x

9 Pemain yang Juara Liga Champions di Dua Klub Berbeda

Kamis, 19 Mei 2016 21:26 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto

Liga Champions merupakan kompetisi paling bergengsi di benua Eropa. Tak ayal, klub-klub Eropa berlomba-lomba untuk dapat mengoleksi gelar Liga Champions.

Akan tetapi, hanya Real Madrid yang tercatat sebagai klub paling banyak meraih gelar juara Liga Champions dengan torehan 10 trofi. AC Milan membututi Madrid dengan torehan tujuh trofi Liga Champions.

Selain klub, ajang Liga Champions merupakan panggung pembuktian para pesepakbola top dunia. Mereka juga bersaing untuk mengoleksi trofi Liga Champions.

Meski begitu, hanya ada beberapa pemain yang mampu menciptakan sejarah meraih gelar juara Liga Champions di dua klub berbeda. Tercatat, ada sembilan pemain yang mampu menorehkan pretasi gemilang tersebut.

Siapa saja mereka?. Berikut ulasannya yang telah disusun oleh INDOSPORT.


1. Samuel Eto'o

Samuel Eto'o merupakan salah satu striker tersukses yang berasal dari Kamerun. Pemain berumur 35 tahun itu sudah menorehkan banyak prestasi kala membela tim-tim papan atas Eropa.

Salah satu prestasi yang ditorehkan mantan pemain Real Madrid itu, yakni mampu menjuarai Liga Champions sebanyak 3 kali. Uniknya, Eto'o meraih dua trofi supremasi tertinggi sepakbola Eropa tersebut di dua klub berbeda.

Mantan pemain Real Mallorca tersebut pertama kali meraih gelar Liga Champions kala berseragam Barcelona pada musim 2005-2006. Selanjutnya, pemain kelahiran 10 Maret 1981 itu mempersembahkan gelar juara Liga Champions keduanya untuk Blaugrana pada musim 2008-2009.

Eto'o berhasil meraih gelar ketiga Liga Champions pada musim 2009-2010. Ketika itu, mantan pemain Everton tersebut tengah membela klub papan atas Serie A Italia, Internazionale.


2. Clarence Seedorf

Pemain asal Belanda tersebut tercatat sebagai pemain yang mampu meraih gelar Liga Champions di tiga klub berbeda. Pemain kelahiran 1 April 1976 itu meraih gelar Liga Champions bersama Real Madrid, Ajax Amsterdam, dan AC Milan.

Pria yang kini berumur 40 tahun itu meraih gelar Liga Champions pertamanya kala berseragam Ajax pada musim 1994-1995. Selanjutnya, Seedorf meraih kembali gelar Liga Champions kala membela Real Madrid di musim 1997-1998.

Setelah itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu kembali meraih gelar Liga Champions bersama AC Milan. Hebatnya lagi, Seedorf dapat meraih gelar Liga Champions bersama Milan sebanyak dua kali, yakni pada musim 2002-2003 dan 2006-2007.


3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pesepakbola terhebat di dunia saat ini. Pemain asal Portugal tersebut sudah menorehkan banyak pretasi selama menjalani karier profesionalnya sebagai pesepakbola.

Salah satu prestasi yang paling membanggakan adalah meraih dua kali gelar Liga Champions bersama dua klub berbeda. Pemain berumur 31 tahun itu pertama kali meraih gelar Liga Champions pada musim 2007-2008 kala berseragam Manchester United.

Tak butuh waktu lama, Ronaldo kembali meraih gelar kedua Liga Champions enam tahun berselang. Kala itu, Ia meraih gelar Liga Champions keduanya bersama Real Madrid di musim 2013-2014.


4. Thiago Motta

Pemain asal Italia tersebut merupakan pemain keempat yang meraih dua gelar Liga Champions di dua klub berbeda. Motta menorehkan prestasi tersebut dengan jangaka waktu hanya empat tahun.

Motta meraihnya pertama kali ketika berseragam Barcelona pada tahun 2005-2006. Selanjutnya, pemain Parist  Saint Germain (PSG) tersebut kembali meraih gelar Ligha Champions kedua kalinya kala membela Internazionale pada musim 2009-2010.

