x

Starting 11 Pemain yang Absen di Euro 2016

Selasa, 10 Mei 2016 10:21 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra

Menjelang putaran final Euro 2016, para pelatih tim nasional tengah gencar memantau para pemain negara masing - masing. Namun, persiapan beberapa negara dalam hajat sepakbola 4 tahunan di Eropa ini sedikit terganggu dengan beberapa pemain absen.

Para pemain ini sebagian besar mengalami cedera saat memperkuat klub mereka. Tidak jarang, cedera yang mereka alami terjadi saat musim hampir berakhir dan menjelang digelarnya Euro 2016.

Tidak hanya soal isu cedera, ada juga pemain yang absen karena terlibat sebuah skandal. Absennya para pemain ini, mungkin tidak mengurangi atmosfer Euro 2016, namun dipastikan akan membuat performa mereka di lapangan akan dirindukan.

Sebelum menyaksikan laga putaran final Euro 2016, ada baiknya mengetahui beberapa nama yang  ditinggal para pelatih ke Prancis, bulan depan. Berikut starting-eleven para pemain yang absen di Euro 2016, yang coba diulas oleh INDOSPORT;


1. Jack Butland (Inggris)

Inggris dipastikan tidak akan diperkuat Jack Butland yang mengalami cedera.

Pemain asal klub Stoke City ini dipastikan gagal berangkat ke putaran final Euro 2016. Kiper tim nasional Inggris ini mengalami patah pergelangan kaki saat Inggris berujicoba melawan Jerman,akhir Maret silam.

Akibat cedera ini, Butland harus menepi selama 3 bulan ke depan. Artinya, Butland mustahil bisa diangkut pelatih Roy Hodgson untuk membela Three Lions Juni mendatang.

Cederanya kiper berusia 21 tahun ini membuat Hodgson harus berpikir keras untuk menjadi pelapis Butland. Meskipun bukan pilihan utama di skuat Inggris, namun performa Butland dinilai sebanding dengan kiper utama Inggris saat ini Joe Hart.


2. Matteo Darmian (Italia)

Matteo Darmian akan absen di Euro 2016 usai mengalami cedera.

Posisi bek kiri Italia akan mengalami ujian di Euro 2016. Pasalnya, Matteo Darmian dikabarkan akan absen usai mengalami cedera.

Darmian mengalami cedera tendon achiles pada saat membela Man United saat berhadapan dengan Norwich, akhir pekan lalu. Saat ini, tim medis dari Italia tengah memantau perkembangan cedera dari pemain berusia 26 tahun ini.

Antonio Conte, sang pelatih Italia berharap Darmian tidak mengalami kerusakan serius pada cederanya. 


3. Luke Shaw (Inggris)

Luke Shaw mengalami patah kaki hingga akhirnya harus absen di Euro 2016.

Bek Man United ini terakhir kali berlaga pada bulan September 2015. Shaw memainkan laga terakhirnya saat Setan Merah menghadapi PSV Eindhoven di Liga Champions.

Pada saat itulah, bek yang dibeli dari Southampton ini mengalami mimpi buruknya. Shaw berbenturan dengan pemain PSV, Hector Moreno yang menyebabkan pemain ini harus mengakhiri musim lebih cepat.

Patah kaki yang dialami Shaw memaksanya menjalani dua operasi sejauh ini. 


4. Vincent Kompany (Belgia)

Vincent Kompany absen di Euro 2016 setelah alami cedera betis.

Vincent Kompany hanya bermain selama 10 menit, saat duel Man City kontra Real Madrid di leg kedua semifinal Liga Champions. Cedera betis lamanya kambuh dan memaksanya harus kembali menepi.

Akibat cedera ini Man City harus tersingkir dalam persaingan gelar juara Liga Champions musim ini. Pukulan telak berikutnya adalah absennya kapten tim nasional Belgia ini di putaran final Euro 2016 mendatang.

Hilangnya Kompany dari lini belakang Belgia, diyakini akan membuat lubang besar di pertahanan mereka. Pasalnya, selama ini Kompany menjadi benteng tangguh anak asuh Marc Wilmots hingga mengantarkan The Reds Devils lolos ke putaran final di Prancis.


5. Chris Brunt (Irlandia Utara)

Chris Brunt gagal berangkat ke Euro 2016 karena cedera.

Irlandia Utara masih bereuforia dengan keberhasilan tim nasional mereka tampil di putaran final Euro untuk pertama kalinya tahun ini. Namun prestasi ini menyisakan duka bagi bek mereka.

Chris Brunt dipastikan akan absen membela Irlandia Utara pada Euro 2016. Cedera lutut kanan yang diderita pemain asal West Bromwich Albion ini memaksanya harus menyaksikan laga rekan - rekannya dari luar lapangan.

Brunt mendapatkan cedera pada saat WBA bersua Crystal Palace, Maret 2016 lalu. Akibat cedera ini, Brunt dipastikan harus beristirahat selama enam bulan.


