x

(VIDEO) 5 Laga Final Terbaik Euro Sepanjang Sejarah

Sabtu, 2 Juli 2016 16:00 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Hajatan besar turmanen sepakbola negara-negara Eropa telah menghadirkan sejumlah fakta dan sejarah menarik sejak pertama kali diinisiasi oleh Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Prancis, Henri Delaunay pada tahun 1927 itu.

Turnamen ini sejatinya direncanakan untuk digelar pertama kali pada tahun 1955, namun sang inisiator lebih dahulu dipanggil oleh yang kuasa lima tahun sebelum penyelenggaraan turnamen digelar. 

Untuk menghormati Delaunay, namanya kemudian disematkan sebagai trofi juara yang diperebutkan, sementara edisi perdana turnamen pada akhirnya digelar pada tahun 1960 di Prancis. 

Edisi perdana menghadirkan empat tim yang bersaing di putaran final setelah melewati babak kualifikasi yang pada saat itu diikuti oleh 17 tim. 

Beragam kisah menarik dan goresan tinta emas pun mengiringi sejarah perjalanan turnamen empat tahunan pada tahun genap antara Piala Dunia ini. Mulai dari perubahan nama, format kejuaraan, daftar rekor yang terpecahkan dan lain sebagainya.

Namun ulasan kali ini, memfokuskan untuk mengulas kembali laga-laga final terbaik pilihan INDOSPORT yang pernah tercipta sepanjang sejarah turnamen sebagaimana terangkum berikut.


1. Final Euro 1960 (Uni Soviet vs Yugoslavia)

Final Euro 1960 (Uni Soviet vs Yugoslavia)

Euro 1960 merupakan edisi perdana Kejuaraan Sepakbola Eropa UEFA di mana laga finalnya diselenggarakan di Stadion Parc des Princes, Prancis pada tanggal 10 Juli 1960.

Laga final kali itu mempertemukan antara Uni Soviet melawan Yugoslavia setelah keduanya berhasil melewati fase gugur yang sempat diwarnai oleh aksi walk out Spanyol yang menolak melawan Uni Soviet di perempatfinal lantaran protes politik.

Pertandingan yang disaksikan langsung oleh 17.966 pasang mata ini berjalan ketat sejak kick-off digulirkan hingga 90 menit waktu normal berakhir.

Yugoslavia sempat memimpin dan menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 lewat gol yang diciptakan oleh penyerang andalannya Milan Galic pada menit 43.

Namun Uni Soviet yang dikapteni oleh kiper legendaris, Lev Yashin berhasil mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan lewat gol cepat Kalistratovich Metreveli pada menit 49 babak kedua.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit waktu normal bubar hingga laga harus berlanjut ke babak tambahan waktu.

Uni Soviet akhirnya berhak menyabet gelar juara edisi perdana Euro setelah berhasil menutup laga dengan kemenangan 2-1. Kemenangan Uni Soviet ditentukan oleh gol Viktor Ponedelnik pada menit 113 babak tambahan.

Berikut cuplikan video laga final Euro 1960
 


2. Final Euro 1976 (Cekoslovakia vs Jerman Barat)

Final Euro 1976 (Cekoslovakia vs Jerman Barat)

Final Euro 1976 merupakan salah satu partai final paling sengit yang pernah tercipta sejak pertama kali Euro digelar dan untuk pertama kalinya pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti. 

Partai pamungkas kali itu mempertemukan antara Cekoslowakia melawan Jerman di Stadion Crvena Zvezda, Yugoslavia pada 20 Juni 1976 disaksikan oleh 30.790 pasang mata.

Cekoslowakia memulai laga dengan rasa percaya diri tinggi dan memimpin lebih dulu lewat gol Jan Svehlik pada menit 8. Cekoslowakia bahkan menggandakan keunggulan lewat gol Karol Dobias pada menit 25.

Namun Jerman yang kala itu dipenggawai oleh Franz Beckenbauer meladeninya dengan semangat juang tinggi. Alhasil, Der Panzer mampu memperkecil ketertinggalan pada menit 28 lewat gol Dieter Muller dan menutup babak pertama dengan skor 2-1.

Cekoslowakia nyaris menyudahi pertandingan dengan kemenangan dalam 90 menit waktu normal, namun gol Bernd Holzenbein pada menit 89 membuat babak kedua berakhir dengan hasil imbang 2-2 memaksa laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Kedua tim tak mampu mencipta gol sepanjang babak tambahan waktu hingga pemenang akhirnya harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Yugoslavia akhirnya memastikan diri keluar sebagai juara setelah salah seorang algojo penalti Jerman, Uli Hoeneb gagal menjalankan tugasnya dengan baik. 

