x

Profil Tim Euro 2016: Irlandia Utara

Kamis, 9 Juni 2016 20:45 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja

Hasil undian Euro 2016 mengharuskan Irlandia utara bertemu dengan tim nasional Jerman, Polandia, dan Ukraina yang tergabung di Grup C.

Irlandia Utara memang membuat sebuah kejutan di kualifikasi Euro 2016 kali ini.

Green And White Army secara mengejutkan mampu memuncaki klasemen Grup F dengan mengumpulkan 21 poin dari 10 laga.

Hebatnya, Ryoy Carroll dkk mampu menyingkirkan mantan juara Yunani dan tim berpengalaman di level internasional Hungaria.

Berikut ini INDOSPORT akan coba mengupas kekuatan tim debutan di Euro 2016 ini.


1. Profil

Pasukan Irlandia Utara sedang melakukan latihan.

Irlandia Utara merupakan sebuah negara pecahan Republik Irlandia. Irlandia Utara memiliki federasi sepakbola bernama IFA.

Kendati menjadi bagian dari Kerajaan Inggris, tim berjuluk Green and White Army tersebut tetap mengikuti setiap turnamen Piala Dunia dan Euro. 

Kejayaan sepakbola Irlandia Utara tidak lepas dari peran Inggris. Pasalnya, banyak pemain Green and White Army yang berlaga di Liga Primer Inggris.

Bahkan, banyak pemain Irlandia Utara yang sudah memutuskan untuk pindah ke Inggris sejak berusia 17 tahun, untuk mengembangkan karier di sana.

Hasilnya, Irlandia Utara untuk pertama kali berhasil lolos ke Euro 2016.


2. Skuat Resmi

Pelatih Michael O

Kiper: Roy Carroll (Notts County), Michael McGovern (Hamilton), Alan Mannus (St Johnstone)

Bek: Craig Cathcart (Watford), Jonny Evans (West Bromwich), Luke McCullogh (Doncaster Rovers), Gareth McAuley (West Bromwich), Conor McLaughlin (Fleetwood Town), Daniel Lafferty (Burnley), Michael Smith (Peterborough United), Lee Hodson (MK Dons), Patrick McNair (Man United), Aaron Hughes (tanpa klub)

Gelandang: Steven Davis (Southampton), Oliver Norwood (Reading), Corry Evans (Blackburn), Jamie Ward (Nottingham Forest), Stuart Dallas (Leeds United), Niall McGinn (Aberdeen), Shane Ferguson (Millwall), Ben Reeves (MK Dons)

Striker: Will Grigg (Wigan), Kyle Lafferty (Norwich), Conor Washington (QPR), Billy McKay (Dundee United), Liam Boyce (Ross County), Josh Magennis (Kilmarnock)

Pelatih: Michael O'Neil


3. Pemain Kunci

Bomber andalan Irlandia Utara, Kyle Lafferty.

Kyle Lafferty akan menjadi pemain andalan Irlandia Utara dalam mendobrak pertahanan lawan. Saat ini, Lafferty sedang bermain untuk Birmingham City dengan status pemain pinjaman.

Pemain berusia 26 tahun tersebut sudah memperkuat tim nasional Irlandia Utara sejak 2006. Sejak saat itu, Lafferty selalu menjadi pilihan utama dalam setiap pertandingan internasional.

Lolosnya pasukan Green and White Army ke Euro 2016 tidak lepas dari peran penyerang milik Norwich City tersebut.

Selama babak kualifikasi, dia mampu menceploskan tujuh gol. Total, Lafferty sudah menghasilkan 16 gol dalam 48 pertandingan untuk Irlandia Utara.

Lafferty tercatat sebagai pemain pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Irlandia Utara. Dia berada di belakang David Heally 


4. Prestasi di Euro

Irlandia Utara merayakan gol.

Selama keikutsertaannya di ajang Euro, Irlandia Utara tidak mampu berbuat banyak di turnamen yang digagas UEFA tersebut.

Green and White Army tidak mampu mendapatkan tiket ke babak selanjutnya.

Berikut prestasi Irlandia di Euro:

1960 - Tidak ikut

1964 – Tidak lolos

1968 – Tidak lolos

1972 – Tidak lolos

1976 – Tidak lolos

1980 – Tidak lolos

1984 – Tidak lolos

1988 -  Tidak lolos

1992 – Tidak lolos

1996 – Tidak lolos

2000 – Tidak lolos

2004 – Tidak lolos

2008 – Tidak lolos

2012 - Tidak lolos

Euro 2016Kualifikasi Euro 2016Irlandia Utara

Berita Terkini