x

Rawat Sepatu Bola bukan Hal Mudah, Ini Tips dan Trik dari Seorang Profesional

Jumat, 3 Juni 2016 11:00 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Galih Prasetyo

Seorang kitman profesional yang ada di klub Persib Bandung, Fikri Apriansyah menyebut bahwa sepatu yang digunakan pemain bukan perkara mudah untuk dilakukan. 

“Setiap harinya saya harus sudah siap untuk mengurus sejak jam setangah lima karena mulai latihan jam 5, itu semua sepatu udah dicuci bersih, dan siap dipakai buat latihan, gak ada tips khusus sih yang penting sepatu pemain harus dicuci bersih, jangan sampai kotor, stok sepatu untuk latihan sama main di lapanngan juga berbeda jangan sampai disamakan,” jelas Fikri Apriansyah atau biasa dipanggil Bule saat dihubungin INDOSPORT. 

Untuk latihan dan pertandingan, pemain Persib memang memiliki stok sepatu yang berbeda-beda. Menurut Bule, sudah menjadi keharusan agar sepatu yang digunakan untuk latihan dibedakan dengan sepatu untuk pertandingan sesungguhnya. Kualitas sepatu yang digunakan saat latihan pastinya berbeda dengan untuk pertandingan asli.

Menarik memang jika menelusuri lebih jauh bagaimana seorang kitman merawat sepatu sepakbola yang mereka gunakan. Berikut sejumlah tips dan trik merawat sepatu bola dari seorang profesional: 


1. Rendam air panas

Ilustrasi sepatu bola

Salah seornag kitman profesional yang sempat bekerja untuk Chelsea, Stewart Bannister mengatakan untuk membuat sepatu bola nyaman digunakan oleh pemain salah satu cara merawatnya ialah dengan merendamnya dengan air panas sebelum sepatu digunakan. 

"John Terry ialah pesepakbola yang suka dengan sepatu bola lembut saat digunakan. Saya harus meredamnya di air hangat, air hangat yang tidak terlalu panas, setelah itu letakan di handuk kering," kata Bannister. 

Kitman Persib, Fikri juga mengatakan saat mencuci sepatu, hindari mencuci dengan menggunakan mesin cuci. Bersihkan bagian sepatu dengan menggunakan sikat yang lembut. Kitman Persib tersebut bahkan telah mempersiapkan sepatu setengah jam lebih awal demi mencuci semua sepatu dengan tangannya.


2. Bersihkan secepat mungkin

Trik kedua yang membuat sepatu bola juga nyaman untuk digunakan ialah membersihkannya secepat mungkin saat sepatu tersebut kotor karena lumpur karena digunakan. 

"Ambil kuas dan celupkan ke air dingin, setelah itu oleskan ke sepatu yang kotor hingga kotorannya terlepas. Jika ada sedikit lumpur, biarkan sampai mengering terlebih dahulu," kata Bannister. 

Ditambahkan Bannister, jangan pernah letakan sepatu yang baru dibersihkan dari lumpur di dekat radiator yang mengeluarkan uap panas. 

"Sepatu akan memang cepat kering namun setelahnya sepatu akan seperti batu bata yang berat saat digunakan," kata Bannister. 

Hal sama dituturkan oleh kitman Persib Bandung, Fikri Apriansyah. 

"Cara terbaik yang dilakukan ialah dengan melepas tali sepatu tersebut dan dengan perlahan membersihkan bagian bawah sol sepatu yang penuh dengan lumpur dengan cara disikat hingga semua kotoran lepas," kata Fikri. 


3. Gunakan cara klasik

Bannister mengatakan bahwa cara terakhir yang bisa digunakan untuk merawat sepatu bola ialah menggunakan cara yang klasik. 

Gunakan dubbin atau sejenis pelindung kulit yang biasa digunakan pemain era 70-an. Gosok dubbin ke arah sepatu dengan kain seperti saat menyemir sepatu. 

"Cara ini memang terkesan kuno namun terbukti ampuh membuat sepatu lebih nyaman digunakan," kata Bannister.  

Persib BandungAsk the ExpertSepatu Sepak BolaKitman

Berita Terkini