x

Rusia Janjikan Laga Piala Dunia 2018 Bebas Doping

Kamis, 12 Mei 2016 10:19 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra

Maria Sharapova dan para atlet cabang atletik Rusia terlibat dalam skandal doping yang sempat mengegerkan dunia olahraga tahun ini. Peristiwa memalukan ini membuat penyelenggara Piala Dunia 2018 membunyikan alarm untuk penggunaan obat - obatan terlarang dalam acara tersebut.


Skandal doping Maria Sharapova membuat Rusia mencanangkan Piala Dunia 2018 bebas dari doping.

Alexey Sorokin bahkan berani menjamin bahwa doping akan bersih dari penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Rusia. Ketua Panitia Piala Dunia 2018 ini, akan menggunakan berbagai upaya untuk membebaskan obat - obatan terlarang selama Piala Dunia 2018.

"Penggunaan doping tidak akan terjadi karena pihak berwenang akan mengambil segala tindakan dan upaya untuk melawan penggunaan doping," janji Sorokin seperti dilansir dari ESPN.

Janji Sorokin ini disampaikannya di Meksiko saat melakukan pemaparan soal kesiapan Rusia menyambut Piala Dunia 2018. Kegiatan sekaligus mempromosikan Piala Konfederasi yang akan digelar pada tahun 2017 sebagai pemanasan dari gelaran Piala Dunia 2018.


Alexey Sorokin janjikan Piala Dunia 2018 di Rusia akan bebas dari doping.

Sorokin juga menjanjikan keterbukaan informasi soal isu doping di Piala Dunia 2018. Kebijakan ini merupakan komitmen Rusia untuk mendorong sepakbola yang bebas dari kecurangan.

"Kami akan membuat Badan Doping kami untuk terbuka, siapapun bisa melakukan tes, dan kami akan menjalankan bagian dari sistem international untuk melawa doping," ujar Sorokin.

Komentar Sorokin ini membantah pemberitaan sebelumnya yang menyebut bahwa pihak Rusia akan mempersulit upaya tes doping dari para atlet. Meskipun terlibat dalam salah satu skandal doping yang menghebohkan dunia, Pemerintah Rusia belum menjadikan isu doping sebagai kebijakan nasional.

Badan Anti-Doping Rusia yang saat ini tengah dibekukan, membuat Badan Anti-Diping Dunia (WADA) menunjuk Badan Anti-Doping Inggris untuk menjalankan fungsinya di Rusia. terkait hal ini, Sorokin menyatakan Rusia akan senang hati dengan segala bentuk kebijakan terkait perang melawan doping.

"Piala Dunia 2018 akan menjadi penyelenggaraan yang hebat dan menyambut siapapun dengan tangan terbuka," kata Sorokin.

Maria SharapovaWorld Anti-Doping Agency (WADA)Alexey Sorokin

Berita Terkini