x

5 Pemain Muda Chelsea Berpotensi Dikembangkan Conte

Minggu, 10 April 2016 18:59 WIB
Editor: Yohanes Ishak

Pelatih yang saat ini menukangi Negara asalnya, Italia tersebut sebelumnya pernah mencatatkan kesuksesan bersama mantan klubnya, Juventus, di mana ia mampu memberikan gelar Serie A Italia tiga kali secara beruntun.

Tidak hanya itu saja, Conte juga berhasil mengembangkan salah satu pemain muda yang kini menjadi pilar Bianconeri, Paul Pogba.

Pogba dapat dikatakan pemain buangan Man United, namun bakatnya berhasil diasah dengan baik oleh pelatih berusia 46 tahun tersebut.

Bersama Chelsea, Antonio Conte bukan tidak mungkin dapat memoles sejumlah pemain muda yang telah menunjukkan bakatnya di musim ini. Sebagian besar pemain muda The Blues ditemukan oleh mantan pelatih mereka, Jose Mourinho, namun sayang Mou tidak memberikan jam terbang bermain kepada sang pemain.

Hadirnya pelatih interim, Guus Hiddink sebenarnya sudah memberikan jam terbang cukup banyak kepada sang darah muda dan Antonio Conte tinggal bekerja keras untuk mematangkan potensi mereka yang mulai terasah.

Artinya, beberapa pemain muda ini pun dapat dijadikan sebagai masa depan klub asal London Barat ini, lalu siapa sajakah pemain itu?

Berikut ini adalah 5 pemuda The Blues yang dapat dikembangkan oleh Antonio Conte versi INDOSPORT:


1. Andreas Christensen

Saat ini, tak dapat dipungkiri Chelsea sedang mengalami krisis pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Nama kapten John Terry, hampir dipastikan tidak akan bertahan setelah sang pemain memutuskan untuk hengkang, jika pihak manajemen tidak memberikan kontrak baru untuknya di musim depan.

Begitu pula dengan bek senior Chesea lainnya, Branislav Ivanovic dan Gary Cahill yang sudah memasuki usia kepala 3, yang artinya pergerakkan keduanya dinilai akan berkurang seiring dengan bertambah ketatnya kompetisi di setiap musim.

Praktis The Blues kini memiliki dua bek muda, Kurt Zouma dan Matt Miazga. Nama Zouma sepertinya sudah mendapat kredit untuk mengisi pos inti di musim depan, setelah dirinya mampu tampil impresif di musim ini.

Bahkan, ia sendiri berhasil memikat hati mantan pelatih Chelsea, Jose Mourinho dan pelatih interim Guus Hiddink untuk menjadikannya pilihan utama dan menggeser posisi dari Cahill sebagai bek tengah utama.

Sedangkan nama Miazga sendiri tidak menemui kesulitan untuk beradaptasi dengan Chelsea meski dirinya baru dimainkan HIddink menjelang akhir musim ini.

Perkembangan pemain pun dapat Conte lakukan kepada Andreas Christensen, bek asal Denmark yang juga berasal dari akademi klub mereka.

Saat ini, pemain berusia 19 tahun tersebut sedang dipinjamkan ke klub asal Jerman, Borussia Monchengladbach. Kepiawaiannya bahkan memikat hati dari klub raksasa Spanyol, Barcelona.

Tentunya jika Conte dapat mempercayakannya untuk memberikan jam terbang lebh banyak, bukan tidak mungkin jika Christensen dapat menjadi The Next John Terry, sebagai bek tengah yang merupakan pemain didikan asli klub yang sukses menjadi pilar utama klub.


2. Dominic Solanke

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sebenarnya di musim lalu telah dipromosikan eks pelatih Chelsea, Jose Mourinho.

Namun, ia diberikan kesempatan yang sangat minim, bahkan di musim panas ini Solanke dipinjamkan ke klub asal Belanda, Vitesse Arnhem.

