x

5 Top Skor Derby London Utara: Tottenham vs Arsenal

Sabtu, 5 Maret 2016 16:32 WIB
Editor: Joko Sedayu

Pertemuan ke-183 Derby London Utara akan tersaji di White Hart Lane, Sabtu (05/03/16) pukul 19.45 WIB. Laga antara Tottenham Hotspur melawan Arsenal menjadi salah satu duel paling sengit di negeri Ratu Elizabeth II dan kerap berakhir dengan hasil mencengangkan.

Seringnya gol tercipta pada Derby London Utara, tidak lepas dari kontribusi para pemain, khususnya strikernya yang memang memiliki tugas untuk mencetak gol. Bahkan, sudah banyak pemain yang mengukir lebih dari satu gol dalam laga Derby London Utara.

Saat ini, striker Arsenal, Theo Walcott, menjadi top skor Derby London Utara yang akan tampil pada pertandingan nanti malam, Sabtu (05/03/16). Penyerang 26 tahun itu tercatat sudah mengoleksi 4 gol dalam duel Derby London Utara.


Theo Walcott berpeluang menambah pundi-pundi golnya di Derby London Utara.

Namun, Walcott bukanlah pemain yang paling banyak mencetak gol dalam sejarah Derby London Utara. Berikut, INDOSPORT mencoba mengulas 5 pemain yang paling sering mencetak gol di Derby London Utara, di era Liga Primer Inggris.


1. Gareth Bale (5 Gol)

Mengawali karier sepakbolanya di Tottenham Hotspur, Gareth Bale bermain di posisi bek sayap kiri. Namun dengan kehadiran manajer Harry Redknapp, pemain asal Wales itu menjelma menjadi winger paling ditakuti di Inggris dengan tendangan geledeknya.

Bahkan, dalam sekejap, Bale menjadi salah satu pemain produktif di Liga Primer Inggris. Puncaknya, sebelum hijrah ke Real Madrid sebagai pesepakbola termahal di dunia, Bale mencetak 21 gol dari 33 pertandingan Liga Primer Inggris.

Untuk laga Derby London Utara, Bale tercatat telah mengoleksi 5 gol, khusus di pertandingan Liga Primer Inggris. Bale mengalahkan legenda musuh timnya, Arsenal, seperti Ian Wright, Patrick Vieira, dan Freddie Ljungberg, yang hanya mencetak 4 gol.


2. Thierry Henry (5 Gol)

Thierry Henry mungkin adalah striker terbaik Arsenal sepanjang masa. Legenda sepakbola asal Prancis itu telah membukukan 228 gol dari 376 pertandingan di berbagai kompetisi bersama The Gunners.

Ketajaman Henry juga termasuk ketika Arsenal bertemu musuh bebuyutannya Tottenham Hotspur. Penyerang yang sempat merumput untuk Juventus dan Barcelona itu telah mengoleksi 5 gol dalam duel yang bertajuk Derby London Utara tersebut.

Salah satu gol legendaris Henry ke gawang Spurs adalah pada 16 November 2002 di Highbury. Pada laga yang dimenangkan Arsenal 3-0 tersebut, Henry melakukan aksi solo run sebelum mencetak gol ke gawang Spurs. Lalu, Henry pun melakukan selebrasi yang kini diabadikan menjadi patung di Emirates Stadium.


3. Robin van Persie (5 Gol)

Robin van Persie adalah salah satu striker subur di Liga Primer Inggris. Bersama Arsenal, dia menorehkan namanya menjadi top skor pada musim 2011/12 dengan catatan 30 gol.

Menjadi mesin gol Arsenal pada periode 2004 hingga 2012, penyerang asal Belanda itu pun jelas menjadi andalan The Gunners dalam Derby London Utara. Penyerang yang pergi ke Manchester United pada musim panas 2012 itu mencatat 5 gol ke gawang Tottenham Hotspur di Liga Primer Inggris.

Van Persie dalam sejarahnya memperkuat Arsenal telah mencetak 96 gol dari 194 pertandingan Liga Primer Inggris. Sedangkan secara keseluruhan, pemain yang memperkuat Fenerbahce itu telah mengoleksi 132 gol dari 277 pertandingan.


4. Robert Pires (7 Gol)

Robert Pires bukanlah pemain yang berposisi sebagai striker, pemain yang sempat mengadu nasib di India tersebut rajin menyumbang gol, terutama saat bersama Arsenal. Pires tercatat telah mengukir 62 gol dari 189 pertandingan Liga Primer Inggris.

Salah satu tim yang sering dibobol Pires di Liga Primer Inggris adalah Tottenham Hotspur. Pemain asal Prancis itu tercatat telah mengoleksi 7 gol dalam laga Derby London Utara tersebut.

Uniknya, 5 gol dari 7 koleksi gol Pires ke gawang Spurs tercipta di White Hart Lane. Bahkan 5 gol tersebut, dicetak di White Hart Lane dalam 5 pertandingan secara beruntun.


5. Emmanuel Adebayor (8 Gol)

Pemain yang paling sering mencantumkan namanya di papan skor dalam Derby London Utara pada era Liga Primer Inggris adalah Emmanuel Adebayor. Striker internasional Togo tersebut mencetak 8 gol dalam pertandingan antara Tottenham Hotspur dan Arsenal itu.

Uniknya, Adebayor adalah salah satu pemain yang memperkuat Spurs dan Arsenal. Pemain yang sempat memperkuat Manchester City dan Real Madrid itu mencetak 6 gol untuk Arsenal dan menyumbang 2 gol untuk Spurs.

Striker jangkung yang kini membela Crystal Palace itu tercatat telah mengoleksi 46 gol dari 104 pertandingan Liga Primer Inggris bersama Arsenal. Sedangkan bersama Spurs, Adebayor telah mengukir 35 gol dari 92 pertandingan Liga Primer Inggris.

Gareth BaleArsenalRobin van PersieEmmanuel AdebayorTottenham HotspurRobert PiresThierry HenryDerby London UtaraIn Depth Sports

Berita Terkini