x

Kaleidoskop Liga Spanyol Januari-Juni 2016: Panggung Messi dan Masa Kelam Madrid

Rabu, 21 Desember 2016 11:06 WIB
Editor: Ramadhan

Cerita dan sejarah sepakbola Spanyol tahun 2016, tak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di kompetisi kasta tertinggi yang dikenal dengan nama La Liga Spanyol, dua nama besar seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih mendominasi ketimbang pemain lain.

Tak hanya itu, klub dari kedua pemain hebat tersebut yakni Barcelona dan Real Madrid, juga masih terus bersaing di papan atas kompetisi sepakbola tertinggi di Negeri Matador.

Bedanya hanyalah soal nasib. Yang jelas, cerita yang selalu muncul dari kedua pemain masih seputar catatan statistik berupa rekor pribadi, prestasi, dan kehidupan di luar lapangan. Tak hanya itu, ada juga sejumlah masalah yang muncul di balik kebesaran klub.

INDOSPORT akan mengangkat kembali sederet peristiwa penting yang pernah terjadi di sepanjang Januari hingga Juni tahun 2016 ini.


1. Januari: Messi Pemain Terbaik Dunia

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di perhelatan Ballon d'Or.

12 Januari

Lionel Messi meraih penghargaan pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or 2015 setelah mengalahkan rival abadinya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dan rekan setimnya di Barcelona, Neymar.

Kekasih dari Antonella Roccuzzo itu meraih trofi Ballon d'Or 2015 dengan mendapatkan 41,33 persen suara. Sedangkan Ronaldo di tempat ke-2 dengan catatan 27,76 persen dan Neymar memperoleh 7,86 persen di tempat ke-3.

Messi sendiri sudah meraih total 5 trofi Ballon d'Or yakni pada 2009, 2010, 2011, dan 2012, dan 2015.

30 Januari

FIFA tangguhkan sanksi embargo transfer duo Madrid. FIFA akhirnya mengabulkan permohonan yang dilakukan oleh kedua klub untuk menunda pemberian hukuman. Hukuman yang dimaksud adalah hukuman dilarang melakukan transfer pemain hingga 2017.

Sanksi tersebut dijatuhkan akibat kedua klub diduga telah melakukan pelanggaran terkait memainkan sejumlah pemain berusia di bawah 18 tahun.

31 Januari

Neymar terancam kurungan 5 Tahun penjara. Neymar dan ayahnya diduga telah melakukan penggelapan pajak dan pemalsuan dokumen. Majalah Brasil Veja mengungkapkan kecurangannya tersebut. Neymar dan ayahnya diduga membuat tiga perusahaan.

Hal ini dilakukan agar mereka menghindari pembayaran pajak. Jika terbukti bersalah, para terdakwa bisa dihukum 5 tahun penjara.


2. Februari: Masa Suram Madrid

Atletico Madrid vs Real Madrid

15 Februari

Messi melakukan penalti dengan cara unik dan sah menurut aturan FIFA. Dia tidak menendang langsung bola tersebut, tapi memberikan umpan kepada rekan setimnya Luis Suarez untuk menjebol gawang Celta Vigo.

Memang, penalti yang dilakukan Messi sangat tidak wajar. Para penggemar sepakbola mungkin hanya mengetahui jika seorang pemain menendang bola langsung ke arah kiper.

Pemain lain baru bisa menceploskan bola bila ditepis kiper lawan atan mengenai tiang gawang. Namun, menurut peraturan FIFA tentang tendangan penalti, apa yang dilakukan Messi tersebut merupakan sebuah tindakan yang sah.

27 Februari

Real Madrid takluk 0-1 dari Atletico Madrid di laga Derby Madrid. Derby Madrid milik Atletico! Mereka berhasil mencuri kemenangan atas tim tuan rumah Real Madrid dengan skor tipis 1-0 di Santiago Bernabeu, lewat gol tunggal Antoine Griezmann.

Hasil ini sekaligus menjadi kekalahan perdana bagi pelatih anyar Zinedine Zidane yang juga membuat timnya gagal menyalip rival sekotanya tersebut di pekan ke-26.

28 Februari

Fans Madrid minta Presiden Real Madrid, Florentino Perez segera mundur. Real Madrid harus menderita kekalahan saat berhadapan dengan rival sekotanya, Atletico Madrid, dengan skor tipis 0-1 lewat gol Antoine Griezmann dalam laga lanjutan La Liga Spanyol di Santiago Bernabeu.