Sementara algojo terakhir Yugoslavia, Antonin Panenka menjadi penentu kemenangan setelah dengan dingin mengecoh Sepp Maier lewat tendangan penalti sensasionalnya.

Berikut cuplikan video laga final Euro 1976
 


3. Final Euro 1984 (Prancis vs Spanyol)

Final Euro 1984 (Prancis vs Spanyol)

Partai final Euro 1984 untuk kedua kalinya kembali digelar di Stadion Parc des Princes pada tanggal 27 Juni 1984 dan disaksikan oleh lebih dari 47.368 penonton.

Partai pamungkas yang saat itu mempertemukan tuan rumah Prancis melawan Spanyol sempat berjalan alot lantaran kedua tim tidak ada yang berhasil mencipta gol sepanjang 45 menit babak pertama.

Pendukung tuan rumah akhirnya bisa bersorak setelah pada menit 57 Michel Platini berhasil memecah kebuntuan melalui eksekusi tendangan bebas yang tidak mampu ditangkap kiper Spanyol, Luis Arconada.

Gol tersebut sekaligus mengukuhkan Platini sebagai pencetak gol terbanyak Euro hingga saat ini lantaran koleksi 9 gol yang diciptakannya sepanjang edisi turnamen kali itu belum berhasil terpecahkan.

Prancis akhirnya memastikan diri keluar sebagai juara setelah Bruno Bellone mempertegas keunggulan Prancis atas Spanyol menjadi 2-0 lewat gol yang diciptakannya pada penghung menit 90 babak kedua. 

Berikut cuplikan video laga final Euro 1984


4. Final Euro 1992 (Denmark vs Jerman)

Final Euro 1992 (Denmark vs Jerman)

Partai puncak Euro 1992 mempertemukan tim favorit juara Jerman yang baru memenangkan Piala Dunia 1990 melawan tim kuda hitam Denmark. 

Denmark sendiri tidak seharusnya berada di putaran final, namun Yugoslavia yang lolos dari babak kualifikasi sebagai juara grup terkendala perang saudara hingga mendorong UEFA memberikan haknya kepada Denmark sebagai runner-up grup.

Sebagai kuda hitam penampilan Denmark sepanjang putaran final memang cukup mengejutkan. Dipimpin oleh Peter Schmeichel, Denmark sukses taklukkan Belanda untuk merebut tiket final menghadapi Jerman.

Dongeng dan sensasi Denmark pun berlanjut di partai pamungkas. Jerman yang sepanjang jalannya pertandingan mendominasi penguasaan bola justru harus menanggung malu lantaran dikalahkan dengan skor 2-0 tanpa balas.

Kemenangan Denmark ditentukan oleh gol John Jensen pada menit 18 babak pertama dan Kim Vilfort pada menit 78 babak kedua.

Berikut cuplikan video laga final Euro 1992


5. Final Euro 2004 (Yunani vs Portugal)

Final Euro 2004 (Yunani vs Portugal)

Partai Final Euro 2004 mempertemukan tuan rumah Portugal sebagai favorit juara menghadapi Yunani yang saat itu baru dua kali lolos ke putaran final Euro sejak pertama kali turnamen digelar.

Laga pamungkas digelar di Stadion da Luz, Lisbon, Portugal pada 4 Juli 2004 dan disaksikan oleh lebih dari 62.865 penonton.

Kedua tim lolos dari Grup A, di mana Yunani sebelumnya sempat mengalahkan Portugal pada babak penyisihan dengan skor 2-1.

Keberhasilan Yunani menaklukkan tuan rumah Portugal pun kembali terulang di partai final dengan skor 1-0 lewat gol semata wayang Angelos Charisteas yang tercipta pada menit 57.

Sukses Yunani menyabet gelar juara diperoleh lantaran menerapkan strategi pertahanan yang kokoh dengan dilengkapi serangan balik yang mematikan.

Dengan strateginya tersebut, Yunani bahkan tidak pernah kebobolan sepanjang babak knock-out dan selalu berhasil mencetak gol dalam setiap pertandingan.

Atas penampilan gemilangnya Tim yang dijuluki "The Pirate" itu selalu dikenang dengan kegigihan, keuletan, etos kerja tinggi serta kemampuan melaksanakan strategi yang disusun oleh sang pelatih Otto Rehhagel.

Berikut cuplikan video laga final Euro 2004

SpanyolYunaniPrancisJermanPortugalDenmarkUni SovietEuroJerman BaratBola InternasionalEuro 2004YugoslaviaCekoslovakiaEuro 1960Euro 1976Euro 1984Euro 1992

Berita Terkini