x

Tiga Pelatih Paling Berpotensi Jadi Pengganti Arsene Wenger

Kamis, 9 Februari 2017 21:20 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Hendra Mujiraharja

Isu pemecatan Wenger memang terdengar hampir di setiap tahunnya. Namun, pelatih asal Prancis ini selalu lolos dari lubang jarum meskipun tidak memberikan juara bagi klub asal London tersebut.

Kegemilangan Wenger dalam mencetak keuntungan dari bursa transfer nampaknya menjadi salah satu alasan manajemen klub, untuk mempertahankan pelatih berusia 67 tahun ini. Namun untuk urusan gelar, pelatih yang mulai menangani Arsenal sejak tahun 96 ini terakhir hanya mempersembahkan gelar FA Cup di tahun 2014.

Namun, untuk meraih gelar Liga Primer Inggris serta Liga Champions, banyak pengamat yang mengungkapkan bahwa harus ada sebuah inovasi di tubuh Arsenal dengan berani memensiunkan pelatihnya ini. Pasalnya, permainan The Gunners sudah dianggap usang dan kurang mampu bersaing dengan tim-tim mapan lainnya di Eropa.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Pada musim lalu misalnya, Arsenal harus puas tanpa gelar. Gagal di Piala FA, Piala Liga, dan Liga Champions dan dipecundangi oleh tim promosi Leicester City yang berhasil merebut gelar Liga Inggris dari tangan mereka. Namun, ia tetap selamat dari pemecatan dengan berbagai alasan yang tidak bisa diterima oleh fans.

Untuk musim ini, The Gunners menatap awal musim dengan cukup menawan, namun seperti biasa Mesut Ozil cs tidak mampu mempertahankan performa gemilang tersebut. Suara sumbang tentang pemecatan kembali terdengar bagi pelatih yang sudah melakoni 1.105 partai bersama dengan klub asal London ini.

Mulai dari para fans, mantan pemain, hingga pemain yang masih merumput di Emirates Stadium pun tak luput menyiulkan nada pemecatan kepada sang pelatih.

Hal ini tidak lain sebagai buntut dari dua kekalahan beruntun yang mereka dapatkan di ajang Liga Primer Inggris. Arsenal di luar dugaan harus ditaklukan di kandang sendiri oleh Watford dengan skor 1-2, kemudian bermain dengan jauh dari kata mengesankan saat dihancurkan Chelsea pada Derby London beberapa hari lalu.

Isu pemecatan ini langsung berkembang dan semakin santer terdengar dengan menyertakan beberapa nama kandidat, yang dianggap pantas menggantikan pelatih yang telah menyumbangkan 15 gelar bagi The Gunners itu.

Setidaknya terdapat tiga nama mentereng yang mencuat ke permukaan sebagai calon kuat pemegang tongkat estafet Wenger di Emirates Stadium. Mulai dari pelatih asal Italia, Argentina, hingga pria asal Jerman yang memiliki peluang kuat sebagai pelatih baru Arsenal.

Tidak berlama-lama, berikut INDOSPORT akan memberikan daftar tiga pelatih mentereng yang bakal gantikan Wenger.


1. Massimiliano Allegri

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri selebrasi dengan mencium trofi TIM CUP.

Kesuksesannya menahkodai raksasa Serie A, Juventus membuat namanya semakin nyaring terdengar di sepakbola benua biru. Allegri yang mulai menangani Si Nyonya Tua pada musim panas tahun 2014, sukses memberikan banyak gelar bagi klub yang bermarkas di Kota Turin tersebut.

Sejak tahun 2014, Allegri setidaknya berhasil mempersembahkan empat trofi bergengsi bagi Si Nyonya Tua. Bahkan, Allegri berhasil mengantarkan Juventus ke final Liga Champions Eropa pada tahun pertamanya bermukim di Turin. Kepindahan Allegri ke Inggris bahkan didukung oleh pelatih kawakan Italia, Giovanni Galeone. 

Pelatih senior Italia ini mengungkapkan bahwa masa-masa menyenangkan Allegri di Juventus sudah mulai usai, seiring dengan hasil buruk yang didapat Juventus di awal musim ini.

"Siklus bagusnya di Juventus sudah mulai berakhir dan saya mengharapkan Allegri segera melatih di Liga Inggris setelah memberikan gelar bagi Juventus," ujar Galeone yang menjadi mentor dari pelatih berusia 49 tahun ini.

Kesuksesan Antonio Conte menjadi pelatih Chelsea sejauh ini juga dijadikan salah satu alasan kuat kepindahan seorang Allegri ke Arsenal. Pasalnya, keduanya sama-sama pelatih asal Italia yang dianggap memiliki banyak taktik untuk menaklukkan kerasnya Liga Inggris.

