x

7 Dracula Sepakbola Mirip Gigitan Diego Costa

Minggu, 13 Maret 2016 16:46 WIB
Editor: Joko Sedayu

Insiden tersebut terjadi setelah beberapa menit usai Romelu Lukaku mengukir gol keduanya ke gawang Chelsea, dan membawa Everton unggul 2-0. Diego Costa mengamuk karena dijegal oleh Gareth Barry hingga terjatuh. Apalagi Costa kesulitan menecetak gol yang membautnya frustasi.

Kesal karena dilanggar, Costa pun langsung menghampiri Barry dengan menabrakan badannya, serta beradu kepala. Namun, entah disengaja atau tidak, penyerang 27 tahun itu tertangkap kamera dengan jelas telah menggigit leher mantan pemain Manchester City tersebut.

Namun, bekas striker Atletico Madrid itu bukanlah pemain pertama yang melakukan aksi tidak terpuji tersebut. Berikut 7 pemain yang menggigit lawannya dalam pertandingan sepakbola versi INDOSPORT.


1. Oliver Kahn

Salah satu kiper terbaik milik Jerman, bahkan dunia, Oliver Kahn, ternyata pernah melakukan aksi gigit pemain lawan. Insiden tersebut terjadi pada 1999, dalam pertandingan Der Klassiker antara timnya Bayern Munchen melawan Borussia Dortmund di Westfalenstadion.

Saat itu Munchen tertinggal 1-0 dari tuan rumah, berkat gol dari Heiko Herrlich, yang membuat Kahn sedikit emosi. Namun ketika Dortmund kembali menekan pertahanan Munchen, tiba-tiba Herrlich menabrak Kahn yang sudah menangkap bola di udara.

Spontan aksi dari Herrlich membuat Kahn naik pitam. Kiper yang juga menjadi anggota timnas Jerman itu pun melabrak Herrlich dan mencoba menggigit bagian lehernya. Namun aksi itu disadari Herrlich, yang kemudian menutup hidungnya, meledek dari aksi Kahn.
 


2. Jermain Defoe

Layaknya seekor semut, meski bertubuh mungil Jermain Defoe ternyata gemar menggigit, termasuk menggigit lawan mainnya. Pemain yang kini memperkuat Sunderland itu pernah menggigit bahu Javier Mascherano pada 2006.

Insiden gigitan Defoe terjadi dalam pertandingan Liga Primer Inggris antara Tottenham Hotspur melawan West Ham United di White Hart Lane. Defoe menggigit Mascherano karena kesal setelah dilanggar dengan kasar oleh pemain asal Argentina tersebut.

Akibat aksi tersebut, baik Defoe dan Mascherano mendapat kartu kuning dari wasit Stephen Bennett. Apalagi, setelah insiden tersebut para pemain dari Spurs dan West Ham sempat terlibat keributan.
 


3. Dennis Wise

Jauh sebelum Diego Costa menggigit Gareth Barry, ternyata ada penggawa Chelsea lainnya yang piawai menggigit lawan. Dia adalah mantan kapten The Blues, Dennis Wise.

Mantan kapten Chelsea di era 90an itu menggigit bek Real Mallorca, Marcelinho, pada semifinal Piala Winners di Stamford Bridge. Akibatnya insiden itu, UEFA mencoba memberikan sanksi kepada Wise, namun batal karena kasus tersebut tidak termasuk ke dalam regulasi pelanggaran Badan Sepakbola Eropa tersebut.

Gigitan Wise itu pun menjadi petaka karena akhirnya Chelsea hanya mampu bermain imbang 1-1 pada leg pertama di London. Pasalnya, pada leg kedua di Estadio Lluis Sitjar, Mallorca mengalahkan Chelsea 1-0.


4. Francisco Gallardo

Aksi gigit yang dilakukan Francisco Gallardo terjadi ketika timnya Sevilla melawan Real Valladolid pada 2001. Uniknya Gallardo justru menggigit kemaluan rekan setimnya, Jose Antonio Reyes, yang tengah melakukan selebrasi usai mencetak gol.

Meski rekan setimnya, Gallardo tetap kena sanksi. Pemain yang kini telah gantung sepatu itu diskors dan didenda oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Alasannya, aksi Gallardo dianggap merusak martabat olahraga sepakbola.
 


5. Gianmario Comi

Akibat gigitan yang dilakukan Gianmario Comi membuat dirinya mendapat panggilan Vampire Serie B. Comi menggigit Giuseppe De Luca ketika timnya Avellino melawan Bari dalam pertandingan dari kompetisi kasta kedua sepakbola Italia tersebut.

Insiden gigitan terjadi ketika Avellino hendak melakukan tendangan bebas. Namun, tiba-tiba Comi terlibat pertengkaran dengan De Luca karena permasalahan tembok penghalang, dan seketika Comi pun menggigit lengan De Luca.
 


6. Joss Labadie

Gelandang asal Inggris, Joss Labadie, tercatat dua kali menggigit pemain lawan. Dan tidak tanggung-tanggung, Labadie langsung menggigit dua pemain lawannya dalam satu pertandingan.

Aksi itu terjadi ketika pemain yang kini berusia 25 tahun itu tengah memperkuat Torquay United. Labadie menggigit dua pemain Chesterfield pada 15 Februari 2014. Akibatnya, Labadie tidak hanya dihukum oleh FA namun juga kontraknya diputus oleh klubnya Torquay.

Namun, Labadie tidak kapok. Ketika bermain untuk Dagenham & Redbridge, jebolan akademi West Bromwich Albion itu melakukan hal yang sama. Kali ini dia menggigit pemain Stevenage, Ronnie Henry, setelah sebelumnya kedua pemain saling berebut bola.
 


7. Luis Suarez

Ini dia si Raja Gigit di dunia sepakbola, yang tak lain adalah striker asal Uruguay, Luis Suarez. Sebelum bergabung ke Barcelona pada musim panas 2014, penyerang yang kini berusia 29 tahun itu memang terkenal temperamental dan kontroversial. Namun, kini Suarez sudah jauh lebih dewasa.

Gigitan pertama terjadi ketika dia masih membela Ajax Amsterdam. Pada 20 November 2010, Suarez menggigit bahu bek PSV Eindhoven, Otman Bakkal. Akibatnya, Ajax menghukum larangan bermain dua pertandingan kepada Suarez dan sejumlah denda.
 

Gigitan kedua Suarez terjadi ketika dia masih memperkuat Liverpool. Tepatnya pada 21 April 2013, dalam pertandingan Liga Primer Inggris antara The Reds melawan Chelsea di Anfield. Striker jebolan akademi Nacional itu menggigit Branislav Ivanovic, yang selalu menjaganya dalam pertandingan.
 

Gigitan ketiga adalah yang paling kontroversial karena terjadi dalam pesta akbar sepakbola Piala Dunia 2014 di Brasil. Kali ini Suarez menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini dalam pertandingan fase grup. Akibatnya, FIFA menjatuhkan sanksi berat kepada pemain yang sempat memperkuat Groningen itu.
 

Diego CostaLuis SuarezDennis WiseJermain Defoe

Berita Terkini