x

7 Talenta Muda Hebat yang Bakal Berstatus Pemain Pinjaman

Kamis, 28 Juli 2016 16:52 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Jendela transfer musim panas kali ini merupakan momen yang dimanfaatkan oleh klub untuk memperkuat amunisi pemain mereka sebelum memulai musim kompetisi 2016/17.

Namun perekrutan pemain-pemain anyar tersebut membuat klub kelebihan stok pemain dan memusingkan pelatih untuk menentukan pemain mana yang menjadi pilihan utama.

Sebut saja Chelsea dengan pelatih barunya Antonio Conte. Juara Liga Primer 2014/15 itu sejatinya sudah memiliki stok pemain di lini tengah yang kuat namun mereka masih mendatangkan seorang N'golo Kante dari Leicester.

Akibatnya, sejumlah pemain, khususnya pemain muda Chelsea berpotensi kehilangan peluang untuk mendapatkan tempat dalam skuat utama namun pihak klub merasa sayang untuk benar-benar melepas mereka dalam status penjualan.

Salah satu cara untuk mempertahankan dan tetap memberikan mereka kesempatan untuk mengembangkan diri agar lebih siap lagi nantinya adalah dengan meminjamkan mereka ke klub lain.

Lantas siapa saja pemain-pemain muda bertalenta yang berpotensi besar dipinjamkan ke klub lain oleh klub asalnya? INDOSPORT merangkumnya dalam ulasan berikut.


1. Oleksandr Zinchenko

Talenta muda anyar Manchester City, Oleksandr Zinchenko.

Perekrutan gelandang tengah asal Ukraina, Oleksandr Zinchenko oleh Manchester City di bursa transfer musim panas ini sejatinya cukup mengejutkan.

Pasalnya, Zinchenko merupakan sosok pemain muda yang masih berusia 19 tahun. Namun jika menilik rekam jejaknya di Liga Rusia bersama UFA penandatanganan pemain kelahiran 15 Desember itu cukup beralasan.

Di usianya yang masih sangat muda, Zinchenko mendapat kepercayaan untuk mengisi tempat utama dalam skuat UFA dengan membuat 31 penampilan dan berkontribusi atas dua gol.

Zinchenko juga tercatat sebagai pemain Ukraina yang berhasil memecahkan rekor pendahulunya, Andriy Shevchenko sebagai pemain termuda yang berhasil mencetak gol dalam laga internasional di usia 19 tahun.

Zinchenko sendiri merupakan sosok pemain muda yang menjadi buruan sejumlah klub besar di bursa transfer musim panas ini. Namun kehadiran Pep Guardiola membuatnya kemudian memilih untuk berlabuh bersama The Citizens.

Pep sejatinya berpeluang untuk mempromosikannya dalam skuat utama Manchester City, namun melihat padatnya stok pemain hebat berpengalaman membuat Zinchenko diindikasi akan memulai debutnya bersama Man City sebagai pemain pinjaman.


2. Sheyi Ojo

Sheyi Ojo

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp membuktikan jika dirinya sangat memperhatikan perkembangan pemain muda klub pada musim lalu. Klopp kerap mempromosikan sejumlah pemain muda untuk tampil dalam skuat utamanya.

Sheyi Ojo merupakan salah satu pemain muda yang berhasil mencuri perhatian mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut. 

Namun dengan usianya yang baru genap 19 tahun pada bulan Juni lalu pemain kelahiran Inggris tersebut dirasa perlu untuk menambah pengalaman dan jam terbangnya di klub lain sebelum mengisi posisi utama dalam skuat Liverpool.


3. Chuba Akpom

Perburuan Arsenal untuk mendapatkan seorang sosok ujung tombak tajam terus berlanjut setelah penawaran mereka untuk Jamie Vardy tertolak pada awal bursa transfer.

Ambisi The Gunners untuk mendatangkan penyerang Lyon, Alexandre Lacazette juga dilaporkan gagal. 

Akibatnya, banyak yang menyarankan agar Arsenal memberikan jatah tempat untuk sosok penyerang muda, Chuba Akpom meskipun usianya masih 20 tahun.

Penyerang asal Inggris tersebut juga tampil cukup menjanjikan dalam masa pinjamannya sejak tahun 2014 lalu ke sejumlah klub.

Namun melihat gelagatnya, Arsene Wenger tampaknya akan masih meminjamkannya ke klub lain untuk mempertajam finishing-nya dan lebih mapan lagi sebelum menjadi striker papan atas.


4. James Wilson

Penyerang muda Man United, James Wilson.

