x

10 Talenta Terbaik Brasil di Barcelona

Sabtu, 2 April 2016 17:01 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Barcelona hingga pekan ke-30 La Liga musim ini berhasil menduduki peringkat tertinggi dengan meninggalkan jauh para pesaingnya di puncak klasemen. 

Blaurana yang telah mengoleksi 76 poin unggul sembilan poin dari Atletico Madrid yang menguntitnya di urutan kedua dengan poin 67. Dengan delapan laga tersisa, bayang-bayang gelar juara La Liga semakin jelas di jelas di depan mata.

Di pentas Liga Champions, Barcelona juga memiliki peluang untuk kembali membawa pulang trofi Si Kuping Besar ke Camp Nou setelah memastikan diri lolos ke babak perempatfinal.

Fakta ini tentunya menunjukkan bahwa Barca masih menjadi kekuatan terdepan sepakbola di dunia. Konsep Tiki Taka yang selama ini mereka usung, terbukti ampuh untuk melanggengkan mereka sebagai yang terhebat dalam dua dekade terakhir.

Selain mengembangkan konsep tiki taka yang diadopsi dari konsep lawas total football ala Belanda, Barca tidak serta merta melupakan kiblat sepakbola dunia, Brasil. 

Meskipun tidak secara kasat mata mengadopsi nilai-nilai filosofi sepakbola Brasil, Barcelona dengan cerdas selalu menggandeng talenta-talenta terbaik dari negeri Samba tersebut.

Sepanjang sejarah, nama-nama besar pesepakbola Brasil selalu menghiasi tim asal Katalan dan berperan besar melambungkan nama Barca di mata dunia.

Lantas siapa saja talenta-talenta terbaik Brasil yang berhasil direkrut Barcelona selama ini? INDOSPORT mengupasnya dalam ulasan berikut.


1. Dani Alves

Posisi Dani Alves di Barcelona belum tergantikan meskipun kini sudah berusia 32 tahun.

Sejak diboyong dari Sevilla pada musim 2008 silam, Dani Alves langsung memainkan peran penting di jantung pertahanan Barcelona.

Mengambil spesialisasi sebagai bek kanan, Alves juga kerap maju ke depan untuk membantu lini serang Blaugrana tidak hanya dengan mengirimkan umpan-umpan berbahaya namun ia juga ikut berkontribusi dalam menyumbang gol. 

Sepanjang 240 penampilannya Alves tercatat sudah mengoleksi 14 gol. Di usianya yang kini menginjak 32 tahun pemain kelahiran Juazeiro, Brasil ini masih menjadi andalan utama pelatih Luis Enrique.


2. Edmilson

Edmilson, Bek tangguh Brasil yang berhasil mengantarkan Barcelona raih dua gelar La Liga dan satu gelar Liga Champions.

Bek tengah terbaik Brasil ini mengabdikan dirinya untuk Barcelona selama empat musim dari 2004 hingga 2008. Kehadirannya di lini belakang membuat pertahanan Barcelona kala itu menjadi sangat disegani.  

Edmilson yang kini berusia 39 tahun selalu menjadi momok paling menyebalkan bagi para penyerang lawan-lawan Blaugrana kala itu.

Dengan skill bertahannya yang baik, mantan pemain Sao Paulo itu sukses mengantarkan Barcelona meraih dua gelar La Liga dan satu gelar Liga Champions. 


3. Evaristo de Macedo

Evaristo de Macedo legenda Barcelona era 50-an.

Evaristo de Macedo merupakan salah satu legenda besar Barcelona pada era 50-an. Penyerang asal Rio de Janeiro ini diboyong dari Flamengo pada musim 1957 silam untuk kemudian mengabdikan dirinya selama lima musim hingga 1962.

Lima musim berseragam Barcelona, Evaristo memainkan 114 penampilan dan menyumbangkan 78 gol. Catatan golnya itu cukup untuk membuktikan dirinya sebagai seorang penyerang produktif.

Selama pengabdiannya, Evaristo juga berhasil mengantarkan Barcelona menyabet dua gelar La Liga dan dua gelar Copa Del Rey.

Sayangnya setelah lima tahun mengabdikan dirinya untuk Barcelona, Evaristo memutuskan untuk hengkang dan membelot ke Real Madrid. 


4. Juliano Belletti

Juliano Belletti sukses mengantar Barcelona meraih dua gelar La Liga dan satu gelar Liga Champions.

Belletti merupakan bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Barcelona sebelum Dani Alves datang pada musim 2008. Pria kelahiran Cascavel ini mendedikasikan dirinya untuk Barcelona selama tiga musim sejak 2004 hingga 2007.

Belletti merupakan salah satu pemain kunci yang berperan besar dalam mengantarkan Barcelona meraih gelar La Liga pada musim 2004/05 dan 2005/06 serta gelar Liga Champions musim 2005/06.


5. Marinho Peres

Mario Peres menjadi pilar penting di lini pertahanan Barcelona pada era 70-an.

Marinho Peres merupakan sosok bek tengah yang paling disegani oleh lawan-lawan Barcelona pada era 70-an. Pemain kelahiran Sorocaba, Brasil itu mengabdikan dirinya bersama Barcelona pada sejak musim 1974 hingga 1976.

