x

(REVIEW) Mitra Kukar 2-2 PSM: Pasukan Juku Eja Gagal Curi Poin Penuh di Tanah Kalimantan

Minggu, 31 Juli 2016 18:07 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung | Editor: Hendra Mujiraharja

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Mitra Kukar langsung melakukan penekanan ke wilayah pertahanan PSM. Sebuah percobaan pun dilakukan oleh Bayu Prandana pada menit ke-2 yang mencoba melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Beruntung kiper Syaiful yang sigap mampu menghadang bola dengan baik dan membuat Mitra Kukar gagal membuka keunggulan lebih dulu.

Mencoba lepas dari tekanan tuan rumah, PSM pun mulai membangun serangan saat laga sudah berjalan 10 menit lebih. Sebuah back pass yang dilakukan lini belakang Mitra Kukar mampu dicuri oleh Ferdinand Sinaga yang lansung melakukan sepakan keras.

Sayang, kurangnya kontrol bola membuat sepakannya masih jauh melebar dari gawang yang dijaga Shahar Ginanjar.


Kiper Shahar Ginanjar gagal menjaga gawang Mitra Kukar. 

Sepanjang setengah babak pertama, kedua tim menampilkan permainan terbuka dengan sejumlah aksi jual beli serangan. PSM yang meski datang sebagai tamu mampu menciptakan sejumlah peluang untuk membuka keunggulan.

Akan tetapi, hingga babak pertama berakhir, kedua kesebelasan masih belum mampu memecah kebuntuan. Skor 0-0 pun menutup jalannya laga di babak pertama.

Laga babak kedua baru berjalan dua menit, PSM sukses lebih dulu mencuri keunggulan. Memanfatkan serangan balik, M. Rahmat yang berhasil menguasai bola langsung melepaskan sepakan keras ke arah pojok kiri gawang Mitra Kukar dan membuat skor menjadi 1-0 untuk keunggulan PSM.

Unggul satu angka membuat PSM sedikit berada di atas angin dan semakin gencar melakukan serangan ke wilayah pertahanan tuan rumah. Hasilnnya mereka pun sukses memperbesar keunggulan di menit ke-60.

Rahmat yang sebelumnya sudah mencetak gol melakukan penetrasi dengan melewati dua pemain bertahan kukar. Sebuah umpan manis pun ia berikan kepada Ferdinand Sinaga yang dengan mudah mengarahkan bola ke gawang Ginanjar. 2-0 PSM unggul atas Mitra Kukar.

15 Menit jelang berakhirnya waktu normal babak kedua, Mitra Kukar baru mampu memperkecil ketertinggalannya melalui titik putih. Penalti itu diberikan oleh wasit setelah menilai Jajang Maulana melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Marlon Da Silva yang didaulat menjadi eksekutor pun sukses menjalannkan perannya dengan baik. Skor pun berubah menjadi 2-1, dengan PSM yang masih unggul atas Mitra Kukar.


Marlon da Silva berhasil membobol gawang PSM.

Upaya armada Naga Mekes untuk menyamakan kedudukan pun akhirnya terjawab di menit ke-86. Kali ini Septian David muncul sebagai pahlawan Mitra Kukar setelah sepakannya mampu mengecoh kiper Syaiful. Skor menjadi imbang 2-2 untuk kedua kesebelasan.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit Thoriq M. Alkatiri, kedua tim tidak ada lagi yang mencetak gol. Hasil imbang 2-2 pun menutup pertandingan antara Mitra Kukar melawan PSM Makassar.

Hasil seri ini membuat Mitra Kukar berhasil naik ke posisi 10 klasemen sementara TSC 2016 dengan perolehan 16 poin dari 13 laga. PSM sendiri juga berhasil naik ke posisi 16 dengan perolehan 11 poin dari 13 laga.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Mitra Kukar (4-2-3-1): Shahar Ginanjar, Saepuloh, Arthur Cunha, Zulchrizal Gamal, Zikri Akbar, Bayu Pradana, Rodrigo Santos, Septian Maulana, Hendra Bayauw, Marlon Moura, Alan Pinheiro.
Cadangan: Gerri Mandagi, Joko Fitrayono, Asri Akbar, Anindito Erminarno, Arifki Putra, Ronal Setmot, Yogi Rahadian.
Pelatih: Subangkit.

PSM Makassar (4-3-3): Syaiful, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Wasyiat Hasbullah, Achmad Sumardi, Rasyid Bakri, Syamsul Haeruddin, Ridwan Tawainella, Rizky Pellu, M. Rahmat, Ferdinand Sinaga.
Cadangan: Davit Ariyanto, Valentino Telaubun, Jajang Maulana, Hasan Lohy, Maldini Pali, Andri, Muchlis Ning.
Pelatih: Robert Rene Alberts.

Mitra KukarPSM MakassarTorabika Soccer Championship (TSC)Liga Indonesia

Berita Terkini