x

4 Bek Sayap Kanan yang Bisa Gantikan Aleix Vidal

Rabu, 15 Februari 2017 18:44 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja

Pemain asal Spanyol itu mengalami cedera dislokasi engkel, saat membantu Barcelona menang 6-0 atas Deportivo Alaves di kompetisi La Liga pada Sabtu (11/02/17). Cedera itu membuat Vidal harus istirahat dari lapangan hijau setidaknya hingga lima bulan ke depan.

Tentu, cedera yang dialami Vidal membuat Barcelona kini hanya menyisakan satu bek kanan, yakni Sergi Roberto. Dengan musim kompetisi yang masih panjang, Blaugrana membutuhkan tambahan pemain untuk menempati posisi di sisi kanan pertahanan.

"Kedalaman skuat kami saat ini sangat kurang, terutama di posisi bek kanan. Kami akan coba mencari pemain dari klub La Liga lain atau pemain bebas transfer yang cocok untuk kami," ujar Enrique, sebagaimana diberitakan ESPN.

Tentu, cedera yang dialami Vidal sangat merugikan. Pasalnya, pemain yang direkrut dari Sevilla tersebut sedang menemukan performa terbaiknya.

Sebenarnya, bursa transfer musim dingin sudah ditutup. Namun, kok bisa Enrique mendatangkan pemain baru untuk memperkuat skuatnya? Ya, menurut peraturan Badan Sepakbola Dunia (FIFA), Barcelona memang bisa mendatangkan pemain baru.

Syaratnya, pemain yang bersangkutan tidak boleh direkrut dari tim sesama di La Liga Spanyol atau pemain yang berstatus bebas transfer. Berikut ini, INDOSPORT akan membahas empat pemain yang pantas menjadi kandidat pengganti posisi Vidal.


1. Joao Cancelo (Valencia)

Joao Cancelo (Valencia).

Sebenarnya, pemain Valencia ini sudah lama menjadi incaran Barcelona. Bahkan, pada bursa transfer musim dingin kemarin, ramai dibicarakan Joao Cancelo akan merapat ke Camp Nou.

Namun, awalnya Cancelo baru akan didatangkan pada bursa transfer musim panas mendatang. Pihak Barcelona dikabarkan sudah mencapai kesepakatan untuk memboyong Cancelo dari Valencia dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Valencia disebut memasang banderol 30 juta euro atau setara Rp421 miliar. Namun, harga ini bukan masalah bagi manajemen Blaugrana yang sangat membutuhkan pemain berkualitas di posisi bek sayap kanan.

Sekilas tentang Cancelo, pemain kelahiran Barreiro, Portugal tersebut merupakan pemain jebolan Benfica B. Penampilannya yang cemerlang bersama Benfica membuat Valencia tertarik untuk merekrutnya.

Pada 20 Agustus 2014, Cancelo direkrut oleh Valencia. Namun, tidak disebutkan berapa dana yang dikeluarkan oleh Los Che pada saat itu.


2. Michel Macedo (Las Palmas)

Michel Macedo pada laga saat melawan Real Madrid (11/18/16).

Ketimbang Cancelo, namanya mungkin tidak terlalu dikenal. Michel Macedo merupakan seorang bek kanan yang memperkuat Las Palmas.

Menurut Whoscored, pemain berkebangsaan Brasil tersebut memiliki keunggulan dalam konsentrasi dan juga umpan silang.

Dia juga tipe pemain yang suka melakukan operan pendek. Tentu, itu sangat cocok dengan permainan Barca, yang terkenal dengan umpan-umpan pendeknya.

Namun, ada sebuah kelemahan yang dimiliki pemain asal Brasil tersebut. Dia sangat kurang ketika melakukan tekel.

Sementara itu, menurut data yang dikeluarkan oleh Squawka, Macedo berhasil melakukan duel cukup banyak. Tercatat, dia mampu memenangi 61 persen perebutan bola dengan pemain lawan.


3. Jonny Castro (Celta Vigo)

Jonny Castro (kiri) menghalau Yannick Ferreira Carrasco.

Nama berikutnya yang menjadi kandidat untuk menggantikan posisi Vidal adalah Jonny Castro. Saat ini, Castro memperkuat Celta Vigo.

Menurut data dari Whoscored, pemain berusia 22 tahun tersebut memiliki keunggulan dalam penguasaan bola, umpan, dan melakukan intercept.

Kemampuan tersebut memang sangat sesuai dengan taktik yang diterapkan oleh pelatih Barcelona, Luis Enrique. Castro juga memiliki kemampuan umpan yang cukup baik.

Menurut data dari Squawka, pemain berkebangsaan Spanyol tersebut berhasil melakukan umpan sebanyak 82 persen.

Tentu, kehadiran Castro diharapkan bisa menambah daya dobrak dan bisa memperkuat kedalaman skuat besutan Enrique tersebut.


4. Ander Capa (Eibar)

Bek SD Eibar, Ander Capa.

Pemain terakhir ada nama Ander Capa. Namun, kemampuan pemain berkebangsaan Spanyol tersebut tercatat sebagai yang terlemah ketimbang ketiga kandidat di atas.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Whoscored, pemain berusia 25 tahun tersebut memiliki kelemahan dalam memegang bola dan melakukan umpan.

Tidak hanya itu, sebagaimana dikutip dari Squawka, Capa juga buruk dalam berduel dengan pemain lawan. Dia hanya mampu memenangi duel sebanyak 47 persen.

Selain itu, akurasi umpannya juga tidak terlalu bagus. Tercatat, Capa hanya berhasil melakukan umpan sukses 62 persen saja.

Dengan demikian, maka semua tergantung terhadap Luis Enrique mau memilih pemain yang mana untuk menggantikan posisi Vidal yang sedang cedera.

Bursa TransferBarcelonaAleix VidalLiga SpanyolJoao Cancelo

Berita Terkini