x

3 Marquee Player yang Bisa Didatangkan Persija Jakarta

Kamis, 30 Maret 2017 15:45 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra

Persib Bandung sukses mendapatkan jasa Michael Essien jelang bergulirnya Liga 1 Indonesia 2017 mendatang. Kehadiran Essien didapuk sebagai salah satu marquee player Persib Bandung musim ini.

Marquee player sendiri menjadi salah satu fenomena lain kompetisi tertinggi Indonesia musim ini. Regulasi anyar kompetisi ini memang menjadi perdebatan klub-klub di Indonesia.

Bagaimana tidak, kehadiran marquee player membuat setiap klub bisa menurunkan 4 pemain asing dalam setiap laga. 2 pemain asing non-Asia, satu orang pemain asing Asia, dan satu pemain marquee player lainnya.

Namun, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sendiri memiliki regulasi ketat terkait marquee player ini. Marquee player diharuskan untuk bermain dalam tiga edisi Piala Dunia terakhir dan masih berusia di bawah 35 tahun.

Lalu bagaimana dengan Persija Jakarta? Klub kebanggaan ibu kota ini nampaknya masih kalem menanggapi marquee player musim ini.

Di bawah Gede Widiade sebagai nahkoda baru, Macan Kemayoran tidak mau grasak-grusuk dalam aktivitas transfer. Pun demikian dengan para calon marquee player mereka.

Secara diplomatis, Gede bahkan telah menyatakan bahwa Bambang Pamungkas merupakan marquee player mereka. Namun akan disayangkan jika klub sebesar Persija Jakarta dengan segudang sejarah dan prestasi tampil di kompetisi tertinggi tanpa pemain bergengsi.

Apalagi saat ini, Persija Jakarta membutuhkan seorang playmaker berkelas untuk melengkapi skuatnya. Hal ini berkali-kali diungkapkan oleh Stefano Cugurra Teco terkait kekurangan di armadanya saat ini.

Berikut marquee player yang mungkin bisa didatangkan Persija Jakarta untuk melengkapi skuat mereka di Liga 1 Indonesia hasil rangkuman INDOSPORT;


1. Raul Meireles

Raul Meireles pada laga saat melawan Arsenal.

Raul Meireles merupakan salah satu talenta emas Portugal sejak pertama kali kemunculannya di tahun 2006. Pemain yang besar bersama FC Porto terakhir mengikuti Piala Dunia bersama Portugal di tahun 2010 dan 2014 lalu.

Meireles kemudian mencapai masa keemasan saat bergabung bersama Chelsea usai dilepas oleh Liverpool. Pemain yang kini berusia 34 tahun ini bahkan memenangi satu trofi Liga Champions bersama The Blues pada tahun 2011/12.

Gemilang bersama Chelsea, Meireles kemudian menyeberang ke Fenerbahce di Liga Turki. Meireles masih menunjukkan sinarnya dengan membawa Fenerbahce memenangi gelar Liga Turki di musim 2013/14.

Kini Meireles berstatus sebagai pemain bebas transfer. Harga Meireles sendiri dilansir dari transfermarkt.com mencapai 600 ribu euro (Rp8,6 miliar).


2. Joe Cole

Poster Joe Cole dibentangkan oleh fans saat melawan Hull City.

Joe Cole merupakan salah satu attacking midfielder yang cukup disegani kala masih merumput bersama Chelsea dan Liverpool. Pemain berusia 35 tahun ini bisa menjadi jawaban atas pengatur serangan yang dibutuhkan Persija Jakarta.

Cole sendiri pernah bermain di Piala Dunia 2006 dan 2010 bersama Timnas Inggris yang membuatnya bisa menjadi solusi marquee player. Saat ini, pemain yang mengawali kariernya bersama West Ham United ini tengah membela Tampa Bay Rowdies di kasta kedua Liga Amerika Serikat.

Cole saat ini telah mengemas 56 penampilan dan 10 gol bersama Timnas Inggris. Kontrak Cole di Tampa Bay sendiri akan habis pada bulan November 2017 mendatang.

Harga Cole juga dinilai bisa dijangkau oleh Persija Jakarta. Dilansir dari transfermarkt.com, nilai Cole saat ini mencapai 400 ribu euro (Rp5,7 miliar).


3. Rafael van der Vaart

Rafael van der Vaart pada laga saat melawan Esbjerg fB.

Rafael van der Vaart adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ditelurkan Akademi Ajax Amsterdam. Pemain yang kini membela FC Midtjylland di Liga Denmark ini mencicipi kesuksesan masa mudanya bersama klub asal Belanda tersebut dengan memenangi 2 gelar domestik.

Cemerlang bersama Ajax, Van der Vaart kemudianhijrah ke Hmaburg dan menarik perhatian Real Madrid yang mengajaknya bergabung. Namun, karier Van der Vaart gagal bersinar bersama Los Galacticos yang kemudian melegonya ke Tottenham Hotspur.

Bersama klub asal London ini, pemain yang kini berusia 34 tahun ini mendapatkan kembali sinarnya. Namun, nampaknya Van der Vaart bukan sosok yang betah lama tinggal di satu klub dan kemudian memilih kembali ke Hamburg.

Sebelum akhirnya bergabung dengan Midtjylland, pemain yang dikenal dengan kemampuan kaki kidalnya ini juga sempat bermain untuk Real Betis. Kini Van der Vaart memiliki kontrak hingga bulan Juli 2018 mendatang. 

Harga Van der Vaart sendiri juga tidak terlalu mahal untuk Persija Jakarta. Market value-nya saat ini menurut transfermarkt.com diprediksi berada di kisaran 500 ribu euro (Rp7,1 miliar).

Persija JakartaRafael van der VaartRaul MeirelesJoe ColeLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini