x

Starting XI Liga Primer Inggris Terbaik pada 3 Dekade

Jumat, 22 Januari 2016 02:08 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Charles Emanuel Dominggus

Meski terdengar sederhana, namun ternyata tak mudah memutuskan pemain-pemain bintang yang sempurna untuk masuk jajaran line up terbaik. Dalam tiga dekade, tepatnnya era 1990-an, 2000-an, dan 2010-an, banyak pemain bintang yang  mempersembahkan prestasi luar biasa untuk klub raksasa di Liga Primer Inggirs.

Lantas bagaimana jika para pemain itu dimasukkan dalam jajaran staring XI impian di 3 masa berbeda? Berikut INDOSPORT merangkum starting XI fantasi terbaik Liga Primer Inggris selama 3 dekade terakhir.


1. 1990-an

Duet  penyerang Newcastle United, Alan Shearer, dan striker legendaris Manchester United, Eric Cantona mengisi lini depan starting XI terbaik di era 1990-an. Tak perlu diperdebatkan karena keduanya menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Primer Inggris bagi masing-masing klubnya di masa itu.

Sementara untuk lini tengah diisi oleh deretan gelandang terbaik kala itu, yakni Giggs, Keane, Vieira, dan tentunya, Beckham. Sembilan pemain dari staring XI impian di era ini diisi oleh Manchester United dan Arsenal.

Startinng XI 1990-an: Suarez, Aguero, Bale, Toure, Cazorla, Silva, Baines, Tery, Kompany, Ivanovic, Hart.

Cadangan: David de Gea, Nemanja Vidic, Michael Carrick, Cesc Fabregas, Mesut Ozil, Eden Hazard, Robin van Persie


2. 2000-an

Bukan sosok Wayne Rooney atau Dennis Berkgamp yang menjadi pilihan utama untuk mengisi lini depan skuat impian pada era 2000-an. Drogba dan Henry menjadi duet yang dinilai lebih mematikan untuk mendobrak pertahanan lawan di era itu.

Lalu di lini tengah, mantan kapten Liverpool, Steven Gerrard akan mengisi posisi sayap kanan bersama Lampard, Scholes, dan Ronaldo. Untuk penjaga gawang, Petr Cech menjadi pilihan terbaik, sementara lini belakang diisi empat bek berdarah Inggris, yakni Cole, Campbell, Ferdinand, dan Neville.

Starting XI 2000-an: Cech, Neville, Ferdinand, Campbell, Cole, Gerrard, Lampard, Scholes, Ronaldo, Henry, Drogba.

Cadangan: Edwin van der Saar, William Gallas, Claude Makelele, Robert Pires, Dennis Bergkamp, Wayne Rooney, Ruud van Nistelrooy


3. 2010-an

Berbeda dengan skuat impian di dua tim sebelumnya, agak sulit menemukan sosok gelandang terbaik yang mampu mengisi starting XI di tahun 2010-an. Matic, Michael Carrick, dan Cech Fabregas rasanya tak pantas ditempatkan di skuat utama mengingat mereka tak mampu mempertahankan performa terbaik mereka dalam waktu lama.

Sosok bintang Arsenal, Santi Cazorla, rasanya lebih cocok untuk mengisi lini tengah starting XI di era 2010-an. Pemain Spanyol itu akan bermitra dengan Gareth Bale, Yaya Toure, dan David Silva.

Mereka akan memberikan suplai bola yang memadai untuk lini depan yang diperkuat mantan striker Liverpool, Luis Suarez, dan bintang Manchester City, Sergio Aguero. Sementara penjaga gawang akan diisi kiper The Citizen, Joe Hart.

Starting XI 2010-an: Hart, Baines, Terry, Kompany, Ivanovic, Bale, Toure, Cazorla, Silva, Suarez, Aguero.

Cadangan: David de Gea, Nemanja Vidic, Michael Carrick, Cesc Fabregas, Mesut Ozil, Eden Hazard, Robin van Persie.

Luis SuarezEric CantonaThierry HenryLiga Primer Inggris

Berita Terkini