Akibat kekalahan tersebut, fans Los Blancos pun tak terima dan menyalahkan Presiden El Real, Florentino Perez.

28 Februari

Ronaldo diduga mengeluarkan komentar yang meremehkan rekan-rekan setimnya di Madrid. Itu terjadi usai Madrid kalah tipis 0-1 dari Atletico “Jika Pemain Madrid Sehebat Saya, Kami di Puncak.”

Ronaldo tak dapat menutup rasa kesalnya usai timnya gagal meraih kemenangan dari rival sekota, Atletico Madrid. Ia pun sesumbar jika rekan setimnya memiliki kehebatan seperti dirinya, maka saat ini Madrid berada di puncak klasemen.


3. Maret: Johan Cruyff Tutup Usia

Johan Cruyff

13 Maret

Barcelona ukir rekor gagal penalti terburuk di La Liga Spanyol. Hal itu membuat rekor 37 laga tak terkalahkan Barcelona di pentas La Liga Spanyol musim ini sedikit ternoda. Barcelona jadi tim pertama dalam sejarah La Liga yang paling banyak gagal mengeksekusi penalti dalam satu musim kompetisi

19 Maret

Neymar dijatuhi denda Rp664 Miliar atas kasus penggelapan pajak. Denda yang harus dibayarkan Neymar tersebut terkait kasus penggelapan pajak atas penghasilannya selama bergabung bersama klub Santos dan Barcelona serta sejumlah sponsor pribadinya.

24 Maret

Johan Cruyff wafat setelah berjuang melawan kanker. Legenda Barcelona itu tutup usia pada Kamis (24/03/16) karena penyakit kanker yang telah lama dia derita. Kepergian bintang Timnas Belanda, legenda klub Ajax, dan Barcelona ini menjadi sebuah kehilangan besar bagi dunia sepakbola.

25 Maret

Fans Barcelona ingin nama Johan Cruyff gantikan nama Stadion Camp Nou. Lewat tagar #EstadiJohanCruyff sejumlah fans Barcelona mendesak manajemen Barcelona untuk menggantikan nama Stadion Camp Nou dengan mantan legenda mereka yang baru saja wafat, Johan Cruyff,

Para fans yang ingin mantan bintang mereka yang baru saja wafat di usia 68 tahun itu dapat abadi di stadion kebanggaan mereka dengan ramai-ramai memakai hashtag #EstadiJohanCruyff. Cruyff wafat akibat kanker paru-paru. 

Rencana pergantian nama ini sekaligus bertepatan dengan renovasi Stadion Camp Nou yang rencananya bakal rampung pada 2017 mendatang.


4. April: Wajah Baru Camp Nou dan Rekor Luis Suarez

Rancangan Stadion Camp Nou

18 April

Rekor baru Lionel Messi terasa tak berguna setelah Barcelona kalah. Messi memang berhasil mencetak gol ke-500 sepanjang karier sepakbola profesionalnya. 450 diantaranya merupakan gol yang disumbangkan untuk Barcelona.

Messi telah berlaga bersama Barca sebanyak 525 pertandingan. El Messiah mencatatkan rekor ini secara fenomenal di usianya yang baru 28 tahun. Namun rekor Messi ini terasa hambar setelah El Barca harus menyerah 1-2 dari Valencia. Kekalahan ini merupakan yang ke-3 secara beruntun dalam seminggu.

21 April

Stadion Camp Nou akan memiliki wajah baru. Camp Nou akan segera didandani untuk beberapa tahun ke depan. Stadion kebanggaan Barcelona ini akan memiliki wajah baru yang lebih megah.

Usai menghajar Deportivo La Coruna 8 gol tanpa balas, skuat Barcelona langsung menggelar presentasi kandang baru mereka. Camp Nou akan segera menjalani sejumlah renovasi yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2021 mendatang.

Tribun atas serta penambahan kotak VIP merupakan target utama dalam renovasi stadion ini. Jika selesai nanti, Camp Nou akan mampu menampung 105 ribu penonton yang akan memeriahkan pertandingan Barcelona.

23 April

Spanyol bakal menciptakan sepakbola sehat. Hal itu disampaikan oleh Presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas yang berjanji akan membawa budaya baru ke kompetisi sepakbola tertinggi di negeri Matador dengan mengedepankan prinsip transparan dan akuntabel.

