundesliga bersama klub 1899 Hoffenheim. Saat publik menyangka ia sudah pensiun di klub tersebut, Gomes yang kini berusia 34 tahun ternyata kembali ke liga Inggris dan membela klub divisi satu, Watford. 


4. Maxi Rodriguez

Pemain terakhir yang di tahun ini sudah berkepala tiga namun masih aktif bermain sepakbola ialah mantan pemain Liverpool, Maxi Rodriguez. Gelandang sayap yang juga mampu sebagai gelandang serang ini memulai karirnya di akademi sepakbola Newell's Old Boys. Ia lalu loncat ke tim senior pada 1999. Rodriguez kemudian hijrah ke Eropa tepatnya ke Spanyol dan bergabung dengan Espanyol pada 2002. Di Espanyol, Rodriguez memainkan 111 laga dan mencetak 26 gol. 

Terang saja aksi impresif dari Rodriguez ini membuat banyak klub besar Eropa bersaing untuk mendapatkannya, namun Rodriguez memilih ke Atletico Madrid dan kemudian bergabung bersama Liverpool. Di akhir 2012, Rodriguez dianggap sudah gantung sepatu usai kontraknya di Anfield tak diperpanjang. Namun ternyata Rodriguez yang kini berusia 34 tahun masih tercatat sebagai pemain dari klub Newell's Old Boys, klub pertamanya memulai karir sepakbola, sepertinya Rodriguez ingin pensiun di klub ini. 

Samuel Eto'oHeurelho GomesJoe ColeLassana DiarraMaxi Rodriguez

Berita Terkini