Eksistensi James Wilson sebagai penyerang muda bertalenta sudah terlihat menonjol pada tahun 2014 dan mencuri perhatian publik sepakbola Inggris.

Pemain yang kini berusia 20 tahun itu terbukti memiliki naluri tajam sebagai seorang penyerang yang haus gol.

Namun kemunculan Marcus Rashford membuat eksistensinya meredup, sementara pandangan publik pun bergeser.

Akibatnya musim 2015/16 lalu pelatih Louis van Gaal memutuskan untuk meminjamkannya ke Brighton dan Hove Albion di mana Wilson mencatat 25 penampilan dan berkontribusi atas 5 gol.

Bakat dan kemampuan Wilson memang tidak lagi perlu diragukan, namun di era kepelatihan Mourinho, pemuda kelahiran Inggris itu sepertinya akan masih belum mendapat tempat di skuat utama Man United.

Namun melihat potensi besarnya, Man United bersama Mourinho diyakini tidak akan melepasnya dalam bursa penjualan. Meminjamkannya ke klub lain diyakini masih menjadi opsi utama yang akan dipilih oleh klub.


5. Ruben Loftus-Cheek

Pemain Muda Chelsea, Ruben Loftus-Cheek

Loftus-Cheek telah disebut-sebut sebagai pemain terbaik yang berhasil dilahirkan akademi Chelsea setelah sekian lama.

Gelandang muda itu telah menunjukkan kemampuan terbaiknya musim lalu ketika Guus Hiddink memberinya kesempatan bermain di Liga Primer.

Antonio Conte sebagai pelatih anyar Chelsea sendiri telah menyatakan kemungkinan untuk memberinya kesempatan masuk dalam skuat utama musim ini.

Namun penandatanganan Michi Batschayi menunjukkan jika Conte ingin memasang dua penyerang dengan formasi 3-5-2 yang sudah akrab di mainkan di Chelsea.

Sedangkan stok pemain gelandang di lini tengah Chelsea tampaknya akan menyulitkan Loftus-Cheek untuk bisa bersaing mendapatkan tempat.

Opsi dipinjamkan ke klub lain merupakan pilihan yang diyakini paling tepat baginya untuk mendapatkan jam terbang dan pengalaman lebih banyak.


6. Sergi Samper

Talenta muda Barcelona, Sergi Samper.

La Masia tampaknya akan berjuang lebih keras untuk mengatasi krisis identitas yang mereka alami dalam beberapa waktu belakangan.

Akademi yang telah menghasilkan pemain-pemain seperti Xavi Hernandez, Cesc Fabregas dan lainnya belum lagi memunculkan sosok pemain muda yang benar-benar bersinar.

Namun kemunculan Sergi Samper menunjukkan bahwa akademi ini masih memiliki masa depan yang cerah. Meskipun masih berusia 21 tahun, pemain kelahiran Barcelona itu menunjukkan masa depan yang cerah.

Namun untuk bisa masuk ke skuat utama Barcelona, Samper tampaknya masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat.

Terbukti sejak 2014, ia hanya berkesempatan tampil bersama tim Catalan. Opsi peminjaman ke klub lain diyakini akan menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan kesempatan baginya untuk lebih berkembang meskipun sudah banyak klub yang menyatakan berminan untuk menggunakan jasanya.


7. Mateo Kovacic

Talenta muda Real Madrid, Mateo Kovacic.

Real Madrid mungkin berpikir penjualan Mateo Kovacic bisa menjadi pilihan terbaik. Namun pilihan tersebut bisa menjadi blunder besar bagi Los Blancos yang akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Kovacic telah menunjukkan bakat besarnya sebagai calon sosok gelandang yang akan besar dan bersinar meskipun ia belum benar-benar menunjukkan kemampuannya bersama klub .

Pasalnya, Zidane masih memiliki banyak pilihan tim dengan adanya Modric, Kroos dan Casemiro di lini tengah Real Madrid.

Zidane sendiri kini masih mengejar penandatanganan Paul Pogba dengan menambahkan Kovacic sebagai tambahan dalam penawaran untuk menekan budget pembelian. 

Setidaknya menjaganya tetap bertahan di klub diyakini akan tetap diprioritaskan sambil menunggu kesempatan ada klub yang mau meminjamnya.

Bursa TransferMateo KovacicLiga Primer InggrisJames WilsonRuben Loftus-CheekChuba AkpomSergi SamperLiga InggrisLiga SpanyolOleksandr ZinchenkoSheyi Ojo

Berita Terkini