6. Kurt Zouma (Prancis)

Cedera lutut parah membuat Kurt Zouma urung membela Prancis di Euro 2016.

Prancis akan kehilangan Kurt Zouma di Euro 2016. Pemain asal Chelsea ini menderita kerusakan lutut saat Chelsea bermain kontra Man United, Februari 2016 lalu.

Zouma merupakan salah satu pemain yang bisa bermain di beberapa posisi. Pemain berusia 21 tahun ini bisa berperan sebagai bek maupun gelandang bertahan.

Untuk memulihkan cederanya, Zouma harus beristirahat selama enam bulan dari lapangan hijau. Sebelum dibekap cedera, Zouma telah memainkan 23 pertandingan bersama Chelsea. 


7. Claudio Marchisio (Italia)

Claudio Marchision harus beristirahat 6 bulan karena cedera dan kehilangan posisi di skuat Italia di Euro 2016.

Claudio Marchisio mengalami cedera cukup parah pada lutut kanannya, sehingga harus absen membela Italia di Euro 2016. Pemain berusia 30 tahun ini mendapatkan tekel keras saat timnya Juventus bermain melawan Palermo, April 2016 lalu.

Marchisio harus menjalani operasi untuk memulihkan cederanya. Lulusan akademi Juventus ini juga harus beristirahat setidaknya 6 bulan dari lapangan hijau.

Selama ini Marchisio menjadi motor serangan baik di Juventus maupun tim Azzurri.  Absennya Marchisio di Euro 2016 membuat Antonio Conte memiliki pekerjaan rumah besar untuk mencari penggantinya. 


8. Marco Veratti (Italia)

Marco Veratti absen dari skuat Italia di Euro 2016 usai menjalani operasi karena cedera paha.

Pemain lincah Italia, Marco Veratti harus ikut absen di Euro 2016. Pemain asal klub Paris Saint-Germain ini harus menjalani operasi untuk memulihkan cedera pahanya.

Veratti akan absen selama 2 bulan dari sepakbola setelah operasi yang dijadwalkan akan berlangsung pertengahan Mei 2016. Italia akan mendapat kehilangan besar atas cederanya gelandang kreatif ini, setelah Marchisio juga harus keluar dari skuat Azzurri.


9. Danny (Portugal)

Danny tidak bisa memperkuat Portugal di Euro 2016 usai mengalami cedera lutut.

Portugal akan kehilangan Danny di Euro 2016. Winger asal klub Zenit Saint Petersburg ini harus kembali menepi usai mengalami cedera lutut.

Danny harus ditarik keluar lapangan saat Zenit melawan Spartak Moskow bulan April lalu. Cedera yang dialami Danny cukup parah.

Pemain berusia 32 tahun ini harus meninggalkan lapangan hijau selama 9 bulan karena cedera yang dialaminya. Pada perhelatan Euro 2012 lalu, Danny juga terpaksa absen usai mengalami cedera yang sama.


10. Alex Oxlade-Chamberlain (Inggris)

Alex Oxlade-Chemberlain kembali dibekap cedera lutut hingga harus absen di Euro 2016.

Alex Oxlade-Chamberlain harus melupakan mimpi untuk bisa tampil di Euro 2016. Gelandang  Arsenal tersebut harus mengalami cedera saat berlatih bersama Arsenal.

Cedera lutut Chamberlain kembali kambuh minggu lalu. Chamberlain mengalami cedera lututnya pertama kali saat berjumpa Barcelona di Liga Champions, Februari lalu. 

Pemain berusia 23 tahun ini membutuhkan setidaknya dua bulan untuk memulihkan cederanya. Cederanya Chamberlain akan menjadi kerugian besar bagi tim nasional Inggris.


11. Karim Benzema (Prancis)

Karim Benzema saat memperkuat Prancis.

Karim Benzema dipastikan tidak akan memperkuat Prancis di Euro 2016. penyerang asal klub Real Madrid ini dicekal oleh Federasi Sepakbola Prancis (FFF) akibat skandal seks yang melibatkan Matthieu Valbuena rekanny di timnas Prancis.

Presiden FFF, Noel Le Graet dan pelatih tim nasional Prancis, Didier Deschamps, telah bertemu dan memutuskan tidak akan memanggil striker keturunan Aljazair ini. Benzema sendiri telah menerima keputusan dari pengurus sepakbola di negaranya.

Absennya Benzema di Euro 2016 sangat disayangkan. Pasalnya, musim ini Benzema berhasil menunjukan performa terbaiknya di Real Madrid.

Benzema berhasil membawa Los Blancos ke final Liga Champions dan bersaing ketat dengan Barcelona untuk memperebutkan gelar La Liga musim ini.

Karim BenzemaEuro 2016Vincent KompanyLuke ShawClaudio MarchisioAlex Oxlade-ChamberlainKurt ZoumaMatteo DarmianJack ButlandMarco VerattiChris BruntDanny

Berita Terkini