x

Berniat Tampil Lebih Baik, Ini Dia Terobosan Baru untuk ISL 2017

Selasa, 15 November 2016 15:02 WIB
Editor: Dery Adhitya Putra

Usai diselenggarakannya kongres pemilihan ketua umum PSSI pada 10 November lalu, pecinta sepakbola Indonesia mendapat kabar baik. Wakil Ketua Umum PSSI periode 2016 - 2020, Joko Driyono, menyatakan bahwa pihaknya berencana untuk kembali menggelar ISL pada Maret 2017.

Untuk meningkatkan kualitas kompetisi, Joko menyebut bahwa dirinya akan melakukan sebuah hal baru. Jika terwujud, maka pertandingan ISL 2017 tidak hanya akan dipimpin oleh wasit lokal, tetapi juga wasit asing.
 


 

Sebagai permulaan, pria yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta (GTS) tersebut berkata bahwa wasit asing hanya bertugas di kompetisi kasta tertinggi.

"Setiap pekan pastinya ada sembilan pertandingan. Nanti, satu di antaranya akan dipimpin oleh wasit asing," ujar mantan Sekretaris Jenderal PSSI tersebut dikutip dari Bolindonews.

"Harapannya kami ingin memakai wasit dari Eropa. Tapi, bisa juga pakai wasit Asia. Misalnya menggunakan wasit dari Jepang."
 


Wasit asing diharap dapat memberi contoh dalam hal ketegasan saat mengambil keputusan

Pria asal Ngawi tersebut mengatakan bahwa sebenarnya wasit-wasit lokal tidak kalah bagus secara kualitas. Namun, banyaknya pertanyaan mengenai integritas wasit lokal yang dilontarkan klub-klub peserta liga membuat PSSI mantap untuk menghadirkan wasit asing.

“Soal kualitas, sebenarnya sama saja. Tapi, wasit asing ini bisa menjadi contoh dalam hal integritas. Sepeti dalam urusan mengambil keputusan dan lainnya,” tutup Joko.

ISLJoko DriyonoLiga IndonesiaIndonesian Super LeagueIndonesian Super League 2017

Berita Terkini