x

5 Pertandingan Terburuk Man United di Bawah Louis van Gaal

Selasa, 24 Mei 2016 00:33 WIB
Penulis: Fandy Hutari | Editor: Rizky Pratama Putra

Walau memenangkan Piala FA, tampaknya manajemen Man United sudah kecewa dengan Louis van Gaal. Juru taktik asal Belanda itu hanya mampu membawa Man United di posisi kelima klasemen akhir Liga Primer Inggris.

Posisinya dikabarkan akan segera digantikan Jose Mourinho. Van Gaal sudah menjalani sejumlah hasil buruk di kompetisi domestik maupun Eropa sejak dirinya dikontrak The Red Devils pada 2014 lalu.

Selama dua musim di Man United, mantan pelatih Ajax dan Barcelona itu hanya mampu mempersembahkan Piala FA. Banyak klub yang berhasil mengalahkan Man United.

 Beberapa kekalahan United bahkan diderita dari sejumlah tim gurem. Inilah awal bencana bagi karier Van Gaal bersama Setan Merah.

Berikut ini INDOSPORT menyajikan kembali beberapa pertandingan Man United yang dinilai paling buruk di bawah Louis van Gaal:


1. Man United 1-2 Swansea City (Liga Primer Inggris)

Manajer Man United Louis van Gaal memperlihatkan ekspresi wajah yang suram.

Pada 16 Agustus 2014, publik Old Trafford pantas terhenyak setelah timnya dikalahkan 1-2 dari tim kecil Swansea City. Louis van Gaal yang digadang-gadang akan membuat Man United sukses, setelah memecat David Moyes, ternyata harus terpeleset di laga perdana Liga Primer Inggris.

Bahkan, di laga pertama Liga Primer Inggris, Moyes bisa menggilas Swansea City 1-4 di Liberty Stadium. Laga ini tentu mencoreng nama Van Gaal sebagai pelatih kaliber dunia yang sudah sukses menangani banyak tim elit Eropa.

Susunan pemain kalah melawan Swansea City:

De Gea; Jones, Smalling, Blackett; Lingard (Januzaj 24'), Fletcher, Mata, Herrera (Fellaini 67'), Young; Hernandez (Nani 45'), Rooney.


2. MK Dons 4-0 Man United (Piala Capitol One)

Pelatih Manchester United Louis van Gaal menjalani sejumlah laga buruk bersama Man United musim ini.

Pada laga Piala Capitol One pada 26 Agustus 2014 lalu, Louis van Gaal mendapatkan banyak kritik pedas setelah kalah memalukan 4-0 dari tim Liga Championship, Milton Keynes Dons.

Gol MK Dons sendiri diciptakan oleh William Grigg dan Benik Afobe. Kekalahan ini membuat Man United harus tersungkur dari persaingan Piala Liga musim ini.

Susunan pemain kalah melawan melawan MK Dons:

De Gea; Vermijl, James, Oliveira, Evans; Keane, Janko (Pereira 45'), Kagawa (Januzaj 20'); Hernandez, Welbeck, Powell (Wilson 57').


3. Wolfsburg 3-2 Man United (Liga Champions)

Louis van Gaal gagal mengangkat prestasu Man United sejak bergabung dua musim lalu.


Pada 8 Desember 2015, Man United harus tersingkir dari Liga Champions setelah kalah 2-3 dari klub Jerman, Wolfsburg. Sebelumnya, semua tampak aman bagi Van Gaal setelah Anthony Martial membuat keunggulan di 10 menit awal permainan.

Namun, 2 menit kemudian pemain Wolfsburg, Naldo berhasil menyamakan kedudukan. Lalu,  Veirinha berhasil membobol gawang De Gea kembali di menit ke-29.

Harapan Man United kembali ada setelah salah seorang pemain Wolfsburg membuat gol bunuh diri di menit ke-82. Namun, 2 menit kemudian Naldo kembali membobol gawang Man United.

Dengan hasil itu, Man United tersingkir dari babak kualifikasi Liga Champions. The Red Devils tergeser oleh PSV Eindhoven yang duduk di peringkat kedua klasemen grup B.

Susunan pemain saat kalah melawan Wolfsburg: 

De Gea; Varela, Smalling, Blind, Darmian (Borthwick-Jackson 43'); Schweinsteiger (Carrick 69'), Fellaini, Mata (Powell 69'); Lingard, Depay, Martial.


4. Midtjylland 2-1 Man United (Liga Europa)

Posisi Louis Van Gaal dibayangi pemecatan sejak awal musim lalu.

Pada 18 Februari 2016 bencana kembali menghampiri Van Gaal. Mereka kalah dari klub asal Denmark, Midtjylland pada laga leg pertama 32 besar Liga Europa.

Tak ada yang menyangka dengan kekalahan ini. Man united yang dikenal sebagai tim besar bisa takluk dari tim yang namanya saja tentu asing bagi para pecinta sepakbola.

Saat itu, Man United memang sedang ada masalah. Mereka tak diperkuat kiper andalan David De Gea yang mengalami cedera saat pemanasan. 

Beruntung pada laga leg kedua di Old Trafford, mereka berhasil membantai juara Liga Denmark itu dengan skor telak 5-1.

Susunan pemain saat kalah melawan Midtjylland: 

Romero; Love, McNair, Smalling, Blind; Carrick, Herrera (Schneiderlin 72'), Mata (Pereira 78'); Lingard, Depay, Martial.


5. Tottenham Hotspur 3-0 Manchester United (Liga Primer Inggris)

Pendukung Man United pasti sangat miris melihat bagaimana The Red Devils tak berdaya menghadapi Tottenham Hotspur pada 10 April 2016 lalu. Bertanding di White Hart Lane, Setan Merah seolah tak bertaji.

Tottenham berhasil memberondong gol  ke gawang United hanya dalam waktu 6 menit saja. Di menit ke-70, Delle Ali berhasil membuat De Gea memungut bola dari gawangnya.

4 menit berselang, Toby Alderweireld menggandakan keunggulan. Lantas, 2 menit kemudian Erik Lamela menyudahi perlawanan Man United.

Susunan pemain saat kalah melawan Tottenham Hotspur:

De Gea; Fosu-Mensah (Darmian 68'), Smalling, Blind, Rojo; Schneiderlin, Carrick, Mata (Depay 76'); Lingard, Rashford (Young 45'), Martial.

Louis van GaalTottenham HotspurSwansea CityWolfsburgMK DonsMidtjylland

Berita Terkini