Kini, pemain berumur 33 tahun itu ingin mewujudkan ambisinya meraih gelar juara Liga Champions untuk ketiga kalinya. Kesempatan itu bisa muncul pada musim depan. Lantaran, PSG harus tersisih di babak perempatfinal Liga Champions musim ini, usai kalah agregat 2-3 dari Manchester City.


5. Deco

Deco adalah salah satu gelandnag serang terbaik pada masanya. Ketika masih berjaya, pemain asal Portugal itu pernah meraih dua gelar Luga Champions di dua klub berbeda.

Deco pertama kali merengkuh gelar Liga Champions kala membela FC Porto pada musim 2003-2004. Selanjunya, Deco meraih gelar kedua Liga Champions ketika berseragam Barcelona pada mjusim 2005-2006.


6. Paulo Ferreira

Paulo Ferreira

Sama halnya dengan Deco, Paulo Ferreira menjadi pemain Portugal yang pernah menjuarai dua kali Liga Champions bersama dua klub berbeda. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu meraih prestasi gemilang bersama FC Porto dan Chelsea.

Ferreira pertama kali meraih gelar Liga Champions kala membela FC Porto di musim 2003-2004. Selanjutnya, pria yang kini berumur 37 tahun itu meraih gelar Liga Champions untuk kedua kalinya ketika berseragam Chelsea pada musim 2011-2012.

Setelah raihan prestasi tersebut, performa Ferreira seperti tenggelam. Ia jarang tampil membela Chelsea karena umurnya yang sudah memasuki masa uzur pesepakbola.


7. Gerard Pique

Pique merupakan salah satu pemain yang pernah menjuarai dua gelar Liga Champions di dua klub berbeda. Bek tengah asal Spanyol itu merengkuh prestasi tersebut kala berseragam Manchester United dan Barcelona.

Saat membela MU, Pique menjadi hanya sebagai pemain cadangan. Namun, pemain berumur 29 tahun itu merupakan bagian skuat Man United saat menjuarai Liga Champions musim 2007-2008.

Selanjutnya, Pique berhasil meraih gelar Liga Champions bersama Barcelona pada musim 2008-2009. Hebatnya lagi, pemain kelahiran 2 Februari 1987 itu kembali meraih gelar Liga Champions bersama Blaugrana di musim 2010-2011.


8. Edwin van der Sar

Edwin van der Sar bisa dibilang menjadi satu-satunya kiper yang meraih dua gelar Liga Champions bersama dua klub berbeda. Pria yang kini berumur 45 tahun itu pertama kali meraih gelar Liga Champions untuk pertama kalinya kala membela Ajax Amsterdam di musim 1994-1995.

Kemudian, Van Der Sar kembali meraih gelar Liga Champions untuk kedua kalinya pada tahun 2008. Kala itu, pria kelahiran 29 Oktober 1970 tersebut menjadi kiper utama Manchester United.

Sayang, Van Der Sar gagal meneruskan prestasi gemilangnya tersebut. Lantaran, ia memutuskan pensiun pada tahun 2011.


9. Xabi Alonso

Pemain terkahir yang meraih dua gelar Liga Champions di dua klub berbeda adalah Xabi Alonso. Hebatnya, pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu menorehkan prestasi tersebut kala menjadi pemain utama Liverpool dan Real Madrid.

Alonso pertama kali meraih gelar Liga Champions ketika berseragam Liverpool pada musim 2004-2005. Selanjutnya, ia meraih gelar Liga Champions keduanya bersama Real Madrid delapan tahun berselang.

Sayang, Alonso tidak dapat meneruskan prestasinya untuk meraih kembali gelar Liga Champions. Pasalnya, ia bersama Bayern Munchen harus gugur di fase semifinal Liga Champions musim ini, usai kalah agregat 2-3 dari Atletico Madrid.

Cristiano RonaldoSamuel Eto'oXabi AlonsoThiago MottaGerard PiqueClarence SeedorfDecoEdwin Van der sarPaulo Ferreira

Berita Terkini