Namun, Allegri sendiri masih bungkam terkait dengan isu ini. Komentar terbaru telah dibuatnya selepas mengantarkan Juventus mengalahkan Crotone beberapa hari lalu. Meski bungkam, namun ia tidak menampik peluang bakal hijrahnya ke Inggris di akhir musim mendatang.


2. Diego Simeone

Diego Simeone pada laga Liga Champions musim 2016/17 Grup D.

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone menjadi nama lain yang muncul ke permukaan setelah rumor pemecatan Arsene Wenger menyeruak.

Kesuksesannya membawa Atletico menjadi kekuatan baru di Spanyol, sekaligus mampu menyamai kekuatan dari Real Madrid dan Barcelona di Tanah Matador membuat namanya semakin nyaring dibunyikan di Eropa.

Bahkan, Legenda Arsenal, Ray Parlour juga berani menjagokan pelatih asal Argentina ini menjadi suksesor Wenger di Arsenal. Parlour juga meyakini bahwa Simeone akan menguji kehebatanya di Tanah Britania bersama beberapa pelatih kelas dunia seperti Pep Guardiola, Jose Mourinho, hingga Antonio Conte.

"Simeone, apakah dia ingin pindah dari La Liga? Kita tidak tahu, tapi saya yakin dia ingin menguji dirinya di Liga Primer Inggris menghadapi para pelatih hebat seperti Pep Guardiola, Jose Mourinho, Jurgen Klopp dan manajer lainnya,"ujar Parlour.

Selain itu, Simeone juga dianggap menjadi salah satu nama yang mampu membuat dua bintang Arsenal yakni Mesut Ozil dan Alexis Sanchez bertahan lebih lama di Emirates Stadium. Simeone juga dianggap sebagai pelatih yang bisa memberikan alasan yang jelas mengapa kedua pemain ini harus bertahan di Arsenal. 

Apalagi dengan gaya sepakbola bertahannya yang solid, tentu akan membuat Arsenal lebih efisien dalam bermain dan membuat mereka terhindar dari kekalahan. Sebagai catatan, gaya bermain Atletico yang cenderung bertahan juga sangat dibenci oleh Mourinho ketika ia masih menukangi Real Madrid.


3. Thomas Tuchel

Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel.

Nama terakhir adalah pelatih Thomas Tuchel. Pelatih yang kini membela Borrusia Dortmund ini memang belum mempersembahkan sebiji gelar pun bersama Die Borussen, namun data statistik penampilannya pun patut untuk disimak.

Tercatat, dari 57 laga bersama Dortmund, ia sukses meraih 41 kemenangan, delapan kali imbang, dan menelan delapan kekalahan. Ia juga berhasil mencetak persentase kemenangan yang mencapai 71,93 persen. Tuchel yang ditunjuk menggantikan peran dari Jurgen Klopp yang hengkang ke Liverpool diperkirakan bakal mengikuti jejak kompatriotnya itu untuk segera mencicipi ketatnya Liga Primer Inggris.

Gaya bermain energik yang ditunjukan oleh Dortmund versi Tuchel tentunya akan sangat cocok jika diterapkan pada skuat Arsenal musim ini. Apalagi, Arsenal memiliki banyak pemain lincah seperti Theo Walcott, Alexis Sanchez, Alex Iwobi, hingga Mesut Ozil yang memiliki mobilitas tinggi di lini tengah Arsenal.

Dibawah tangan dingin Tuchel, Dortmund berhasil bangkit dan kembali menjadi kekuatan di Bundesliga Jerman. Kehadiran Tuchel di Signal Iduna-Park juga sekaligus menjadi magnet tersendiri bagi para pemain bintang seperti Marc Bartra dan berhasil mengembalikan seorang Mario Gotze.

Rumor kepindahan Tuchel ke Arsenal bahkan sudah menyeruak sejak awal musim lalu. Ketika itu ia berhasil menjalankan tugas sebagai pelatih pengganti dari Jurgen Klopp di pertengahan musim. Bahkan, media Jerman, Sportbild meyakini bahwa pelatih berusia 43 tahun itu akan menahkodai Arsenal pada akhir musim mendatang.

Tentu saja jika memang jadi diganti, manajemen Arsenal tidak bisa gegabah dalam memilih pelatih baru. Pasalnya, pesaing mereka yakni Manchester United sempat mengalami hal buruk usai Sir Alex Ferguson lengser dari kursi kepelatihan Setan Merah.

Bursa TransferArsenalArsene WengerJuventusMassimiliano AllegriDiego SimeoneThomas TuchelBola Internasional

Berita Terkini