x

10 Kiper Top Liga Primer Inggris

Minggu, 3 Januari 2016 12:04 WIB
Editor: Yohanes Ishak

Siapa yang meragukan kerasnya kompetisi Liga Primer Inggris? Berbagai serangan beraneka ragam dari setiap klub memiliki gaya yang sulit diprediksi, sehingga klub yang dipandang sebelah mata pun juga bisa meraih kemenangan atas klub yang lebih diunggulkan.

Tentunya, pemain yang berposisi sebagai penyerang lebih mendapat sorotan karena mampu memberikan hasil terbaik untuk setiap tim yang ia bela. Menariknya, tidak hanya striker, posisi paling terakhir dalam starting XI, pastinya juga tidak dapat dipandang sebelah mata.

Ya, posisi penjaga gawang juga memiliki peranan yang sama pentingnya dan dapat dikatakan sebagai pemain yang paling bertanggung jawab agar gawangnya tidak kebobolan. Tercatat sebanyak 10 kiper berhasil mencatatkan clean sheet atau menjaga gawangnya dengan baik dalam catatan yang cukup mengesankan. Siapa sajakah mereka?

Berikut ini deretan penjaga gawang Liga Primer Inggris yang sukses mencatatkan clean sheet terbanyak versi INDOSPORT.


1. Petr Cech

Meski sudah termakan usia, kemampuan penjaga gawang asal Republik Ceko ini tidak perlu diragukan lagi. Cech beberapa mampu membuat penyelamatan gemilang, terutama dalam pertandingan terakhir saat dirinya membela Arsenal melawan Newcastle United di akhir pekan ini.

Tercatat pemain 33 tahun ini sudah bermain sebanyak 353 penampilan dan mencatatkan 171 clean sheet. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai kiper tak kebobolan terbanyak di Liga Primer Inggris, di mana catatan tersebut lebih banyak ia raih bersama klub lamanya Chelsea.

Jumlah ini juga masih dapat bertambah lagi sampai Cech memutuskan untuk pensiun atau hengkang dari Liga Primer Inggris.

Berikut Catatan clean sheet Petr Cech bersama Chelsea dan Arsenal:

- Chelsea (162)

- Arsenal (9)


2. David James

Mantan penjaga gawang Timnas Inggris ini telah banyak membela sejumlah klub di Liga Primer Inggris dan tidak sedikit pula klub yang ia bela dibuat tidak kebobolan.

James yang mengakhiri karirnya di Liga Super India ini telah mencatatkan 169 clean sheet dalam 572 penampilan, catatan terbanyak ia raih saat membela Liverpool dan Portsmouth.

Berikut ini adalah klub yang pernah dibela David James bersama catatan tak kebobolannya.

- Liverpool (72)

- Aston Villa (21)

- West Ham (18)

- Manchester City (20)

- Portsmouth (39)


3. Mark Schwarzer

Penjaga gawang veteran asal Australia ini sepertinya sangat mencintai kerasnya kompetisi Liga Primer Inggris. Bagaimana tidak? Di usianya yang telah menginjak 43 tahun, Schwarzer masih turut ambil bagian dan membela klub kejutan Leicester City.

Tercatat dirinya sudah tampil sebanyak 514 pertandingan dan mencatatkan 152 clean sheet dengan 4 klub Liga Primer yang berbeda, dimana catatan terbanyak ia banyak torehkan bersama Middlesbrough dan Fulham.

Berikut ini klub yang pernah ia bela beserta catatan terbaiknya tersebut.

- Middlesbrough (93)

- Fulham (56)

- Chelsea (2)

- Leicester City (1)


4. David Seaman

Selain dapat dikatakan sebagai salah satu penjaga gawang terbaik Liga Primer, Seaman juga merupakan penjaga gawang terbaik yang dipunya oleh Timnas Inggris.

Saat masih aktif bermain, pemain yang kini telah berusia 52 tahun ini mencatatkan 142 clean sheets dalam 344 pertandingan, bersama klub yang melambungkan namanya, Arsenal.

Berikut ini adalah catatan terbaik karir David Seaman di Liga Primer Inggris.

- Arsenal (138)

- Manchester City (4) 


5. Nigel Martyn

Tentu tidak banyak yang mengetahui sosok dari Nigel Martyn, mantan penjaga gawang Timnas Inggris yang sempat melejit di pertengahan tahun 90-an dan awal 2000-an.

Nigel berhasil mencatatkan 138 kali tidak kebobolan dalam 372 pertandingan, di mana catatan tersebut banyak ia dapatkan bersama Leeds United.

Berikut ini adalah catatan yang pernaih diraih olehnya.

- Crystal Palace (25)

- Leeds United (82)

- Everton (31)


6. Pepe Reina

Meski jarang memberikan gelar bergengsi untuk satu-satunya klub yang ia bela di tanah Inggris, Liverpool, Pepe Reina juga tak bisa dipandang sebelah mata. Penjaga gawang asal Spanyol ini pernah menorehkan 134 kali tak kebobolan dalam 285 pertandingan yang ia lalui bersama The Reds. Kini, Reina tengah memperkuat klub asal Serie A Italia, Napoli.


7. Edwin van der Sar

Nama penjaga gawang asal Belanda ini merupakan salah satu kiper bersejarah milik Manchester United, di mana dirinya mampu beberapa kali melakukan penyelamatan yang menghindarkan The Red Devils dari kekalahan.

Menariknya, sebelum pindah ke Old Trafford, Van der Sar juga pernah memiliki catatan menawan saat masih membela Fulham, tercatat bersama dua klub tersebut dirinya pernah mengukir 134 clean sheet dalam 314 pertandingan.

- Fulham (42)

- Manchester United (92)


8. Brad Friedel

Mampu membaca arah bola serta memiliki pergerakkan yang cekatan membuat nama Brad Friedel cukup disegani oleh tim lawan manapun.

Penjaga gawang asal Amerika Serikat ini pernah mencatat 132 clean sheet dalam 450 pertandingan bersama 4 klub yang berbeda.

- Liverpool (6)

- Blackburn (77)

- Aston Villa (35)

- Tottenham Hotspur (14)


9. Tim Howard

Setiap pemain tentu tak selalu dapat menunjukkan peforma terbaiknya saat mengenakan seragam klub besar. Hal inilah yang dilakukan oleh penjaga gawang asal Amerika Serikat, Tim Howard.

Ia pernah tampil melempem bersama Manchester United, namun ia justru tampil memukau bersama Everton. Bersama kedua klub tersebut, Howard sukses mencetak 130 clean sheet dalam 389 penampilan.

- Manchester United (16)

- Everton (114)


10. Peter Schmeichel

Pada masa kejayaannya, nama Peter Schmeichel kerap membuat penyerang tim lawan frustasi akibat peluangnya berhasil dimentahkan.

Schmeichel juga dapat dikatakan sebagai penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki oleh Manchester United, total dirinya pernah melakukan 129 clean sheet dalam 310 pertandingan.

- Manchester United (113)

- Aston Villa (7)

- Manchester City (9)

Pepe ReinaTim HowardPetr CechDavid JamesPeter SchmeichelLiga Primer InggrisMark SchwarzerBrad FriedelEdwin Van der sarDavid SeamanNigel Martyn

Berita Terkini