x

Mengenal Lebih Dekat Ruben Loftus-Cheek, Aset Berharga Chelsea

Senin, 11 Januari 2016 21:04 WIB
Editor: Yohanes Ishak

Ruben Loftus-Cheek memiliki bentuk tubuh yang melebihi batas pemain seusianya, sehingga tidak heran dirinya mampu mengimbangi permainan dari para seniornya.

Dirinya dipromosikan oleh Jose Mourinho pada musim lalu, namun dirinya jarang mendapatkan kesempatan bermain.

Hadirnya Guus Hiddink pada tanggal 19 Desember tahun lalu sepertinya akan menjadi angin segar baginya. Pasalnya, Hiddink pernah mengutarakan jika ia ingin memanfaatkan sejumlah pemain muda untuk mendapat jam terbang lebih banyak.

Lalu siapakah sosok Ruben Loftus-Cheek itu? Berikut ini INDOSPORT akan memaparkan rangkuman dari data dan fakta darinya.


1. Mengawali Karir di Akademi Chelsea

Ruben-Loftus Cheek lahir di Lewisham, Inggris dan mengawali karirnya bersama Chelsea sejak usianya masih 8 tahun atau tepatnya di tahun 2004 lalu. Seiring berjalannya waktu, Loftus-Cheek menjelma menjadi gelandang yang memukau. Ia berhasil masuk dalam tim Chelsea U18 dan menjadi kapten. Tidak hanya itu, dirinya juga selalu berhasil masuk dalam Timnas Inggris U16, U17, U19, dan U21.


2. Raih Gelar Bersama Chelsea Junior

Tidak hanya sukses dan menjadi kapten Chelsea di U18, dirinya juga mampu memberikan timnya 2 gelar juara FA Youth Cup di musim 2011/12 dan di musim 2013/14 serta mengawinkannya dengan Liga Primer Inggris U21. Selain itu, Ruben juga berhasil merebut UEFA Youth League di musim 2014/15 kemarin.


3. Masuk Generasi Emas Chelsea

Dapat dikatakan, Ruben Loftus-Cheek merupakan salah satu generasi muda emas milik Chelsea. Selain dirinya, beberapa pemain muda berbakat lainnya, seperti Dominic Solanke, Nathan Ake, Lewis Baker, Isaiah Brown, Bertrand Traore, dan Jamal Blackman.

Beberapa nama tersebutlah yang memberikan gelar untuk Singa Muda Chelsea.


4. Kenangan di Musim 2014/15

Usai mengawinkan gelar untuk tim muda Chelsea di musim 2013/14, Ruben Loftus-Cheek mendapat kepercayaan untuk promosi ke tim senior.

Pelatih Chelsea saat itu, Jose Mourinho memanggil namanya ke dalam skuat senior pada tanggal 3 Februari 2015 lalu. Namun, ia baru mengawali debutnya pada tanggal 10 Desember menggantikan Cesc Fabregas di 7 menit terakhir dalam pertandingan Liga Champions melawan Sporting Lisbon di Stamford Bridge.

Meski hanya sebentar, tentu dirinya tidak akan pernah lupa pertama kalinya ia berhasil masuk dalam tim senior klub London Barat.


5. Pemain Muda Paling Beruntung

Pemuda berusia 19 tahun ini juga terbilang paling beruntung dibandingkan dengan rekan setim Chelsea Junior lainnya. Keberuntungannya tak lepas dari dirinya yang masih dipertahankan oleh tim senior. Padahal, beberapa musim sebelumnya, kebanyakan pemain muda Chelsea dipinjamkan atau dijual ke klub lain. Contohnya seperti, Dominic Solanke, Nathan Ake, Lewis Baker, Izzy ‘Isaiah’ Brown, dan masih banyak lagi.


6. Gol Perdana

Setelah menunggu cukup lama, Loftus-Cheek berhasil mencetak gol perdananya untuk tim senior Chelsea. Gol ini langsung mendapat pujian dari pelatih Guus Hiddink dan bukan tidak mungkin juga dalam beberapa pertandingan ke depan, dirinya akan mendapat jam terbang lebih banyak lagi.

ChelseaJose MourinhoGuus HiddinkRuben Loftus-Cheek

Berita Terkini