Seperti dilansir laliga.es, Tebas mengatakan bahwa ia dan jajarannya berjanji pada musim-musim mendatang akan membangun budaya bersih, transparan dan akuntabel di kompetisi La Liga Spanyol.

24 April

Quattrick Luis Suarez berhasil mempecundangi Cristiano Ronaldo sekaligus mengukir rekor fantastis. Gol-gol tersebut dicetak saat menghadapi Sporting Gijon pada pekan ke-35 di Camp Nou.

Menang 6-0, El Pistolero sukses mencetak 4 gol. Striker berusia 29 tahun tersebut sukses mengukir dua kali quattrick dalam dua laga beruntun terakhir dan itu merupakan rekor baru di pentas La Liga Spanyol.

Pemain tim nasional Uruguay itu berhasil menjadi pemain pertama yang mencetak total 8 gol dalam 2 pertandingan beruntun di La Liga Spanyol. 4 gol pertama dicetak Suarez saat mengalahkan Deportivo La Coruna 8-0, lalu 4 gol lainnya dicetak Suarez saat mengalahkan Sporting Gijon.


5. Mei: Double Winners Barcelona

Barcelona juara La Liga Spanyol 2015/16

14 Mei

Barcelona berhasil keluar sebagai juara La Liga musim 2015/16 setelah mengalahkan tuan rumah Granada dengan skor 3-0. Pada pertandingan ini Luis Suarez menjadi pahlawan El Barca,

23 Mei

Barcelona raih gelar Copa del Rey 2015/16 usai kalahkan Sevilla 2-0. Barcelona pun kembali menunjukkan jika mereka masih merupakan tim terbaik di Spanyol. Hal itu dibuktikannya saat mereka mengalahkan Sevilla dengan skor 2-0 pada Final Copa del Rey di Vicente Calderon.

El Barca pun sukses mengawinkan gelar Copa del Rey dengan gelar La Liga Spanyol di musim 2015/16.

25 Mei

Aksi tak sportif terjadi pada laga final Copa del Rey antara Barcelona melawan Sevilla di Vicente Calderon. Bek Sevilla Daniel Carrico melontarkan kalimat bernada ejekan homo kepada wasit yang memimpin laga, Carlos del Cerro Grande. Kini, Carrico pun mendapatkan hukuman atas perilaku tak terpujinya tersebut,

30 Mei

Jawara La Liga Spanyol, Barcelona secara resmi meluncurkan jersey kandang musim 2016/17, Senin (30/05/16). Barca kembali ke wajah lamanya dengan pola garis horizontal dengan dua warna kebanggaan merah dan biru.


6. Juni: Ulang Tahun Messi dan Museum Baru Ronaldo

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi sedang menendang bola

3 Juni

Bek Brasil, Dani Alves akhirnya secara resmi memutuskan untuk berpisah dengan Barcelona dan bergabung dengan Juventus, setelah 8 tahun membela klub raksasa La Liga tersebut. Alves menutup kebersamaannya dengan menuliskan sebuah surat perpisahan.

7 Juni

Cristiano Ronaldo kembali membuka museum dirinya sendiri di Funchal, ibu kota Madeira, Portugal. Museum baru Ronaldo ini lebih besar dan lebih bagus ketimbang yang pertama.

16 Juni

Dilansir oleh halaman resmi klub, Atletico Madrid yang merupakan runner up Liga Champions musim 2015/16 secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah meraih persetujuan untuk mendatangkan Nicolas Gaitan.

Ya, gelandang yang kini membela klub Liga Portugal, SL Benfica memang sudah lama menjadi incaran Diego Simeone. Performa gemilangnya membuat Benfica berhasil menembus partai perempatfinal Liga Champions musim 2015/16.

24 Juni

Lionel Messi merayakan ulang tahun yang ke-29 tepat pada hari ini, Jumat (24/06/16).  Peraih 5 kali gelar Ballon d'Or itu menegaskan kesetiannya kepada El Barca di hari ulang tahunnya. Messi mengaku ingin bertahan bersama Barcelona selama mungkin meski beragam tantangan menghadang.

Real MadridCristiano RonaldoNeymarBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolCopa del ReyFlorentino PerezKaleidoskopLiga Spanyol

Berita Terkini