x

7 Aksesoris Sepak Bola yang Jarang Diketahui

Sabtu, 11 April 2020 10:18 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Pemain megabintang klub Serie A Italia, Juventus, Cristiano Ronaldo menggunakan ikat kepala atau bandana saat bertanding.

INDOSPORT.COM - Dari kebutuhan berubah menjadi aksesoris, mungkin kalimat ini tepat dilayangkan untuk beberapa pesepak bola di dunia.

Memang jarang yang terlihat menggunakan beberapa aksesoris saat sedang bertanding karena dianggap mengganggu pergerakkan mereka saat sedang berlaga.

Namun rupanya, tidak sedikit pesepak bola yang kedapatan memakai beberapa aksesoris tersebut, selain karena butuh, mereka juga bisa tampil sedikit lebih bergaya.

Baca Juga
Baca Juga

Apa sajakah aksesoris yang biasa digunakan itu? Berikut ini adalah rangkumannya versi INDOSPORT.

Topeng

Sergio Ramos gunakan topeng khusus dalam latihan.

Biasanya, pemain yang menggunakan topeng ini untuk melindungi wajah mereka dari cedera yang didapati sebelumnya. Saat pertama kali digunakan, topeng pelindung wajah ini diciptakan dengan bentuk formal atau biasa saja.

Namun seiring berjalannya waktu, topeng ini diciptakan lebih menarik dengan desain yang sesuai dengan khas dari klub yang dibela. Tidak sedikit pesepak bola yang menggunakan topeng ini sekaligus untuk tampil bergaya saat sedang di lapangan.

Contohnya adalah bek tengah dan kapten Real Madrid, Sergio Ramos yang pernah menggunakan topeng saat dirinya belum lama pulih dari cedera wajah.

Syal

Carlos Tevez saat masih di klub Liga Inggris, Manchester City menggunakan syal untuk melindungi tubuh dari suhu dingin.

Tentu sudah banyak yang mengetahui jika syal berfungsi untuk melindungi tubuh dari suhu dingin. Benda ini pun seakan menjadi salah satu favorit dalam dunia sepak bola, beberapa pemain seperti Samir Nasri, Carlos Tevez, bahkan pelatih Roberto Mancini pun sering terlihat menggunakannya saat berada di lapangan.

Ikat Kepala atau Bandana

Pemain bintang Real Madrid, Gareth Bale sering menggunakan ikat kepala di setiap pertandingan.

Tidak hanya perempuan yang membutuhkan ikat kepala, para kaum Adam yang berambut panjang pun membutuhkannya agar tidak menghalangi penglihatan mereka saat sedang bertanding. 

Selain Zlatan Ibrahimovic, beberapa nama tenar seperi Fernando Torres, Gareth Bale, dan legenda Alessandro Nesta. bahkan Cristiano Ronaldo pun juga pernah menggunakannya.


1. Sarung Tangan

Striker Leicester City, Jamie Vardy terkadang menggunakan sarung tangan saat melakoni sebuah pertandingan.

Tidak hanya kiper saja yang diperbolehkan menggunakan sarung tangan saat sedang bermain, pemain yang di posisi lain boleh. 

Bedanya, sarung tangan yang digunakan ini memiliki tujuan yang sama dengan syal, yaitu bertujuan untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin, sarung tangan juga demikian.

Helm

Mantan kiper klub Liga Inggris, Chelsea, Petr Cech menggunakan helm saat sedang bertanding.

Penggunaan helm di dunia sepak bola mulai terkenal ketika mantan penjaga gawang Chelsea, Petr Cech menggunakannya sekitar 14 tahun yang lalu atau tepatnya di tahun 2006. 

Cech memakainya karena pernah mendapatkan cedera parah di bagian kepalanya, sehingga saat sembuh ia diwajibkan untuk menggunakannya demi melindungi tulang kepala dan rahangnya. 

Sejak saat itulah beberapa pemain lain, seperti Christian Chivu juga pernah menggunakannya. Uniknya, penggunaan helm ini justru terinspirasi dari olahraga rugby yang memang terkenal dengan benturan fisiknya.

Gelang

Bambang Pamungkas, legenda sepak bola Timnas Indonesia dan Persija Jakarta kerap menggunakan wristband saat sedang bertanding.

Gelang atau biasa lebih dikenal dengan sebutan wristband ini memang sudah tidak asing lagi dalam dunia sepakbola. Beberapa pemain di Tanah Air, seperti sang ikon, Bambang Pamungkas tak pernah absen untuk menggunakannya, baik saat membela Timnas Indonesia maupun klub yang ia bela. 

Besar kemungkinan, penggunaan wristband ini juga berfungsi untuk melindungi pergelangan tangan dari cedera.

Baca Juga
Baca Juga

Koyo

Dalam dunia medis, benda ini sebenarnya dikenal dengan nama Kinesio Tape, namun masyarakat di Indonesia lebih mengetahuinya dengan sebutan Koyo. 

Penggunaan Kinesio Tape ini bertujuan untuk mencegah rasa sakit pada bagian tubuh serta memanjakan otot saat sedang bekerja keras. Beberapa pemain sering terlihat menggunakan alat ini, bahkan dari cabang olahraga lain sekalipun.

Cristiano RonaldoGareth BaleZlatan IbrahimovicPetr CechBola Internasional

Berita Terkini