x

Starting XI Terbaik Britania Raya Versi Ronaldinho

Kamis, 17 Desember 2015 13:55 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Charles Emanuel Dominggus

Pada masa keemasannya, Ronaldinho yang pernah berseragam Paris Saint-Germain dan Barcelona hampir pasti pernah bertemu deretan pemain terbaik di Britania Raya yang meliputi Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Berdasarkan pengalaman tersebut, pria berambut kuncir ini memiliki pilihan tersendiri terkait siapa-siapa saja pesepakbola terbaik Britania Raya.

Dengan menggunakan formasi 4-5-1, berikut ini INDOSPORT menyajikan starting XI terbaik tim Britania Raya pilihan Ronaldinho sebagaimana dilansir dari DreamTeamFC.


1. Joe Hart

Entah mengapa Ronaldinho tidak memilih David Seaman dalam pilihannya.Mungkin bagi Ronaldinho Joe Hart merupakan penjaga gawang terbaik se-Britania Raya pada masa kini. Saat ini Hart tak hanya menempati posisi penjaga gawang utama timnas Inggris tetapi juga di klubnya, Manchester City.


2. Ashley Cole

Pemain ini matang dan terkenal bersama Arsenal, namun memiliki masa keemasan bersama Chelsea. Pemain yang berposisi bek kiri ini berhasil membantu The Blues mengangkat gelar Liga Primer Inggris, Piala FA, Piala Liga, dan Liga Champions.

Pada masa keemasannya, Cole dapat dikatakan sebagai salah satu bek kiri terbaik di dunia. Ia dikenal memiliki kecepatan di atas rata-rata serta kemampuan untuk membantu penyerangan. Tidak heran jika banyak bek kiri muda Timnas Inggris yang selalu menjadikannya sebagai inspirasi utama.

Kini Ashley Cole tengah memperkuat klub Ibukota Italia, AS Roma.


3. Gary Neville

Jika di sisi kiri ada Ashley Cole, maka di sisi kanan diambil alih oleh mantan kapten Manchester United, Gary Neville. Neville mempunyai kemampuan mengolah bola dengan baik. Tak hanya itu ia juga kerap kali cerdas saat memotong peluang tim lawan. Mungkin hal inilah yang membuat Ronaldinho terkesan.


4. John Terry

Memiliki keseimbangan badan yang kuat, serta selalu memenangi duel udara, hingga saat ini Terry pun masih menjadi andalan bagi timnya, Chelsea. Pada masa keemasannya, Ronaldinho dapat dikatakan tidak hanya sekali bertemu John Terry. Ronaldinho pun terkadang selalu kesulitan untuk melewati hadangan mantan kapten Timnas Inggris tersebut.


5. Rio Ferdinand

Timnas Inggris sungguh beruntung saat memiliki John Terry dan Rio Ferdinand yang sedang berada dalam kondisi prima. Keduanya sama-sama memiliki kesimbangan badan yang kuat. Jika Terry unggul dalam duel udara, maka Ferdinand unggul dalam kecepatan memotong pergerakkan lini serang tim lawan.


6. Ryan Giggs

Posisi sayap kiri dipercayakan kepada mantan pemain Manchester United lainnya yang kini menjabat sebagai asisten pelatih di klub tersebut. Pada masa keemasannya pria berkebangsaan Wales ini seringkali merepotkan lini pertahanan lawan. Bahkan, Giggs juga tidak segan-segan untuk membantu timnya bertahan ketika sedang diserang.


7. David Beckham

Sayap kanan diisi oleh legenda The Red Devils, yakni David Beckham. Kemampuan Beckham sudah tak diragukan lagi. Ronaldinho sendiri pernah menghadapi Beckham di lapangan saat keduanya sama-sama berseragam timnas. Tidak hanya itu, mereka juga pernah berduel ketika Beckham membela Real Madrid dan Ronaldinho di Barcelona. Meski pernah menjadi pesaing, Beckham yang memiliki akurasi umpan yang matang masuk dalam pilihan Ronaldinho.


8. Frank Lampard

Gelandang cerdik ini beberapa kali sering terlibat duel dengan Ronaldinho di antaranya ketika Chelsea menjumpai Barcelona di ajang Liga Champions. Pada masa keemasannya, Lampard beberapa kali mampu membantu mantan timnya tersebut untuk memecah kebuntuan.

Lampard yang kini bermain di pentas sepakbola Amerika (MLS) juga mempunyai akurasi umpan yang matang serta tendangan keras yang tak dapat dibendung dengan mudah oleh penjaga gawang lawan. Ronaldinho mempercayakan Lampard sebagai playmaker dalam tim terbaik pilihannya.


9. Paul Scholes

Paul Scholes dipercaya Ronaldinho untuk menemani Frank Lampard di sisi kanan. Scholes juga memiliki karakter bermain yang hampir serupa dengan Lampard. Bedanya, mantan penggawa Manchester United ini memiliki kecepatan yang lebih baik.


10. Steven Gerrard

Posisi second striker jatuh ke Steven Gerrard. Cukup aneh memang karena Gerrard sejatinya memiliki posisi yang sama seperti Frank Lampard ataupun David Beckham. Namun, tendangan dahsyat yang dimiliki oleh mantan penggawa Liverpool ini sepertinya menjadi daya tarik utama bagi Ronaldinho.


11. Wayne Rooney

Dapat dikatakan, salah satu penyerang terbaik yang dimiliki oleh Timnas Inggris adalah Wayne Rooney. Rooney memiliki kecepatan serta keseimbangan tubuh yang kuat untuk dapat berduel fisik dengan bek lawan. Ronaldinho pun memilih striker Manchester United ini sebagai penyerang tunggal untuk menghancurkan lini pertahanan tim lawan.

Frank LampardDavid BeckhamWayne RooneySteven GerrardAshley ColeRyan GiggsRio FerdinandGary NevilleRonaldinhoJohn TerryJoe HartPaul ScholesBritania Raya

Berita Terkini