Peres memang tengah mencapai masa keemasannya ketika Barcelona merekrutnya dari Santos pada tahun 1974. Kekokohannya sebagai tembok di lini belakang juga membuat dirinya didapuk untuk memperkuat Brasil di pentas Piala Dunia pada tahun 1974.

Sayangnya, dua musim bersama Barcelona, Peres gagal menyumbangkan gelar untuk tim katalan.


6. Ronaldo

Ronaldo merupakan talenta sepakbola terbaik di dunia yang pernah bermain untuk Barcelona.

Ronaldo Luís Nazario de Lima, merupakan salah satu pesepakbola terbesar sepanjang masa. Skill individunya dianggap sebagai salah satu keajaiban yang pernah ada di dunia sehingga dirinya di juluki dengan sebutan "Fenomena".

Atas aksi-aksi gemilangnya Ronaldo pun diganjar dengan penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1997 dan 2002. Ronaldo mengabdikan dirinya selama satu musim untuk Barcelona yakni pada musim 1996/97.

Sayangnya Ronaldo yang telah memainkan 37 penampilan dan menyumbangkan 34 gol, gagal menyumbangkan gelar La Liga namun sang "Fenomena" berhasil menyumbangkan satu gelar Copa del Rey, Piala Super Eropa dan Piala Winners Cup Eropa.


7. Rivaldo

Rivaldo merupakan sosok gelandang serang serba bisa terbaik yang pernah dimiliki oleh Barcelona.

Rivaldo Vitor Borba Ferreira merupakan sosok gelandang sayap serba bisa yang mampu berakselerasi dari kedua sisi sayap. Kemampuan dan gaya bermain individunya membuatnya bebas menempatkan posisi di setiap sisi lapangan sehingga kerap berperan sebagai striker bayangan.

Pemain kelahiran Paulista, Brasil ini menghabiskan lima tahun kariernya bersama Barcelona sejak tahun 1997 hingga 2002.

Rivaldo sukses mengantarkan Barcelona meraih dua gelar La Liga satu gelar Copa del Rey dan Piala Super Eropa. Sepanjang 182 penampilannya bersama Barcelona, Rivaldo berhasil menyumbang 92 gol.


8. Romario

Romario merupakan sosok penyerang cerdas produktif yang pernah dimiliki Barcelona.

Romario de Souza Faria merupakan sosok penyerang produktif sepanjang kariernya sebagai pesepakbola. Suksesnya bersama PSV Eindhoven pada musim 1988 hingga 1993 membuat Barcelona tertarik untuk mendatangkannya ke Camp Nou.

1993 Barcelona akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangannya untuk kontrak bermain selama dua tahun. Bersama Barca, Romario melakoni 46 laga dan menyumbangkan 34 gol.

Pemain yang kini berprofesi sebagai politisi tersebut berhasil menyumbangkan satu gelar La Liga dan satu Piala Supercopa. 


9. Ronaldinho

Ronaldinho merupakan tokoh kunci saat Barcelona meraih trofi Liga Champions pada musim 2005/06.

Pemain bergaya eksentrik itu merupakan sosok gelandang serang full talent karena memiliki teknik trik, dribbling, tendangan overhead tanpa melihat dan spesialis tendangan bebas.

Ronaldinho dicap sebagai salah satu pemain terbaik yang terlahir dari generasinya. Pemain yang kini bermain untuk klub Fluminense tersebut mendedikasikan dirinya selama lima tahun untuk Barcelona sejak 2003 hingga 2008.

Ronaldinho juga merupakan tokoh kunci dari keberhasilan Barcelona meraih dua gelar La Liga, dua gelar Supercopa dan satu gelar Liga Champions.

Pemain kelahiran Porto Alegre, Brasil itu sukses mengemas 70 gol sepanjang 145 penampilannya bersama Barcelona.


10. Neymar Jr

Neymar merupakan salah satu tokoh kunci Barcelona meraih gelar trebel musim 2014/15.

Pemain terbaik Amerika Selatan ini merupakan salah satu sosok gelandang sayap enerjik produktif yang pernah dimiliki oleh Barcelona.

Neymar dikenal dengan kecepatan, dribbling serta kemampuan finishingnya. Gaya bermainnya yang khas membuat dirinya kerap disandingkan dengan nama besar tokoh sepakbola Brasil, Pele. 

Bahkan rivalnya di gala Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memprediksi dirinya berpotensi untuk menjadi yang terbaik di dunia.

Neymar diboyong dari klub lamanya Santos ke Camp Nou pada tahun 2013. Tiga musim bersama Barcelona, Neymar telah melakoni 85 penampilan dan berhasil menyumbangkan 52 gol.

Neymar bersama Messi dan Suarez merupakan tokoh penting yang mengantarkan Barcelona meraih gelar trebel musim 2014/15 dan berpotensi untuk kembali mengantarkan Barcelona kembali meraih gelar serupa musim ini.

NeymarDani AlvesBarcelonaLaLiga SpanyolRonaldinhoRonaldoRivaldoRomarioJuliano BellettiEdmilsonEvaristo de MacedoMarinho Peres

Berita Terkini