Karakter permainan penyerang berusia 18 tahun ini dapat dikatakan hampir mirip dengan Diego Costa, yakni berani mengambil tendangan spekulasi, agresif alias ngotot, dan berani berduel udara.

Tidak hanya itu, Solanke yang juga merupakan pemain dari akademi Chelsea ini juga memiliki kekuatan fisik yang baik. Andai Costa akan dilepas kembali ke Atletico Madrid, maka salah satu pilihan tepat bagi Conte adalah menajamkan Solanke di lini depan.

Besar kemungkinan, pemain bernama lengkap Dominic Ayodele Solanke-Mithcell ini tidak langsung menjadi pilihan utama, terlebih jika Costa berhasil dipertahankan, namun bukan tidak mungkin jika terus dimainkan, potensi sang penyerang muda dapat menjadi momok bagi tim lawan manapun.


3. Kenedy

Bintang muda asal Brasil yang masih berusia 20 tahun ini didatangkan juga oleh Mourinho, namun ia kerap dijadikan pilihan terakhir bagi arsitek yang pernah menukangi FC Porto tersebut.

Situasi berbeda saat Chelsea ditangani oleh pelatih interim, Guus Hiddink, di mana Kenedy yang mampu berperan sebagai pemain sayap maupun bek sayap mendapat waktu bermain lebih banyak.

Jika melihat gaya bermain Kenedy yang cepat dan berani berduel dengan pemain yang lebih senior darinya, sepertinya Antonio Conte tidak membutuhkan waktu lama untuk menyinarkan bakat sang pemain.


4. Bertrand Traore

Bertrand Traore berlari kencang usai ciptakan gol.

Jika melihat gaya bermain Traore, mungkin tidak berlebihan rasanya jika menyebut, Traore seperti legenda Chelsea, Didier Drogba saat masih muda.

Ya, pemuda asal Burkina Faso ini memiliki gaya bermain yang cepat dan kerap mengandalkan fisiknya untuk berduel dengan bek lawan yang memiliki postur tubuh lebih besar darinya.

Namun posisi pemain berusia 20 tahun ini bukanlah sebagai penyerang utama melainkan gelandang serang, ia kerap dijadikan penyerang oleh Hiddink di musim ini saat Chelsea sedang kehilangan striker mereka Diego Costa, Loic Remy, maupun Radamel Falcao.

Kedatangan Alexandre Pato sendiri sebagai pemain pinjaman rasanya belum menjawab sehingga Traore dipercaya menjadi striker yang hebatnya ia mampu menjawab kepercayaan tersebut dengan baik.

Sepertinya, Conte juga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengembangkan bakat dari Traore karena sejauh ini, ia cukup memberikan peran signifikan bagi lini serang The Blues.


5. Ruben Loftus-Cheek

Gelandang berusia 20 tahun inilah yang sepertinya akan menjadi pemain muda Chelsea paling bersinar dibandingkan lainnya.

Bahkan, nama Loftus-Cheek sudah digadang-gadang sebagai The New Pogba yang akan dipoles dengan baik oleh Antonio Conte.

Jose Mourinho memang yang membawanya masuk ke tim senior, namun lagi-lagi pemain asli Inggris yang juga berasal dari akademi Chelsea ini jarang dimainkan.

Barulah ditangani oleh Guus Hiddink, Ruben Loftus-Cheek menjadi pemain muda yang cukup berperan bagi The Blues.

Memiliki tinggi yang ideal untuk ukuran pesepakbola, cepat namun tetap tenang saat memegang bola juga membuatnya memberi harapan kepada pendukung Chelsea sebagai pemain masa depan klub.

ChelseaJose MourinhoPaul PogbaAntonio ConteGuus HiddinkKenedyRuben Loftus-CheekDominic SolankeIn Depth SportsBertrand TraoreAndreas Christensen

Berita Terkini